Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

stylogenichAvatar border
TS
stylogenich
Apa sih arti rumah minimalis?
Sekedar sharing gaan,,

Sering kita dengar banyak rumah dijual ataupun konsep rumah baru mengusung tema minimalis untuk desainnya. Sebenarnya apa sih rumah minimalis itu? Banyak dari kita mungkin secara sederhana mengartikannya dengan rumah dengan desain tanpa lekukan. Ada juga yang bilang “rumah minimalis itu rumah yang catchy dalam kesederhanaan”. Bahkan ada juga yang beranggapan “rumah minimalis itu ya rumah yang simple“. Well, mungkin benar, mungkin juga kurang benar. Yuk kita runut sedikit demi sedikit.

Bila menganut dari segi filosofis, arti dari minimalis adalah mewakili gaya hidup yang praktis, ringkas, dinamis, efektif dan tentunya efisien. Untuk kaitannya dengan rumah bisa ditinjau dari pemilihan barang furniture, desain tampak depan, pemilihan bentuk atap, sampai eksterior dan pelengkapnya. Sebuah perumpamaan sederhana akan gaya hidup yang serba simple, cepat dan instan tapi tetap mengutamakan kualitas.

Spoiler for Contoh rumah minimalis:


Berikut sedikit penguraian konsep rumah minimalis:

1. Bertujuan untuk meningkatkan nilai suatu ruang secara keseluruhan dengan cara mengurangi sesuatu yang berlebih didalamnya.

2. Minimalis dapat menghilangkan kejenuhan terhadap pemakaian ornamen dekor dan lainnya. Karakter dan kualitas ruangan tercipta karena ditentukan oleh keberadaan ruang itu sendiri tanpa membutuhkan tetek bengek ornamen.

3. Optimalisasi sirkulasi udara yang segar dan sehat serta banyaknya akses pencahayaan sinar matahari sehingga ruangan menjadi terasa lebih lega.

4. Pemilihan bahan-bahan sederhana (unsur kesederhanaan yang kuat) dalam membangun karena membangun kemewahan itu tidak mesti harus mahal. Penggunaan unsur kayu dan bahan alam lainnya tetap bisa membuat rumah menjadi lebih istimewa.

5. Faktor kebersihan dan perawatan (maintenance) menjadi faktor penting yang harus selalu dijaga sehingga lebih mengutamakan fungsi dalam pemilihan corak yang cenderung polos.

6. Fasad rumah yang digunakan terlebih dahulu didesain dengan lebih sederhana sehingga terkesan bersih dan lapang.

7. Ciri yang paling menonjol adalah kecenderungan dalam menghindari desain yang penuh lekuk dan tonjolan serta dalam finishing menggunakan warna grayscale (netral keabu-abuan).

Spoiler for Jangan dibuka!:


boleh lo emoticon-Rate 5 Star
Jangan emoticon-Blue Guy Bata (L) please!
Diubah oleh stylogenich 20-06-2013 04:27
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
7.6K
55
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan