infookAvatar border
TS
infook
Kabut Asap Selimuti Warga Jakarta
Masyarakat Jakarta khususnya wilayah Jakarta Timur, pada pagi hari ini, Jum’at 21 Juni 2013 dibuat bingung dengan munculnya kabut asap tidak seperti hari biasanya. Fenomena kabut asap ini memaksa setiap kendaraan yang ingin menjalankan aktifitas sehari-hari menyalakan lampu pada walaupun waktu telah menunjukkan lewat pukul 06.00 pagi.


“ Tumben ada kabut seperti ini di Jakarta, mau hujan apa polusi ya ? Seperti di Puncak aja. “ kata Ramdhan, salah seorang warga sekitar Kantor Wilayah Walikota Jakarta Timur, Jl. Dr. Soemarno. Beberapa warga yang berada di sekitar wilayah tersebut juga menyaksikan hal yang jarang terjadi di wilayah Ibukota Jakarta.


Kabut adalah banyaknya titik – titik air yang berasal dari hasil kondensasi atau sublimasi dari uap air terapung di atmosfer dekat dengan permukaan tanah. Proses uap air yang dilalui dalam atmosfer akan berubah fisik menjadi cair atau padat dengan cara berkondensansi menjadi kumpulan titik air atau bersublimasi menjadi Kristal es.


Kumpulan titik air dan Kristal es yang berkumpul, melayang-layang di lapisan atmosfer yang tinggi disebut awan, namun disebut kabut buka melayang-layang di lapisan atmosfer dekat dengan permukaan tanah.





PROSES TERJADINYA KABUT


Untuk memproduksi kondensasi atau sublimasi diperlukan tingkat kejenuhan udara yang cukup tinggi, dimana kelembaban relatif mendekati atau sama dengan 100%. Kriteria yang digunakan oleh Badan Meteorologi Klimatologi & Geofisika (BMKG) adalah jika terlihat adakalanya kumpulan partikel mikroskopis di udara permukaan dengan jarak pandang(Visibility) mendatar kurang dari 1 Km dan nilai kelembaban Relatif(RH) 98-100%.



Kabut tersebut sebelumnya muncul di wilayah di Indonesia seperti Batam dan Pekanbaru. Keberadaan kabut tersebut diberitakan juga dialami oleh negara tetangga Malaysia dan Singapura yang menimbulkan sedikit ketegangan diplimatik. Singapura mencatat fenomena kabut ini dinilai sebagai hal terburuk sepanjang sejarah. Selain itu, menurut pemerintah Singapura kabut ini akan bertahan hingga berminggu – minggu lamanya. (red/amd)

Spoiler for Penampakan dari rumah ane:


Ente pada ngerasain sih gan pagi ini selimutnya tebel banget ? Kalo ane sih ngerasain kayak di Puncak tapi gak dingin emoticon-Ngakak

SUMBER
0
1.7K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan