Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pengelanamayaAvatar border
TS
pengelanamaya
Tips menaikkan Harga Tanpa Kehilangan Pelanggan
Pemerintah baru saja secara resmi menaikkan harga BBM bersubsidi. Kita semua tahu apa artinya : inflasi naik, harga sembako pun makin tinggi bahkan sebelum kenaikan harga BBM diumumkan. Apalagi jika kita adalah seorang pengusaha yang sebelum kenaikkan ini pun sudah harus menanggung kenaikan upah buruh.

Pesaing Anda mungkin tidak mau menaikkan harga produk mereka. Anda bukanlah pesaing Anda. You are not your competitor. Anda menawarkan layanan yang berbeda. Anda memiliki perusahaan berbeda. Anda memiliki karyawan yang berbeda. Biarkan pesaing-pesaing Anda beroperasi dengan margin yang sangat tipis/kecil sehingga mereka tak mampu menyewa orang-orang terbaik, tak mampu memberikan layanan tambahan kepada konsumen, dan juga tak mampu berekspansi. Janganlah membuat perusahaan Anda menjadi perusahaan yang menyediakan harga termurah, tetapi jadikanlah perusahaan Anda sebagai perusahaan yang memberikan nilai tambah (value added) terbesar, yang memberikan value-for-money terbaik.



Lalu bagaimana cara kita bisa menaikkan harga tanpa kehilangan pelanggan? Perhatikan tips-tips berikut yang bisa membantu Anda menaikkan harga produk tanpa kehilangan pelanggan.

1. Selalu jelaskan keuntungan yang akan pelanggan dapatkan, BUKAN alasan Anda menaikkan harga

Jangan pernah menjelaskan alasan Anda menaikkan harga seperti "Karena adanya kenaikkan harga BBM ,kami terpaksa menaikkan harga produk". Jangan menyalahkan inflasi. Sebaliknya jelaskan kepada pelanggan, kepada konsumen keuntungan-keuntungan yang akan mereka peroleh yaitu tambahan value-added yang akan Anda berikan. Tak ada orang yang mau membayar harga yang lebih mahal tanpa adanya tidak mendapat tambahan apapun.
Tantangan terbesar dalam menaikkan harga sebenarnya bukanlah meyakinkan konsumen tetapi meyakinkan karywan dan rekan kerja Anda. Jelaskan kepada karyawan dan rekan alasan Anda menaikkan harga, kapan dan bagaimana. Jelaskan juga kepada mereka keuntungan yang akan pelanggan peroleh sehingga mereka bisa menerangkan kepada pelanggan juga.

2. Jadikanlah momen kenaikan harga sebagai motivasi bagi konsumen

Berilah tenggat bagi konsumen untuk menerima harga baru lalu manfaatkan tenggat tersebut sebagai motivasi bagi konsumen untuk menjadi pelanggan setia atau membeli barang lebih banyak. Suruhlah sales team Anda menginformasikan kepada konsumen bahwa dalam tenggat waktu sekian (katakanlah 45 hari) Anda akan menaikkan harga, jika konsumen Anda mau membeli produk dengan harga lama belilah sekarang atau mereka harus membeli dengan harga baru 45 hari lagi.

selengkapnya di Website sumber
0
974
4
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan