Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

eCiputraAvatar border
TS
eCiputra
David Karp: Siswa Homeschooling yang Dirikan Startup Sukses Tumblr
 David Karp: Siswa Homeschooling yang Dirikan Startup Sukses Tumblr

Saat Yahoo mengakuisisi startup platform blogging Tumblr beberapa waktu lalu, David Karp menjadi sosok yang juga kerap disebut di dalam pemberitaan. Tak heran, karena entrepreneur muda inilah yang membanting tulang menciptakan Tumblr. Tumblr menjadi platform blogging yang begitu populer di antara pengguna Internet karena mampu menyederhanakan aktivitas blogging dan menggabungkannya dengan karakteristik layanan social media yang mengutamakan interaksi yang berfrekuensi tinggi dan lebih santai.

David lahir pada tanggal 6 Juli 1986 dan hingga sekarang bertempat tinggal di New York City. Di tahun 2010, ia dinobatkan sebagai salah satu dari 35 orang inovator top dunia yang berumur di bawah 35 tahun oleh MIT Tech Review TR35.

David tumbuh sebagai warga NY yang akrab dengan lingkungan Upper West Side di Manhattan. Ia putra dari pasangan Michael Karp dan Barbara Ackerman.

Ia pernah belajar di The Calhoun School dari usia 3 tahun hingga mencapai kelas 8. Di sekolah itu juga sang ibu bekerja sebagai guru sains. Saat duduk di bangku sekolah Bronx Science selama 1 tahun, ia yang saat itu masih 15 tahun memutuskan berhenti sekolah di sana dan memilih homeschooling.

David memulai perjalanan bisnisnya dari nol sebagai seorang tenaga magang sebagai produser animasi di usia 14 tahun. Setelah itu, ia melanjutkan karir dengan bekerja sebagai konsultan software untuk UrbanBaby, sebuah forum online mengenai pendidikan dan pengasuhan anak.

David meninggalkan UrbanBaby tahun 2006 dan langsung mulai mengerjakan ide bisnisnya tentang platform blogging yang kelak dikenal sebagai Tumblr.

Startupnya secara resmi diluncurkan tanggal 27 April 2007 oleh David. Ia dibantu Marco Arment sebagai pengembang utama namun Arment memutuskan berfokus pada Instapaper di tahun 2010. Ditinggal pengembang andalan, David Karp dan Tumblr tidak limbung.

Dalam waktu 2 minggu sejak peluncurannya, Tumblr menjaring 75 ribu pengguna. Ditambah akuisisi Tumblerette oleh startup ini di tahun 2009, sebuah aplikasi App Strore Apple Inc buatan Jeff Rock dan Garrett Ross, layanan ini meluncurkan aplikasi iPhone resminya. Tumblr juga mulai dapat diakses pengguna BlackBerry dengan aplikasi Mobelux di App World.

Bulan Juni 2012, Tumblr merilis versi terbaru aplikasi iOSnya, Tumblr 3.0, yang memungkinkan dukungan untuk Spotify, akses offiline dan gambar beresolusi tinggi.

Di awal Juni 2012, Tumblr menampilkan kampanye iklan brand pertamanya dengan mengajak Adidas bekerjasama. Adidas meluncurkan blog Tumblr sepakbola resminya dan membeli ruang beriklan di dasbor pengguna.

Pendanaan awal Tumblr datang dari pemasukan Karp sebagai konsultan software di UrbanBaby.

Tumblr telah mengumpulkan modal dari Union Square Ventures, Spark Capital, Martin Varsavsky, John Borthwick (Betaworks), Fred Seibert,, dan Sequoia Capital ( beberapa investor utamanya).

Perusahaan ini memiliki valuasi 800 juta dollar pada bulan Agustus 2011. Di bulan September 2011, perusahaan ini mengumpulkan 85 juta dollar dalam sebuah putaran pendanaan yang dipimpin oleh Greylock Partners dan Insight Venture Partners. (*Akhlis)

Selengkapnya
Diubah oleh eCiputra 17-06-2013 10:01
0
1.4K
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan