Sebagai jiwa-jiwa muda Indonesia tentunya banyak yang berpikiran untuk menjadi entrepreneur. Dan tentunya di jaman modern dengan teknologi yang terus berkembang ini agan-agan pasti uda mengenal yang namanya peluang usaha On-line. Nah TS punya Info menarik ni, terutama bagi agan-agan yang tertarik untuk menjadi entrepeneur memanfaatkan media on-line.
Spoiler for intro:
Berwirausaha secara on-line bukanlah sesuatu yang baru di era digital ini. Sudah tak terhitung banyaknya transaksi penjualan produk dan jasa yang terjalin secara on-line. Meskipun penjualan on-line marak terjadi, tidak semua wirausahawan on-line bisa dikatakan sukses, lho. Lalu, bagaimana cara menjadi wirausahawan on-line yang sukses?
Ok, tanpa basa basi lagi,
Spoiler for check this out:
Spoiler for ilustrasi:
Menurut tokoh A Pakerti, berwirausaha itu senantiasa berhubungan dengan dua unsur pokok, yaitu peluang dan kemampuan menanggapi peluang tersebut. Maksudnya, keadaan yang tidak pasti di masa depan harus dilihat sebagai sebuah peluang berwirausaha. Selain itu, kemajuan teknologi juga menciptakan peluang berwirausaha. Secara spesifik, kemajuan teknologi memudahkan para wirausahawan berdagang secara on-line, yang pastinya tidak membutuhkan modal dalam jumlah besar untuk memasarkan produk atau jasanya.
Nah, kalau peluang sudah ada, pertanyaan berikutnya adalah mampukah kita menanggapi peluang tersebut dengan baik? Menurut ahli wirausaha bernama Wesper, perilaku wirausaha sebenarnya adalah sebuah kerja. Berhasil atau tidaknya kerja tersebut dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut:
Pemilihan tempat kerja sebelum berwirausaha
Bagi wirausahawan on-line, pemilihan tempat kerja berkaitan erat dengan internet. Jejaring sosial, atau akrab dikenal sebagai social media, banyak dipilih wirausahawan on-line sebagai “tempat kerja”nya. Wirausahawan on-line harus memiliki akun-akun di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, YouTube, dan situs pribadi. Nah, keberhasilan wirausahawan on-line dalam memasarkan produk dan jasanya terletak pada kemampuannya menggunakan “tempat kerja” on-line-nya ini secara optimal. Memiliki akun di Facebook namun jarang melakukan posting dan update tentang produk dan jasa yang dijualnya? Sudah pasti tidak akan banyak orang yang aware akan brand yang ia miliki. Akibatnya, ia tidak akan mendapatkan konsumen. Akun-akun yang dimiliki seorang wirausahawan on-line harus sesering mungkin di-update agar produk dan jasa yang ditawarkan juga sering muncul di timeline orang banyak. Semakin banyak orang yang membaca hasil posting dari si wirausahawan, maka publik akan semakin aware terhadap brand milik wirausahawan on-line tersebut.
Contoh lain dari pemilihan “tempat kerja” wirausahawan on-line adalah pemilihan domain situs. Jika situs yang dimiliki wirausahawan on-line untuk berjualan adalah akun dari sebuah blog gratisan, profesionalisme wirausahawan tersebut pasti akan dipertanyakan oleh orang banyak. Lain halnya kalau seorang wirausahawan on-line membeli domain untuk situs pribadinya. Profesionalisme dari wirausahawan on-line tersebut akan dipandang baik oleh orang banyak. Orang banyak pun akan berpandangan bahwa produk atau jasa yang dijual si wirausahawan on-line bukanlah produk atau jasa yang sembarangan. Membeli domain pribadi diibaratkan sebagai membangun “tempat kerja” yang bagus. Jika “tempat kerja” sebuah perusahaan bagus, maka perusahaan tersebut akan dianggap bonafit oleh orang yang melihatnya.
Pemilihan bidang usaha
Wesper mengatakan, apa yang dipilih wirausahawan sebagai bidang usahanya juga mempengaruhi kebehasilan usahanya. Wirausahawan on-line juga harus bisa memilih bidang usaha yang tepat bagi dirinya, di samping mempertimbangkan peluang bidang usaha tersebut di pasaran on-line. JIka suatu produk sudah banyak dijual secara on-line, maka kemungkinan keberhasilan penjualan produk yang sama oleh seorang wirausahawan akan semakin kecil. Wirausahawan on-line harus jeli dalam melihat produk atau jasa apa yang belum marak ditawarkan dalam pasar on-line.
Kemampuan dalam menyusun dan menerapkan manajemen yang tepat
Artinya, wirausahawan on-line harus mampu me-manage sistem kerjanya di dunia on-line. Ia harus konsisten dalam melakukan maintenance terhadap seluruh posting tentang produk dan jasa yang dijualnya. Contoh lain dari manajemen yang tepat adalah kemampuan wirausahawan on-line dalam menentukan pembeli yang serius dan yang tidak. Jika ada pembeli yang telah memesan produk namun belum melakukan pembayaran dalam waktu yang telah ditentukan, ada baiknya produk tersebut ditawarkan kembali dalam pasar on-line. Kemampuan manajemen yang tepat seperti ini harus dimiiki oleh wirausahawan on-line agar usahanya berhasil dan berkembang.
Nah dari ketiga faktor tersebut kalau kita terapkan dalam kehidupan sekarang :
Pemilihan tempat kerja sebelum berwirausaha
Pemilihan tempat kerja disini maksudnya media yang digunakan sebagai tempat kita bekerja/mempromosikan jasa/barang. TS ambil contoh Kaskus.
Bukan hal yang baru lagi kalau Kaskus (FJB) merupakan salah satu media bekerja yang sangat berprospek. Banyak Jasa/Barang yang bisa agan-agan bisa tawarkan disini. Pasti banyak dari agan-agan yang memilih FJB Kaskussebagai tempat bekerja bukan? Apakah Agan salah satunya? Ayo Share pengalaman agan menggunakan FJB Kaskus sebagai media kerja agan
Pemilihan bidang usaha
Pemilihan bidang usaha disini maksudnya apa yang ingin agan tawarkan/jual di FJB Kaskus? Agan bisa melakukan survei baik langsung ke toko-toko, ataupun secara online dengan mensurvei jasa/barang yang ingin agan tawarkan di FJB Kaskus. Dengan melakukan survei, agan bisa mengetahui apakah jasa/barang yang ingin agan tawarkan mempunyai prospek bagus atau tidak, baik itu masalah harga ataupun peminat.
Kemampuan dalam menyusun dan menerapkan manajemen yang tepat
Disini lah agan-agan akan di uji kemampuan dan keseriusan agan dalam menjalankan bisnis agan. Pengujiannya ya berdasarkan :
kecepatan agan dalam merespon pertanyaan Customer
kemampuan agan dalam menjelaskan jasa/barang yang agan tawarkan
kemampuan agan dalam melakukan promosi ( )
Intinya adalah bagaimana cara agan-agan memberikan pelayanan terbaik terhadap Customer
Sekian gan dari TS.
TS hanya bermaksud memberikan info bagi yang berminat menjadi Entrepreneur (Tidak ada maksud lain ).
Ini juga impian TS untuk menunjukkan bahwa Indonesia mampu menghasilkan banyak Entrepreneur-entrepreneur yang bisa ikut memajukan Negara Indonesia Kita tercinta ini.
Semoga Thread Ane bisa bermanfaat ya bagi Agan-Agan...
O y yang punya pengalaman mengenai 3 Faktor ini bisa share disini y...
Jual/Beli/Sewa Apartment Maple Park, Sunter - Jakarta Utara
Minat juragan? PM, SMS, Telp. Fast Response.
0823-6600-3300 http://manaapartmentku.com/