ordericAvatar border
TS
orderic
[Tips&Trick;] Menghadapi tes FGD (Focus Group Discussion)
Sebenarnya ini bukan tips and trik yg membuat anda bakal selalu berhasil menghadapai tes FGD, tetapi lebih pada gambaran bagaimana FGD tersebut.
Apa saya udah sering ikut FGD? hanya sekali
Lolos? gagal total bro
Bah, Ngapain pula dapat tips dari org gagal? hehehe, saya gak maksa mo baca ato kagak..silahkan aja cari tips dari yg udah berhasil..klo ada emoticon-Big Grin

FGD tersebut adalah my first and failure, terasa banget, ane bener2 down, dan alamiah muncul pertanyaan, kenapa si A lolos? kok bukan saya? Nilainya gimana sih? jawaban dia gak lebih baik dari saya kok? dia malah memberikan pendapat yg pada akhirnya ditolak semua peserta FGD.

Akhirnya ane evaluasi satu persatu dan pada akhirnya ane bisa nerima kegagalan ane. Padahal udah ngarep betul diterima karena perusahannya juga mantapemoticon-Frown

Kita mulai dengan cerita bagaimana saat ane ikut tesnya
Pada saat itu ada 6 org (peserta FGD antara 5-10)--kita kasih nama masing2 Anton, Badu, Choril, David, Erwin ,Feri yaemoticon-Big Grin, semua punya latar belakang beda, sebelum tes sempat ngobrol ngarol ngidul, ada satu org saja yg pernah ikut FGD si David. Hingga akhirnya kita dipanggil dan masuk ruangan, disitu udah ada 4 org dan dijelaskan mereka adalah "observer". Darinamanya udah jelas apa yg mereka lakukan, intinya mereka gak usah dianggap ada, walo ini emang bikin keki juga, sebaiknya benar2 anggap mereka tidak ada!! supaya ente gak merasa terintimidasi.

Kami diberikan lembaran "soal" yg isinya--gak usah saya jelasin deh, ntar beda2 kok--dan kami disuruh memutuskan memilih dua opsi dari soal tersebut dan diputuskan dengan berdiskusi dengan sebelumnya diberi kesempatan membaca soal selama 5 menit. Aneh rasanya berdiskusi hal serius dan mereka adalah saingan kita, itu yg ane rasakan. Pada masa2 kritis ini, sifat manusia bisa macam2..ada yg arogan atau malah gak bisa mikir sama sekali. Tapi pada saat itu sepertinya berjalan tanpa ada yg show off, dan kesannya datar2 banget malah, kayak diatur, dan agak takut. klo anda masih menganggap observernya ada pasti bakal begitu. Wajar!

Akhirnya semua memajukan usulan masing2..hasilnya..4 vs 2 org. Alot dan lambat, yg 4 tetap berusaha keras membuat yg 2 org menerima pendapat mereka demikian sebaliknya. Akhirnya waktu abis, padahal belum ada kesepakatan, dan pada khirnya ditambah 5 menit buat keputusan akhir. Hasil akhirnya bisa ditebak pendapat 4 tetap dipertahankan dan 2 org terpaksa mengalah--pasti dua org ini terpuruk betul, karna gak bisa mempertahankan pendapatnya, padahal banyak yg bilang klo mempertahankan pendapat adalah suatu hal yg dinilai, emang bener si david merasa down dan udah hopeless (padahal dia udah pernah FGD dan lolos lho, yg dulu nasib kali yahemoticon-Big Grin).

Lalu siapa yg lolos? hanya 2 org, yg pasti bukan saya... emoticon-Frown
mereka adalah..2 org itu? setengah tebakan anda benar..si David lolos, dan satunya adalah si Choril. KOK BISA???!!!!

mari kita evaluasi masing2 org deh:
Si anton, anggap ini ane broemoticon-Big Grin, Ane nervous, omongan ane bebrapa kali mengulangi apa yg sudah ane bilang dan sering gak jelas..pengaruh grogi bener2 dah. Tapi bukan itu yg terburuk gan, semua org grogi, tapi aslinya ane keluar, ane yg "strict", selalu dijalur aturan dan "frame" munculemoticon-Nohope
Ane malah menjadi bloker ide2 org bukan ama yg beda tetapi ama yg sama pilihannya aja ane blok
---i dig my own grave--baru sadar sih pas udah gak lolos emoticon-Frown

si badu, paling pertama mengemukakan pendapatnya, tapi sepanjang diskusi ane liat dia sibuk nulis2 apa gitu, mungkin dia juga bingung kali yah, jadi dia muncul dan tenggelam, asik dengan diri sendiri

si Choril, yg lolos, terus terang gak nyangka dia lolos lho, dia menurut ane beberapa kali mengemukakan usulan konyol, idenya diluar konteks, sulit ane jelaskan intinya kfc ada menu ayam kampung kata dia, tapi mungkin idenya ini juga bikin dia lolos kali yahemoticon-Big Grin tapi klo menurut ane yg bener vital adalah usulan konyolnya berikutnya, yaitu: dia menawarkan pada 2 org yg beda pendapat tsb klo pendapat mereka dijadiin rekomendasi aja ntar. What the he***!!!!! emang bakal ada diskusi lagi? emang ntar tes ini lanjut lagi?? dan respon keduanya yg betul2 membuat ide konyol itu brilian! mereka gak menolak ide tersebut (udah mepet di waktu kali yahemoticon-Big Grin)

si David, yg lolos, pendapatnya beda dari mainstream, jelas klo voting dia gatot, di tetap ngotot dengan pendapatnya,
keunggulan dia menurut saya, di suaranya..klo ngomong jelas. Dia terus mempertahankan pendapatnya dan memberikan usulan2. ane lihat poin tentang suara ini penting juga ya, suara keras dan jelas perlu dilatih. menyampaikan pendapat itu perlu bicara yg jelas sehingga org ngerti. Dia juga mempertahankan pendapatnya walo mungkin dalam hati desperate banget karna dalam FGD tersebut terkesan dia "gagal"

si Erwin, pendapat sama dengan si David, sesekali menampilkan pendapatnya. tapi dia mirip si badu, kadang asik sendiri. dan seperti menjauh--gak tau gimana menggambarkannya emoticon-Big Grin

terakhir si Feri, si feri punya ide2 bagus, malah kasih itung2an matematis berapa untungnya, wth, bikin keki aja nih org..ane serasa org bodo emoticon-Big Grin dia jadi jurubicara pas menyampaikan hasil akhir, ane si mikir klo ada 3 org yg lolos mungkiin dia masuk sebagai org ke 3, but maybe not his lucky day. tapi kelemahannya dia jadi jubir itu inisiatif sekali, gak pake nanya2 duluemoticon-Big Grin dan pas ditanyain sama observer--pada presentasi kita ditanyain soal alasan pilihan kita--dia gak bisa jawab, dan tentunya kami semuaemoticon-Ngakak (S)

continue..
adrieqb
adrieqb memberi reputasi
4
187.9K
131
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan