aryasembetAvatar border
TS
aryasembet
[SHARE] Faedah Dzikir


Quote:






Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarakatuh

Segala puji bagi Allah Subhanawata’ala, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad sallahu alaihi wassalam , keluarga dan sahabatnya.


“Subhanallah Walhamdulillah Wa Laa ilaha illallah Wallahu Akbar”
(Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, dan Allah Maha Besar)

“Allahuma sholli wa sallim alaa nabiyyina Muhammad “
(Ya Allah, limpahkanlah sholawat dan salam kepada nabi kami Muhammad Sallahu allaihi wasallam)




Dzikir adalah suatu amalan yang sangat penting sebab kita adalah hamba Allah yang harus senantiasa mengingat-Nya dan jangan sampai lalai mengingat-Nya.

Dialah Maha Pemberi yang hakiki, Dia telah memberikan kepada kita nikmat yang tak terhitung banyaknya setiap waktu.

Oleh karena itu menyebut nama-Nya, mengingat dzat-Nya dan mensyukuri nikmat dan karunia-Nya adalah sesuatu yang fitrah bagi seorang hamba-Nya.

Berikut adalah beberapa ayat Al-Quran yang menerangkan betapa mulianya amalan dzikir :


“Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.” (Quran Surat Al Ahzab ayat 41-42)

“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat) -Ku.” (Quran Surat Al Baqarah ayat 152)

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.” (Quran Surat Ali Imran ayat 190-191)

“Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.” (Quran Surat Al A’raaf ayat 205)

“Maka celakalah orang-orang yang telah membatu hatinya dari mengingati Allah. Mereka itu dalam kesesatan yang nyata. (Quran Surat Az Zumar ayat 22)


Berikut adalah beberapa hadits yang menerangkan perihal kekuatan dzikir :


Menyebut-nyebut Allah adalah suatu penyembuhan dan menyebut-nyebut tentang manusia adalah penyakit. (Hadits Riwayat Al Baihaqi)

Perumpamaan orang yang berdzikir kepada Robbnya dan yang tidak, seumpama orang hidup dan orang mati. (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim)

Sebaik-baik zikir dengan suara rendah dan sebaik-baik rezeki yang secukupnya. (Hadits Riwayat Abu Yu'la)

Tiada amal perbuatan anak Adam yang lebih menyelamatkannya dari azab Allah daripada zikrullah. (Hadits Riwayat Ahmad)






Hafiz Ibnu Qayyim ra.a seorang ulama hadist yang terkenal, beliau menulis sebuah risalah bernama “Alwabilush” yang berisi berbagai penjelasan mengenai keuntungan dzikir, diantaranya adalah sebagai berikut :


1. Dzikir menjauhkan setan dan meghancurkan kekuatannya.

2. Dzikir mendatangkan keridhaan Allah Subhanawata’ala.

3. Dzikir menjauhkan duka cita dari hati manusia.

4. Dzikir dapat menggembirakan hati.

5. Dzikir menguatkan badan dan memperindah sanubari.

6. Dzikir adalah cahaya hati dan wajah.

7. Dzikir adalah penarik rizki.

8. Orang yang berdzikir akan dipakaikan kepadanya pakaian kegagahan dan kemegahan, sehingga orang yang melihatnya akan merasa gentar dan damai.

9. Dzikir melahirkan cinta sejati kepada Allah Subhanawata’ala karena cinta merupakan ruh Islam, jiwa agama, dan sumber kejayaan dan kebahagiaan. Barang siapa ingin mendapatkan cinta Ilahi, maka hendaklah ia berdzikir sebanyak-banyaknya, sebagaimana belajar dan mengulangi ilmu merupakan pintu ilmu, demikian pula Dzikrullah merupakan pintu cinta Ilahi.

10. Dzikir mendatangkan hakekat muraqabah, dan muraqabah itu membawa seseorang kepada martabat ihsan. Dengan martabat ihsan seorang manusia dapat beribadah kepada Allah Subhanawata’ala seolah-olah ia melihat Allah Subhanawata’ala. Inilah derajat terkhir para ahli sufi.

11. Dzikir membawa seseorang untuk menyerahkan diri sebulat-bulatnya kepada Allah Subhanawata’ala. Dengan demikian lama kelamaan setiap urusan dan setiap keadaan akan dikembalikan kepada Allah Subhanawata’ala dan Allah Subhanawata’ala menjadi pelindung dan penolongnya.

12. Dzikir membawa seseorang kepada taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah. Jika Dzikir bertambah banyak, maka dengan sendirinya ia bertambah dekat kepada Allah swt. Sebaliknya, jika ia bertambah lalai maka ia bertambah jauh dari Allah.

13. Dzikir membukakan pintu ma’rifat kepada Allah Subhanawata’ala.

14. Dzikir melahirkan keagungan dan kehebatan Allah Subhanawata’ala di dalam hati seseorang dan melahirkan semangat untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

15. Dzikir menyebabkan seseorang diingat oleh Allah Subhanawata’ala seperti diisebutkan dalam Al-Quran: “Maka ingatlah kepada-Ku, niscaya Aku ingat pula kepadamu….. (QS. al-Baqarah ayat 152).
Dan diterangkan pula didalam hadist “Barang siapa mengingat aku dalam hatinya, maka Aku mengingatnya dalam hati-Ku”

16. Dzikir menghidupkan hati. Hafizh Ibnu Taimiyah ra mengatakan bahwa pengaruh Dzikirullah untuk menghidupkan hati adalah seperti pengaruh air terhadap kehidupan ikan.

17. Dzikir adalah santapan hati dan ruh. Apabila keduanya tidak kmendapatkan santapan, maka bagaikan badan tidak mendapatkan makanan.

18. Dzikir membersihkan hati dari karat seperti disebutkan dalam hadist, bahwa sesuatu akan berkarat dan kotor. Sedangkan karat hati adalah kelalaian dan nafsu yanga tidak dapat dibersihkan kecuali dengan dzikir.

19. Dzikir dapat menghapuskan dosa dan maksiat.

20. Dzikir menghapuskan keraguan seseorang terhadap Allah Subhanawata’ala Sebenarnya hati orang orang lalai itu diselubungi oleh keraguan dan kegelisahan terhadap Allah.

21. Apabila seorang hamba berdzikir, maka empat penjuru Arasy Ilahi akan berdzikir kepadanya.

22. Barangsiapa ingat kepada Allah ketika senang, maka Allah akan mengingatnya ketika ia dalam kesusahan.

23. Dzikir melepaskan orang yang melakukannya dari adzab Allah Subhanawata’ala.

24. Dzikir menyebabkan turunnya sakinah dan para malaikat, mengelilinginya.

25. Dzikir menyelamatkan lidah dari mengumpat, mencela, dusta, dan berbicara sia-sia, karena menurut kenyataannya, orang yang membiasakan lidahnya dengan berdzikr, maka ia akan diselamatkan dari perbuatan keji. Sebaliknya, lidah yang tidak dibiasakan untuk berdzikir, maka segala perbuatan yang sia-sia akan dilakukan

26. Majelis-majelis Dzikir adalah majelis para malaikat, sebaliknya majelis lalai majelis setan. Kini terserah masing-masing, majelis manakah yang disukai dan yang akan disertainya.

27. Dzikir menyebabkan orang yang melakukannya dimasukkan kedalam golongan orang-orang yang berbahagia dan demikian pula orang-orang yang mendampinginya. Sebaliknya orang yang melalaikan dzikir akan dicampakkan dalam kecelakaan.

28. Orang yang suka berzikir akan dipelihara dari bencana dan penyesalan pada hari Kiamat. Seperti disebutkan dalam sebuah hadits bahwa setiap mejelis yang tidak diisi dengan zikrullah akan mendatangkan kerugian dan penyesalan pada hari kiamat.

29. Jika seseorang berzikir sambil menangis dalam keadan bersunyi diri, maka pada hari kiamat ia akan ditempatkan di bawah naungan Arasy Ilahi di mana pada hari itu manusia menjerit-jerit dan berteriak karena kepanasan yang sangat menyiksa.

30. Orang yang menyibukkan dirinya dengan berzikir, maka Allah akan mengaruniakan kepadanya lebih daripada orang yang memohon kepada-Nya. Dalam sebuah hadits disebutkan, Allah SWT berfirman, ” Barangsiapa yang sibuk berzikir kepada-Ku sehingga tidak ada kesempatan berdoa kepada-Ku, maka Aku mengaruniakan kepadanya sesuatu yang lebih baik daripada yang Aku berikan kepada orang-orang yang berdoa kepada-Ku.”

31. Sungguhpun zikir merupakan ibadah yang ringan dan mudah, namun memiliki fadhilah dan keutamaan yang lebih besar daripada seluruh ibadah karena menggerakkan lidah itu lebih mudah daripada menggerakkan badan.

32. Zikir merupakan benih di dalam surga.

33. Nikmat yang dianugerahi Allah kepada oarang yang berzikir tidak diberikan melalui amalan-amalan lain.

34. Seseorang yang selalu berzikir secara istiqamah akan diselamatkan dari lupa diri yang menyebabkan kecelakaan dunia dan akhirat. karena melupakan diri sendiri berarti melupakan Allah dn bagi yang melupakan Allah akan dicampakkan dalam kerugian. Seseorang akan merasakan keamanan dan ketenangan apabila ia membasahi lidahnya dengan berzikir sehingga ia mencintai zikir sebagaimana orang yang sedang kehausan merindukan air, atau ia mencintai makanan ketika sedang lapar.Bahkan zikrullah lebih penting lagi karena tanpa zikir, maka ruh dan hati akan binasa.

35. Dengan zikir seseorang akan mencapai kemajuan dan kejayaan secara berkesinambungan, bahkan ketika ia sedang beristirahat atau berada di pasar, ketika ia sibuk menikmati kehidupan di dunia dalam keadaan sehat dan sakit.

36. Nur zikir senantiasa bersama oang yang berzikir baik di dunia maupun di alam kubur dan memimpin di titian shirath. Pendek kata ia tak berpisah dimanapun. Diperingati oleh Allah dalam alQuran : “Dan apakah orang yang mati, kemudian kami hidupkan dan kami berikan kepadanya cahaya yang terang yang dengan cahaya itu ia berjalan di tengah-tengah manusia, akan sama halnya dengan orang yang berada dalam gelap gulita dan tidak mungkin keluar darinya (QS. al-An’am ayat 122)….Orang yang pertama ialah yang beriman kepada Allah yang hatinya bersinar cemerlang dengan cinta dan zikirnya. sedangkan yang kedua ialah orang kosong dari sifat-sifat tersebut. Nur adalah rahmat yang sangat agung, ia membawa kepada kemenangan.. Maka dengan mengikuti nur itu amal perbuatan seseorang akan bercahaya terang benderang, sehingga amal baiknya dibawa ke langit dan didapati padanya cahaya seperti cahaya matahari dan nur seperti itu akan terlihat pada wajahnya pada hari Kiamat.

37. Zikir adalah intisari ilmu tasawuf, yang diamalkan oleh setiap ahli thariqat. Jika telah terbuka pintu zikir bagi seseorang berarti telah terbuka baginya jalan menuju Allah. Barangsiapa menuju kepada Allah niscaya ia akan mendapatkan segala yang dikehendakinya.karena tidak berkurang apapun pada khazanah Allah.

38. pada hati manusia ada satu bagian yang tidak subur kecuali dengan zikrullah. Apabila zikir telah menguasai hati, bukan hanya ia akan menyuburkan hatinya aja melainkan juga memberikan kehidupan yang makmur walaupun tidak berharta, memuliakannya walaupun ia tidak mempunyai pangkat, dan menjadikannya penguasa walaupun ia tidak mempunyai kerajaan. Sebaliknya bagi orang yang lalai terhadap zikir, akan dihinakan walaupun ia memiliki harta benda, keluarga ataupun kerajaan.

39. Zikir mempersatukan yang telah terpisah dan memisahkan yang telah bersatu, mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Yaitu hati manusia yang diselubungi oleh berbagai keraguan, dukacita, dan kegelisahan akan dijauhkan dan diganti dengan ketentraman dan ketenangan jiwa. Zikir membersih hati yang dikuasai pleh perbuatan-perbuatan keji. Zikir memisahkan manusia dari godaan bala tentara setan. akhirat yang jauh akan didekatkan, sedangkan dunia yang dekat akan diajuhkan.

40. Zikir menggerakkan hati manusia yang tidur dan menyadarkannya dari kelalaian. Selama hati dan jiwa manusia sedang tidur, maka selama itu ia mengalami kerugian demi kerugian.


BERSAMBUNG DI POST SELANJUTNYA

___________ emoticon-Traveller
Diubah oleh aryasembet 21-06-2013 23:34
tata604
tata604 memberi reputasi
1
16.6K
98
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan