Anda bingung mau sekolah ke mana? Tengoklah kesempatan besar menjadi pilot maskapai nasional yang terbuka lebar saat ini. Data dari Kementrian Perhubungan yang disampaikan dalam Seminar Nasional Federasi Pilot Indonesia di Jakarta (20/6) menyebutkan, kebutuhan pilot di Indonesia hingga tahun 2015 mencapai 4.000 orang. Sementara untuk teknisi masih dibutuhkan 9.500 orang dan untuk pengatur lalu lintas udara 1.000 orang. Sekolah pilot mana yang layak Anda pilih? Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan. Berikut laporan Gatot Rahardjo, Dudi Sudibyo, dan Roni Sontani.
Dua tahun lalu Wahyu dan Dyna masih belum bisa membayangkan apakah mereka bisa menjadi pilot. Tapi keraguan itu mereka tepis dengan mencoba mendaftar ke sekolah pilot swasta Nusa Flying International (NFI). Wahyu yang sebelumnya telah menjadi pramugara di salah satu maskapai nasional merasa tak puas dengan kariernya. Bosan hanya bekerja di kabin, ia pun meninggikan cita-citanya untuk menjadi kru kokpit atau pilot. Demikian Dyna, perempuan muda yang sempat mengenyam kuliah ini tertarik juga jadi pilot. Lalu ia mencobanya. Pernah mendaftar di salah satu sekolah pilot, namun tidak lulus terkait kuota. Ia pun mencoba lagi di sekolah lain dan berhasil. Keduanya bulan Juli lalu diwisuda. Keduanya kini mengantongi ijazah yang bisa mengantarkan mereka bekerja di maskapai penerbangan sebagaimana mereka impikan.
Dua tahun sebenarnya termasuk waktu yang “cukup lama” bagi seorang siswa pilot untuk menyelesaikan pendidikannya dari sejak ia masuk dan menjalani ground school. Seorang siswa pilot rata-rata membutuhkan waktu paling lama 18 bulan atau 1,5 tahun untuk menuntaskan
kurikulum yang harus dilalui hingga mengantongi ijazah CPL-IR (Commercial Pilot License- Instrument Rating). Namun kendala bisa muncul karena banyak faktor. Salah satunya pencapaian jam terbang akibat cuaca buruk, kurangnya instruktur, atau kendala teknis lainnya. Maklumlah, booming sekolah pilot di Indonesia saat ini juga berdampak pada kurangnya tenaga pendidik secara serentak. Instruktur bisa diambil dari pilot aktif di maskapai, namun karena beban jadwal tugas pilot di maskapai juga tinggi sehingga tidak setiap waktu seorang pilot aktif bisa menyediakan waktunya untuk mengajar terbang.
FYI
Pilot di INDONESIA digaji tergantung bar nya (balok yang di bahu).
kalo bar 1 ada yang masih di gaji 7 juta - 15 juta
bar 2 10 juta- 20 juta
bar 3 15juta - 25 juta
bar 4 ( Captain ) junior 25 - 30 juta
senior 30 - 40 juta
instruktur 40 - 50 juta
Komeng-komeng bermanfaat :
Spoiler for Tolong dibaca, banyak info di komeng ini:
Quote:
Original Posted By jazzylismo►emang sih gan bapak ane pilot tapi ga tau gajinya brp ampe sekarang, ane tadinya suruh masuk curug tapi apa daya curug harus lulusan IPA pingin ke sekolah swasta tapi mikir2 masuknya tuh 650jt biar diterima di garuda tapi karena ane calon ga jadi pilot akhirnya sekarang ambil S1 Ekonomi di univ. swasta umur udh agak tua untuk jd calon pilot ane 24thn walaupun masih bisa fisik masih sehat sekali alhamdulillah *curhat*
kalo menurut ane itu pilot pekerjaan paling menggoda bagi kaum hawa yah tapi harus diimbangin hati, niat & pikiran jangan jd pilot karena image bisa2 ente merusak profesi aja udh banyak kejadian pgn jadi pilot cuman karena image & biar terlihat gagah akhirnya ujung2nya hancur juga, narkoba lah, main cewe lah, kecelakaan, ga disiplin, dll godaan banyak maka harus bekerja sesuai hati agan, karena menyangkut nyawa manusia yang anda bawa *Pesan dari bokap*
kalo boleh pekiwan brooo
Quote:
Original Posted By addien.suarez►katanya kl mau jd pilot minjem duit sm bank, pasti balik kok gan
Quote:
Original Posted By roheiga►Coba taro pageone gan, ini udh ada forum sekolah penerbangan di kaskus.
Original Posted By Andriana152►Ane pengen banget dari dulu jadi pilot
Sayang mata ane udah min gan
Quote:
Original Posted By skyward►Sipencatar calon taruna penerbang STPI 2013
Pendaftaran dibuka mulai 1 juli - 30 september 2013
Pendaftaran secara online dan dapat di akses melalui alamat : http://sipencatar.stpicurug.ac.id
Informasi lebih lanjut silakan hubungi (021)5982204 ext 527 atau www.stpicurug.ac.id
Thanks
Quote:
Original Posted By sangpemimpi16►Ane udah berniat gan Januari 2014 insyaallah daftar di Bifa
Bisa langsung bawa Garuda kalo lulus ( kasak kusuknya orang2 yg disitu sih )
Btw ane cewe ya gan
Btw ane ditanyain juga 'Kenapa milih sekolah FS , kan itu resikonya besar apalagi lo cewe emang gak takut'
Simpel aja : semua pekerjaan itu beresiko , hal apapun yang kita lakuin itu beresiko , cuma karna kerjaannya aja yang rada ekstream apalagi untuk ukuran cewe . Tinggal gimana kitanya aja Mengambil Kesempatan atau Menyesal di kemudian hari
Percuma dong punya mimpi , punya kesempatan tapi malah membalikkan nya sama resiko
Nah sekarang gimana ? agan2 mau jadi pilotkah ? atau mungkin anak2 atau saudara agan agan sekalian ?
Bila suka atau bermanfaat ane mengharapkan juga :
atau