- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
awal mula sepeda motor masuk ke indonesia


TS
rizahilmawan
awal mula sepeda motor masuk ke indonesia
Sebenarnya banyak sekali sejarah kebangaan indonesia yang terkadang kita semua tidak mengetahuinya, sehingga banyak juga dari anak negeri ini lebih menyukai negeri orang dengan sejarah kebangaan dari negeri itu sendiri. Tanpa sadar ketertarikannya membuat diri kita lebih memilih negeri orang dengan penilaian yang dianggap keren, gaul, lebih canggih dan sebagainya
Padahal kalau kita memang mau mempelajari lagi dan menggali sejarah indonesia lebih dalam maka banyak diantaranya yang memang membuat tanah air ini patut di acungi jempol.
Pengetahuan seperti ini sangat minim sekali orang mengetahuinya terutama ramaja, anak muda sebagai penerus bangsa. Dan naasnya beberapa tahun lalu Borobudur yang dari dulu termasuk dari 7 keajaiban dunia kini tersingkir dengan alasan kurangnya informasi mengenai Borobudur. Walaupun pada hakekatnya Borobudur tetap menjadi bangunan ajaib untuk indonesia.
Untuk itu sudah menjadi kewajiban bagi kita semua untuk selalu mengangkat sejarah kebangkitan indonesia paling tidak sebagai bahan penbelajaran untuk diri sendiri. Salah satunya adalah indonesia termasuk salah satu negara pertama yang mempunyai sepeda motor.
Sepeda Motor Masuk Indonesia
Mulanya sepeda motor lahir di jerman buatan Daimler-maybach tahun 1885.

Cuma pada waktu itu sepeda motor ini tidak dijual untuk umum melainkan hanya percobaan mesin yang dirancangnya untuk mengerakkan roda pada sepeda kayu yang bisa ditumpangi orang.
Percobaan sepeda motor itu menempatkan mesin di tengah antara roda belakang dan roda depan dengan perantara rantai untuk menggerakkan roda belakang.
Baru pada tahun 1893 sepeda motor dijual untuk umum. Kebetulan pada saat itu pabrik Hildebrand und Wolfmüller, di Muenchen, Jerman mengawali pembuatan sepeda motor untuk bisnis. Ada sedikit perbedaan dari sepeda motor yang di buat pabrik ini yaitu roda belakang tidak digerakkan oleh rantai akan tetapi digerakkan langsung oleh kruk as (crankshaft).
Di tahun inilah seorang berkebangsaan ingris John C. Potter berdomisili di indonesia yang dulu masih bernama Hindia Belanda (Nederlands Indie)
jonh C. Potter adalah masinis pertama pabrik gula Oemboel (Umbul) Probolinggo jawa timur, diceritakan bahwa sepeda motor yang dimilikinya itu Ia memesan sendiri langsung pada pabriknya disamping itu John C. Potter juga dikenal sebagai penjual mobil yang mendapat kepercayaan Sunan Solo untuk mengurusi pengiriman mobil pertamanya dari Eropa.

Sepeda motor yang dimiliki John C. Potter adalah sepeda motor pertama dari pembuatannya yaitu pada tahun 1893. Menjadikan Indonesia sebagai salah satu pemilik sepeda motor pertama di dunia.
Berbeda dengan Amerika tahun 1895 seorang sirkus dari perancis membawanya ke New York. Akan tetapi di amerika serikat perkembangan mesin sangat pesat sahingga banyak Moge (motor gede) buatan amerika yang memiliki mesin dengan dua silinder dan suaranya juga bergemuruh keliatan lebih LAKI.

Begitulah sedikit pemaparan sejarah masuknya sepeda motor ke Indonesia. Semoga bermanfaat buat agan agan semua ,sorry kalo repost
just want to share
sumber : http://toplus.mywapblog.com/category...ngat-1/1.xhtml
Padahal kalau kita memang mau mempelajari lagi dan menggali sejarah indonesia lebih dalam maka banyak diantaranya yang memang membuat tanah air ini patut di acungi jempol.
Pengetahuan seperti ini sangat minim sekali orang mengetahuinya terutama ramaja, anak muda sebagai penerus bangsa. Dan naasnya beberapa tahun lalu Borobudur yang dari dulu termasuk dari 7 keajaiban dunia kini tersingkir dengan alasan kurangnya informasi mengenai Borobudur. Walaupun pada hakekatnya Borobudur tetap menjadi bangunan ajaib untuk indonesia.
Untuk itu sudah menjadi kewajiban bagi kita semua untuk selalu mengangkat sejarah kebangkitan indonesia paling tidak sebagai bahan penbelajaran untuk diri sendiri. Salah satunya adalah indonesia termasuk salah satu negara pertama yang mempunyai sepeda motor.
Sepeda Motor Masuk Indonesia
Mulanya sepeda motor lahir di jerman buatan Daimler-maybach tahun 1885.

Cuma pada waktu itu sepeda motor ini tidak dijual untuk umum melainkan hanya percobaan mesin yang dirancangnya untuk mengerakkan roda pada sepeda kayu yang bisa ditumpangi orang.
Percobaan sepeda motor itu menempatkan mesin di tengah antara roda belakang dan roda depan dengan perantara rantai untuk menggerakkan roda belakang.
Baru pada tahun 1893 sepeda motor dijual untuk umum. Kebetulan pada saat itu pabrik Hildebrand und Wolfmüller, di Muenchen, Jerman mengawali pembuatan sepeda motor untuk bisnis. Ada sedikit perbedaan dari sepeda motor yang di buat pabrik ini yaitu roda belakang tidak digerakkan oleh rantai akan tetapi digerakkan langsung oleh kruk as (crankshaft).
Di tahun inilah seorang berkebangsaan ingris John C. Potter berdomisili di indonesia yang dulu masih bernama Hindia Belanda (Nederlands Indie)
jonh C. Potter adalah masinis pertama pabrik gula Oemboel (Umbul) Probolinggo jawa timur, diceritakan bahwa sepeda motor yang dimilikinya itu Ia memesan sendiri langsung pada pabriknya disamping itu John C. Potter juga dikenal sebagai penjual mobil yang mendapat kepercayaan Sunan Solo untuk mengurusi pengiriman mobil pertamanya dari Eropa.

Sepeda motor yang dimiliki John C. Potter adalah sepeda motor pertama dari pembuatannya yaitu pada tahun 1893. Menjadikan Indonesia sebagai salah satu pemilik sepeda motor pertama di dunia.
Berbeda dengan Amerika tahun 1895 seorang sirkus dari perancis membawanya ke New York. Akan tetapi di amerika serikat perkembangan mesin sangat pesat sahingga banyak Moge (motor gede) buatan amerika yang memiliki mesin dengan dua silinder dan suaranya juga bergemuruh keliatan lebih LAKI.

Begitulah sedikit pemaparan sejarah masuknya sepeda motor ke Indonesia. Semoga bermanfaat buat agan agan semua ,sorry kalo repost

just want to share

sumber : http://toplus.mywapblog.com/category...ngat-1/1.xhtml
0
2K
24


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan