vanberbatovAvatar border
TS
vanberbatov
5 Alasan Luis Suarez Lebih Baik Dari Van Persie
Semua tahu kemampuan Robin van Persie dan Luis Suarez sama hebatnya dalam urusan mencetak gol. Musim lalu, RvP berhasil mempertahankan “Golden Boot” EPL dari kejaran perolehan gol Luis Suarez. Tapi pada musim depan apapun bisa terjadi, ketajaman Luis Suarez kemungkinan bisa melampaui RvP. Di satu sisi Liverpool telah menambah amunisi pemain-pemain hebat, sementara United masih sibuk dengan urusan dengan Rooney dan juga bakal tanpa Sir Alex Ferguson.



Satu hal yang pasti, pertarungan kedua predator gol ini di musim depan akan kembali panas (jika Luis Suarez tidak keluar dari Liverpool). Tapi bagi saya pribadi, Luis Suarez lebih baik dari Van Persie. Inilah faktor yang membuat saya berani menyatakan Luis Suarez lebih baik dari Robin Van Persie.

1.Jumlah gol di Tim Nasional
Sepekan lalu di Piala Konfederasi, Luis Suarez membukukan gol ke 36 nya bersama Uruguay di usia nya yang ke 26, dan menjadikannya pencetak gol terbanyak sepanjang masa timnas Uruguay. Dibandingkan dengan RvP yang baru menceploskan 34 gol bersama Belanda dengan usia 29 tahun, maka Luis Suarez jelas berada di posisi terdepan untuk keunggulan dalam mencetak gol di tim nasional.

2. Peran Playmaker
Luis Suarez bukanlah penyerang dengan insting setajam RvP di dalam kotak penalti, tapi jika bicara kehandalannya dalam menggocek dan mengatur permainan dari sepertiga permainan lawan, maka Suarez lebih unggul. Luis Suarez bisa mengjadi playmaker sekaligus sebagai penyelesai akhir serangan. Di sisi lain RvP lebih tajam dalam penyelesaian akhir, tapi efek terhadap permainan menyerang nya tidak sebesar “si gigi kelinci”.

3. Tim Yang Dibela
Tidak adil jika membandingkan komposisi pemain Manchester United dan Liverpool musim lalu. Disaat Luis Suarez harus jatuh bangun menyelamatkan The Anfield Gang dengan gol-gol pentingnya, RvP lebih tenang dengan komposisi pemain yang hampir semua bisa mencetak gol dan memberi umpan.

4. Efek Gol Yang Diciptakan
Tanpa 23 gol dan 5 assist dari Luis Suarez, Liverpool akan berada di papan bawah. Efek yang diberikan Suarez untuk lini depan Liverpool memang luar biasa. Untuk etos kerja pun tidak perlu diragukan, pemain ini sangat giat mencari peluang di lini serang. Robin van Persie sendiri tidak lebih buruk. Menciptakan 26 gol dan 8 assist memang ber-efek bagus untuk United menjadi juara Premier League, tapi Manchester United punya 20 sumber gol lain musim lalu selain RvP. Sehingga peran RvP musim 2012/13 lalu dalam jumlah gol hanyalah 28%.

5. Konsistensi
Musim jumlah gol dan kontroversi yang dibuat Lusi Suarez berbanding lurus. Di sisi lain RvP konsistensinya patut dipertanyakan. Disaat musim ini dilalui tanpa cedera berarti, RvP malah kehilangan ketajaman selama 10 pekan, berbeda dengan ketika ia membela Arsenal, meski cedera, 30 gol bisa ia amankan di akhir musim. Buat saya, gelar top skor musim lalu yang diraih Robin Van Persie lebih karena Luis Suarez harus menjalani hukuman di sisa musim.

Menurut agan2 gimana?
Biar afdol, dimohon mampir sejenak ke SUMBER
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
7.3K
113
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan