Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pebisnis-handalAvatar border
TS
pebisnis-handal
Ismael atau Ishak yang Disembelih ?
Ismael atau Ishak yang Disembelih ?
Ilustrasi Penyembelihan Ishak, dilukis oleh : Caravaggio, sumber : wikipedia.org



Ishaq atau Ismael Yang Diperintahkan Untuk Disembelih oleh Allah Kepada Ibrahem/Abraham ?


Kata Allah, "Pergilah ke tanah Moria dengan Ishak, anakmu yang tunggal, yang sangat kaukasihi. Di situ, di sebuah gunung yang akan Kutunjukkan kepadamu, persembahkanlah anakmu sebagai kurban bakaran kepada-Ku." (Kejadian 22:2)

Karena iman maka Abraham, tatkala ia dicobai, mempersembahkan Ishak. Ia, yang telah menerima janji itu, rela mempersembahkan anaknya yang tunggal,(Ibrani 11:1)

Ayat diatas menjadi dalil Kristen bahwa yang diperintahkanuntuk disembelih oleh Allah Kepada Ibrahem/Abraham adalah Ishak/Ishaq, bukan Ismael/Ismail.
Namun, jika kita melihat lebih jauh, maka pendapat tersebut adalah salah, bahwasanya yang disembelih oleh Abraham adalah Ismael, bukan Ishak!
Berikut beberapa bukti/dalil bahwasanya yang disembelih adalah Ismael :

1. Perhatikan ayat diatas, termaktub kata "Anakmu yang tunggal, yang sangat kaukasihi", ajaran Islam dan kristen sepakat bahwa anak pertama Abraham adalah Ismael yang lahir dari budak nya Sarah yang bernama Hagar (baca ayat Kejadian : 16), walhasil, kata "Ishaq" dalam ayat diatas adalah sisipan para penginjil, karena Ishak bukan anak tunggal, melainkan anak kedua ketika ia dilahirkan yang telah didahului oleh Ismael anak pertama Abraham, jadi tidak logis bila anda mempunyai dua orang anak, lalu anda mengatakan kepada orang bahwa saya punya anak tunggal!
Jika ada yang mengatakan bahwa Ismael bukanlah anak Abraham, karena Ismael dilahirkan dari budak, maka dibantahkan dengan ayat-ayat Al-kitab yang sangat banyak bahwa Ismael adalah anak Abraham juga, misalnya :

Anak-anak Abraham ialah Ishak dan Ismael. (1Tawarekh 1:28)

Lalu Hagar melahirkan anak laki-laki, dan Abraham ayahnya, menamakan anak itu Ismael. (Kejadian 16:15)

2. Ketika Hagar melahirkan Ismael, umur Abraham adalah 86 tahun, sebagaimana disebutkan dalam bibel :

Abram berumur delapan puluh enam tahun, ketika Hagar melahirkan Ismael baginya. (Kejadian 16:16)

Sedangkan ketika Ishak lahir, Abraham berumur 100 tahun :

Adapun Abraham berumur seratus tahun, ketika Ishak, anaknya, lahir baginya. (Kejadian 21:5)


Artinya : Ismael lebih dahulu lahir dari Ishak dan ketika itu (ketika ishak belum lahir) Ismael menjadi anak Tunggal Abraham, ketika Ishak lahir maka Ishak menjadi anak kedua, bukan anak tunggal!

Kesimpulan :

Ayat Bible yang menyebutkan penyembelihan Ishak diatas merupakan salah satu dari sekian banyak ayat yang saling bertentangan dalam Bible.
Bagaimana Ishak disebut anak tunggal padahal Ismael telah lahir sebelumnya? sungguh tidak logis ketika ada orang mengatakan bahwa dia mempunyai anak tunggal, padahal dia mempunyai anak lebih dari satu!
maka, dari pertentangan yang ada ini, mestilah salah satu dari kata "Tunggal" atau "Ishak" merupakan sisipan dalam ayat diatas. Yang diyakini sebagai kata sisipan itu adalah kata "Ishak" dengan alasan :
Perintah penyembelihan anak Abraham merupakan cobaan Allah kepada beliau untuk menguji sejauh mana kecintaan Abraham kepada Allah Tuhannya, oleh karena itu Allah memerintahkan Abraham untuk menyembelih anak tunggalnya. Kenapa anak tunggal? karena, secara tabiat manusia sangat mencintai anak pertama/tunggal, maka Allah menguji abraham dengan memerintahkan menyembelih anak tunggal nya yang sangat ia kasihi sebagai kesempurnaan pengorbanan.
Tentunya berbeda perasaan anda ketika disuruh mengorbankan sesuatu yang tunggal yang anda miliki, dengan sesuatu yang anda miliki lebih dari satu. Mengorbankan sesuatu yang tunggal yang anda miliki dan cintai merupakan pengorbanan yang besar dan sangat berat untuk anda, demikianlah Allah menyuruh Abraham mengorbankan anaknya Ismael yang tunggal untuk disembelih!.

Semoga berfaedah.

Wassalam..

Sumber : http://time-is-sword.blogspot.com/20...isembelih.html

Diubah oleh pebisnis-handal 17-06-2013 23:42
0
3.7K
32
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan