Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mdsetiawan09Avatar border
TS
mdsetiawan09
[Evil States] Muslim Amerika Khawatirkan Soal Standar Makanan Halal


akarta - Pemberitaan soal McDonald's Dearborn, Michigan yang tak lagi menyajikan menu halal membuat masyarakat muslim Amerika cemas. Pasalnya, menu yang diklaim halal rupanya terbukti tidak halal. Ini mencerminkan standar halal yang tidak sesuai prosedur serta merugikan kaum muslim.

Seperti dirilis oleh Huffington Post (27/06/2013), meroketnya popularitas makanan berlabel halal di Amerika rupanya justru memicu kebingungan dan kontroversi di antara masyarakat muslim. Pasalnya, ditemukan banyak kasus produk makanan yang diakui halal, namun terbukti mengandung unsur tidak halal.

Selain kasus McDonald's di Dearborn, Michigan, salah satu kasus lainnya terjadi di Orange County, California. Sebuah supermarket harus membayar denda lebih dari 5 miliar rupiah karena terbukti keliru menempatkan label daging, dan menempelkan logo halal pada daging campuran.

"Ada banyak kecurangan. Saya lega McDonald's menghentikan yang disebut ayam halal karena produk itu tidak betul-betul halal," kata Syed Rasheeduddin Ahmed dari Muslim Consumer Group.

Berdasarkan catatan Huffington Post, produk halal di Amerika memang meningkat drastis. Dari hanya 10 produk di tahun 1970, kini angkanya sudah jauh meningkat hingga lebih dari 2.300 produk di tahun 2012. Menurut Islamic Food and Nutrition Council of America, kini sudah ada hampir 7.000 restoran halal di Amerika.

"Perlindungan hukumnya masih rendah, seringkali terdapat produsen yang tidak jujur yang memanfaatkannya," kata Shahed Amanullah, pendiri situs yang mengulas soal restoran halal zabihah.com. Shahedpun banyak menerima laporan jika restoran berlabel halal banyak yang keliru mengartikan konsep halal.

[url]http://food.detik..com/read/2013/06/28/131147/2287024/901/muslim-amerika-khawatirkan-soal-standar-makanan-halal?d991101284[/url]

komen emoticon-norose
0
1.5K
10
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan