CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Misteri dibalik "Tindihan" ketika tidur
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51cd5ff8542acffe52000000/misteri-dibalik-quottindihanquot-ketika-tidur

Misteri dibalik "Tindihan" ketika tidur

Agan pernah terbangun dari tidur, tapi sulit bergerak ataupun berteriak?
Biasanya fenomena ini terjadi saat hendak bangun dari tidur atau baru saja terlelap, tubuh merasa seperti ditindih sesuatu. Ini membuat diri kita sulit bangun ataupun berteriak minta tolong.
Di dunia Barat, fenomena tindihan sering disebut mimpi buruk inkubus atau old hag berdasarkan bentuk bayangan yang muncul. Ada juga yang merasa melihat agen rahasia asing atau alien. Sementara di beberapa lukisan abad pertengahan, tindihan digambarkan dengan sosok roh jahat menduduki dada seorang perempuan hingga ia ketakutan dan sulit bernapas.

Sebenarnya agan bukan sedang diganggu mahkluk halus. Ini penjelasan ilmiahnya gan:

Sleep Paralysis
Menurut medis, keadaan ketika orang akan tidur atau bangun tidur merasa sesak napas seperti dicekik, dada sesak, badan sulit bergerak dan sulit berteriak disebut sleep paralysis alias tidur lumpuh (karena tubuh tak bisa bergerak dan serasa lumpuh). Hampir setiap orang pernah mengalaminya. Setidaknya sekali atau dua kali dalam hidupnya.

Sleep paralysis bisa terjadi pada siapa saja, lelaki atau perempuan. Dan usia rata-rata orang pertama kali mengalami gangguan tidur ini adalah 14-17 tahun. Sleep paralysis alias tindihan ini memang bisa berlangsung dalam hitungan detik hingga menit. Yang menarik, saat tindihan terjadi kita sering mengalami halusinasi, seperti melihat sosok atau bayangan hitam di sekitar tempat tidur. Tak heran, fenomena ini pun sering dikaitkan dengan hal mistis.

Gara2 Kurang Tidur
Menurut Al Cheyne, peneliti dari Universitas Waterloo, Kanada, sleep paralysis, adalah sejenis halusinasi karena adanya malfungsi tidur di tahap rapid eye movement (REM).

Sebagai pengetahuan, berdasarkan gelombang otak, tidur terbagi dalam 4 tahapan. Tahapan itu adalah tahap tidur paling ringan (kita masih setengah sadar), tahap tidur yang lebih dalam, tidur paling dalam dan tahap REM. Pada tahap inilah mimpi terjadi.

Saat kondisi tubuh terlalu lelah atau kurang tidur, gelombang otak tidak mengikuti tahapan tidur yang seharusnya. Jadi, dari keadaan sadar (saat hendak tidur) ke tahap tidur paling ringan, lalu langsung melompat ke mimpi (REM).

Ketika otak mendadak terbangun dari tahap REM tapi tubuh belum, di sinilah sleep paralysis terjadi. Kita merasa sangat sadar, tapi tubuh tak bisa bergerak. Ditambah lagi adanya halusinasi muncul sosok lain yang sebenarnya ini merupakan ciri khas dari mimpi.

Selain itu, sleep paralysis juga bisa disebabkan sesuatu yang tidak dapat dikontrol. Akibatnya, muncul stres dan terbawa ke dalam mimpi. Lingkungan kerja pun ikut berpengaruh. Misalnya, Anda bekerja dalam shift sehingga kekurangan tidur atau memiliki pola tidur yang tidak teratur.

Jangan Anggap Remeh
Meski biasa terjadi, gangguan tidur ini patut diwaspadai. Pasalnya, sleep paralysis bisa juga merupakan pertanda narcolepsy (serangan tidur mendadak tanpa tanda-tanda mengantuk), sleep apnea (mendengkur), kecemasan, atau depresi.

Jika Anda sering mengalami gangguan tidur ini, sebaiknya buat catatan mengenai pola tidur selama beberapa minggu. Ini akan membantu Anda mengetahui penyebabnya. Lalu, atasi dengan menghindari pemicu. Bila tindihan diakibatkan terlalu lelah, coba lebih banyak beristirahat.

Kurang tidur pun tidak boleh dianggap remeh. Jika sudah menimbulkan sleep paralysis, kondisinya berarti sudah berat. Segera evaluasi diri dan cukupi kebutuhan tidur. Usahakan tidur 8-10 jam pada jam yang sama setiap malam.

Perlu diketahui juga, seep paralysis umumnya terjadi pada orang yang tidur dalam posisi telentang (wajah menghadap ke atas dan hampir nyenyak atau dalam keadaan hampir terjaga dari tidur). Itu sebabnya, kita perlu sering mengubah posisi tidur untuk mengurangi risiko terserang gangguan tidur ini.

Nah, jika tindihan disertai gejala lain, ada baiknya segera ke dokter ahli tidur atau laboratorium tidur untuk diperiksa lebih lanjut. Biasanya dokter akan menanyakan kapan tindihan dimulai dan sudah berlangsung berapa lama. Catatan yang telah Anda buat tadi akan sangat membantu ketika memeriksakan diri ke dokter.
cara paling ampuh agar bisa langsung bangun dari tidur seperti ini adalah dengan menggerakkan jempol kaki sekencang2nya gan . .

[SPOILER=mitos di luar negri sono]
 Misteri dibalik "Tindihan" ketika tidur

ditunggu komeng ma emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2
profile-picture
nona212 memberi reputasi
Diubah oleh nanggeleng
Halaman 1 dari 6
dulu gw sering ngalamin gan tapi yah biasa aja tuh
kalo menurut ane itu proses menuju astral projection emoticon-Cool
Diubah oleh lusilverstalker
Ane sering tuh, tapi ane cuek aja emoticon-Malu
dulu sering gan.. untung dah enggak lg.. seremmmm emoticon-Mewek
Diubah oleh Starah0lic
ane sering lah gan. trus klo lg gt, ane baca ayat kursi. gk lama lgsung ilang gan..
trus ane kibas2 tempat tidur, eh malah mimpi basah. emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
ketindihan ada 2 macam:
1. Karena penyakit
2. Karena makhluk mistis

Semoga membantu gan
ternyata ada penjelasan secara medisnya juga toh emoticon-Belo
kalo ngalamin kayak gitu, cara ngatasinnya jempol kaki gerakin sekenceng kencengnya gan
dari pada silent reader mending, kasih emoticon-Rate 5 Star & komeng deh ...
Reserved dulu gan, panjang banget,, kalo bisa di perbaiki nih trit, biar rapian dikit emoticon-Peace

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

update :

kalo di tempat ane gangguan tidur seperti ini sering di sebut (rep-rep), berhubung kurangnya informasi tentang gangguan tidur ini,banyak orang tua yang beranggapan kalo penyebab "Tindihan" adalah hal-hal mistis, tidak bisa di pungkiri saya pun pernah mengalaminya, emang emoticon-Takut gan,cara untuk menghilangkan gejala ini pun bisa dengan cara menggerakan salah satu jari tangan atau kaki kita

emoticon-Rate 5 Star (di rapihin dikit bisa HT nih) *Aamiin*
Diubah oleh namikamesut
Quote:


perasaan ente aja kali gan emoticon-Ngakak (S)
Alhamdulillah ane belom pernah..
perasaan ga pernah ane mah gan.
Tpi lupa lagi ah emoticon-Hammer2
dulu ane sering ngalamin gan
owh gt gan..... emoticon-Matabelo
Quote:


yg orng itu blng ada bnernya jga lohh gan...

soalnya klo mau Astral Project/Lucid Dream.
ada 1 cara dmna harus melewati SP dlu...
ah ane fine-fine aja gan
makasih emoticon-Embarrassment
emoticon-I Love Kaskus (S)
gan ane udah 18 tahun ko belum pernah mengalaminya emoticon-Turut Berduka



PostedByIyang156
berbau repost emoticon-Blue Repost
tp gpp untuk ngingetin
wah gtu y penjelasan ilmiahnya,,,masuk akal jg... emoticon-Matabelo emoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh pato337
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di