Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

penggugatmkAvatar border
TS
penggugatmk
[Persis Nasdem] Baru Sehari Deklarasi Wiranto-HT, Internal Hanura Pecah !
Baru sehari duet Wiranto-Hary Tanoesoedibjo (HT) dideklarasikan, polemik muncul di internal Hanura. Sebagian elite Hanura menilai deklarasi melanggar AD/ART partai alias inkonstitusional. Bagaimana prospek pasangan ini di Pilpres 2014?

"Saya tidak heran langkah-langkah seperti itu bisa memantik masalah internal. Karena itu ada cara-cara shortcut," kata pengamat politik UIN Jakarta, Gun Gun Heryanto, kepada detikcom, Rabu (3/7/2013).


Suara keras berbau menggugat deklarasi Wiranto-HT memang semakin santer di internal Hanura. Politikus senior Hanura Fuad Bawazier, tanpa tedeng aling-aling menegaskan bahwa deklarasi Wiranto-HT tak sesuai dengan AD/ART partai.

"Harusnya melalui Rapimnas, AD/ART-nya begitu. Keputusan penting harus melalui Rapimnas," protes Fuad.

Deklarasi ini terang-terangan memantik perpecahan di internal Hanura. Menurut sumber detikcom di internal Hanura, tak sedikit elite yang kecewa dan mulai bergerak. Hal ini tak ditampik oleh Fuad yang sampai saat ini masih menjabat sebagai Ketua DPP Hanura. "Ini tiba-tiba muncul siapa yang memutuskan dan mekanismenya nggak ada. Jadi menimbulkan masalah internal," bebernya.

Fuad yang menjabat Menkeu di era Presiden Soeharto ini meramalkan pasangan Wiranto-HT sulit meraih dukungan internal Hanura dan masyarakat luas. Dia sebenarnya berharap Hanura yang belum jadi partai besar tak mengusulkan langsung satu pasang capres-cawapres.

Fuad Bawazier hanyalah salah satu elite Hanura yang kecewa. Masih banyak elite Hanura lain yang merasa tidak dianggap. Salah satu pengurus inti Hanura, Elza Syarief, juga mengaku kaget deklarasi capres Wiranto-HT digelar di puncak acara pembekalan caleg. Dia menduga, hanya sebagian pengurus DPP yang diajak bicara.

Namun ada juga elite Hanura yang mendukung deklarasi Wiranto-HT. Salah satunya adalah Syarifuddin Sudding. Ketua Fraksi Hanura di DPR ini menilai HT-Wiranto adalah pasangan ideal yang mampu mencuri hati rakyat.

"Menurut saya, ketika beliau (HT) bersedia dicalonkan menjadi wapres, akan menjadi pasangan yang ideal, karena Pak Wiranto yang berlatar belakang militer dan negarawan, akan didampingi oleh Pak HT yang seorang tokoh muda, pengusaha nasional, dan representasi dari pluralistiknya bangsa Indonesia," kata Sudding dalam siaran pers, sebelum deklarasi diumumkan.

Lalu apa ujung dari perpecahan internal Hanura ini? "Hal ini seharusnya dijadikan introspeksi. Karena tidak semuanya bisa dibeli dengan uang," saran Gun Gun.

[URL="http://news.detik..com/read/2013/07/03/140037/2291439/10/baru-sehari-deklarasi-wiranto-ht-internal-hanura-pecah?9922022"]detik[/URL]


sama persis sama yang di nasdem yak.....begitu deklarasi capres langsung pecah
emoticon-Hammer2
0
6.3K
56
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan