junko389Avatar border
TS
junko389
Kebakaran di Riau asep nya sampe singapore and malaysia gan
misi ya gan mau share info aja ne, indonesia bagi-bagi rejeki ke negara tetengga
check this out

Akibat kebakaran hutan, kabut asap menyerbu Batam dan Dumai

Spoiler for pesawat pemadam:


Kebakaran hutan di Sumatera daratan mengakibatkan kabut asap di Riau dan Batam. Indeks standar polutan (ISP) di Dumai, Riau, pada Selasa pukul 09.00 WIB mencapai angka 293 atau berkategori membahayakan kesehatan masyarakat.

"Pencemaran udara pada pagi ini 293 ISP (pollutant standards index/PSI), semakin memburuk dan berkategori membahayakan kesehatan," kata Marjoko Santoso, Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, Selasa (18/6). Demikian ditulis antara.

Memburuknya pencemaran itu disebabkan kabut asap yang semakin menebal akibat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi dalam beberapa hari belakangan ini di Dumai dan sekitarnya.

Dinas kesehatan pun meminta warga memakai masker pelindung pernafasan ketika di luar rumah. Warga yang mengalami keluhan gangguan pernafasan dan tenggorokan, secepatnya mendatangi fasilitas layanan kesehatan pemerintah, serta memperbanyak minum air putih.

"Kami akan menyampaikan imbauan ke masyarakat untuk menyikapi bahaya kualitas udara yang semakin memburuk, melalui selebaran dan media massa," ungkap Marjoko.

Dia memperkirakan, pencemaran udara akan semakin memburuk pada malam hari hingga dini hari besok, dan masyarakat sebaiknya mengurangi kegiatan diluar ruangan.

Dinkes juga akan membagikan lagi 25 ribu masker ke masyarakat pengguna jalan raya secara gratis.

"Stok masker masih ada 45 ribu lembar, dan akan dibagikan lagi 25 ribu ke masyarakat pengguna jalan raya dan kelompok berisiko tinggi terkena gangguan saluran pernafasan," demikian Marjoko.

Warga Kota Batam juga mengeluhkan pekatnya kabut asap kiriman akibat kebakaran yang melanda wilayah Sumatera daratan sehingga dalam beberapa hari terakhir jarak pandang sangat terbatas.

"Selain jarak pandang terbatas, pekatnya asap juga mengakibatkan mata pedih dan batuk," kata warga Batam, Zaki Setiawan di Batam.

Karena luas hutan yg terbakar sampe 850 hektar, asap nya sampai ke wilayah singapore dan malaysia
Kebakaran lahan gambut yang terjadi di Kepulauan Riau dan beberapa daerah di Kalimantan membuat negara tetangga merasa terganggu, khususnya Singapura. Hal itu disebabkan oleh pola cuaca yang tidak teratur, jika siang hari panas, malamnya turun hujan deras.

Menkokesra Agung Laksono mengatakan, hal itu tidak dialami oleh Indonesia saja. Negara-negara eropa seperti Jerman dan Hungaria juga mengalaminya. Kondisi seperti ini biasanya terjadi di bulan Juni hingga Agustus.

Untuk itu Kemenkokesra mengadakan rapat dengan BMKG terkait masalah abu ini. "Hasil rapatnya sore ini adalah kami sampaikan bahwa analisis BMKG menunjukkan ada gangguan atmosfir hingga munculnya tekanan rendah," kata Agung Laksono dalam jumpa pers di kantornya, Rabu (19/6).

Untuk mengatasi beberapa kebakaran di hutan itu, Kementerian Kehutanan mengerahkan tim Manggala agni untuk memadamkan titik-titik api. Politikus Golkar ini menjelaskan per tanggal 18 Juni, titik api di Kepulauan Riau mencapai 148 titik. Sedangkan di Malaysia ada 8 titik.

"Jumlah luas yang terbakar di Riau sekitar 850 hektar lahan gambut dan yang behasil dipadamkan 650 hektar. Jumlah personel Manggala Agni ada 105 orang," ujarnya.

Selain itu tim modifikasi cuaca telah disiagakan untuk pemadaman api dari udara. Pihak kepolisian juga telah bersiap menyelidiki jika adanya kemungkinan kesengajaan dalam kebakaran tersebut.

"Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa akan bertemu dengan pihak Singapura untuk membahas masalah ini pada 20 Juni," ujarnya.

ini gan poto nya
Spoiler for asap di singapore:

Spoiler for asap di singapoe:

Spoiler for asap di singapore:


jadi buat agan/aganwati yg mau liat lebih jelas asap nya maen aja k singapore dan malaysia biar lebih jelas emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

cukup ya infonya
silakan berkomeng ria dah emoticon-Rate 5 Star
semoga yg baca cepet di panggil dan amal ibadah nya di terima emoticon-I Love Kaskus
trims emoticon-Jempol
0
1.8K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan