rockstar12345Avatar border
TS
rockstar12345
[CATPER] NEGERI DI ATAS AWAN 10 - 11 MEI 2013 (LAWU 3265 MDPL)
LAWU 3265 MDPL
sebuah petualangan 3 mahasiswa tingkat akhir




H - 23 (17 April 2013)
berawal dari ajakan temen gw di twitter si resti akhir bulan april buat nanjak ke lawu pengen juga tuh gw ikut tapi berhubung akhir bulan penyakit anak kos pasti kambuh (kantong kering) hehehe. akhirnya mundur jadi awal mei jadi tanggal 10. Awalnya tuh tim udah kebentuk ada 6 orang, gw sendiri (handar), resti, dimas, jeni, echi sama iwan. Tapi semakin mendekati hari H tiba tiba si jeni ngga bisa ikut karena ngga boleh sama nyokapnya. Doi dibolehin nanjak kalo dia udah nikah. Ebusyeet mau nanjak aja pake nunggu jeni nikah dulu. Keburu tua gw. Beberapa hari kemudian si echi ngga bisa ikut karena kerjaanya cuman libur hari selasa. Akhirnya tim jadi 4 orang gw (handar), resti, iwan sama dimas. Eh tau tau si kunyuk iwan malah ngga jadi ikut juga. kalo ini gw malah ketawa tawa sama resti ngeliat tingkahnya iwan gara gara ngga jadi ikut. hahaha

H - 2 (8 Mei 2013)
akhirnya yang jadi berangkat cuman ber 3 gw (handar), dimas sama resti. Berhubung gw kuliah di semarang jadi hari rabu tanggal 8 gw berangkat ke solo. Dimas sama resti kuliah di solo di UNS tepatnya. Nyantai dulu di solo sambil city tour sama kulineran di solo. hehehe

H - 1 (9 Mei 2013)
tanggal 9 kita ber 3, gw (handar), sama dimas paginya jemput resti buat beli gear yang kurang sama belanja logistik. Terus malemnya gw sama dimas brieffing buat nentuin jalur pendakian kita nanti. Nah si resti pengen naik lewat jalur cemoro kandang terus turun lewat jalur sewu. Tapi berhubung dimas lupa jalur di cemoro kandang akhirnya kita sepakat bareng sama pendaki lain yang turun lewat cemoro kandang dan kita mulai mendaki pagi hari biar nyantai. Pulang ke rumah gw sama dimas lanjut packing terus istirahat siapin stamina buat besok pagi perjalanan dari solo ke base camp cemoro sewu.
Spoiler for packing:


H = 0 (10 Mei 2013)
bangun subuh gw sama dimas langsung mandi terus panasin motor buat jemput resti di kosannya. Kita bertiga naik 2 motor buat menuju ke base camp cemoro sewu tempat awal pendakian lewar jalur cemoro sewu.
Spoiler for langit menjelang subuh:

udah jemput resti kita bertiga langsung jalan ke base camp. Jalanan masih sepi. Cuacanya juga mendukung banget buat kita mendaki. Udaranya juga sejuk sepanjang perjalanan.
Spoiler for jalanan menuju base camp:

Spoiler for jalanan menuju base camp:

Jam 8 pagi kita bertiga udah sampe di base camp. Kita sarapan pagi dulu terus nitipin motor di tempat penitipan. Jam 08.30 kita udah di base camp cemoro sewu.
Spoiler for gerbang pendakian cemoro sewu:

Kelar ngurus administrasi kita bertiga langsung mulai jalan. Pemandangan pertama yang kita liat itu hamparan pohon cemara yang bikin udara sejuk.
Spoiler for cemoro sewu:

Lanjut jalan kita ketemu sama padang rumput yang menguning. Ini efek perubahan musim kali ya dari musim hujan ke musim kemarau jadinya rumput rumput yang ada warnanya jadi menguning.
Spoiler for rumput savana:

Lanjut perjalanan kita udah nyampe pos 1 tapi berhubung stamina masih kuat jadi kita cuman istirahat sebentar terus lanjut ke pos 2.
Spoiler for shelter pos 1:

perjalanan menuju pos 2 udah mulai nanjak. Tapi kita tetep jalan santai supaya ngga terlalu capek. Nyampe pos 2 kita istirahat bentar. Di pos 2 ini kita ketemu tim pendaki dari jakarta.Setelah ngobrol ringan taunya hari itu ada pendakian masal dari jakarta. Berasa pulang kampung aja nih gunung lawu isinya mayoritas anak anak jakarta. hehehe
Spoiler for pos 2:

Kelar istirahat kita pamit sama tim dari jakarta buat lanjut lagi. Tim dari jakarta itu nunggu temenya yang masih di atas mau turun. Indahnya kebersamaan keliatan banget di saat saat kaya gini. Kita lanjut jalan ke pos 3 kita disuguhin view yang indah dan cuaca yang sejuk selama mendaki.
Spoiler for viewnya:

Nyampe pos kita kita isitirahat bentar. Gw sama resti makan ringan. Dimas ngga kuat nahan laper akhirnya dia makan berat. Kita bawa bekal makan berat jadi pas awal awal gini ngga perlu ribet masak. hehehe
Spoiler for pos 3:

Spoiler for talent baru kita:

Stamina udah lumayan naik kita lanjut jalan lagi ke pos 4. Jalurnya udah semakin mendaki. Napas udah mulai berat, kaki udah mulai lemes, punggung udah mulai berasa pegel. Semua itu butuh perjuangan jadi kita tetep terus jalan tapi nyantai biar ngga terlalu capek. sepanjang perjalan dari pos 3 ke pos 4 sampe pos 5 kita kaya semacam dipandu sama burung seolah olah mau nunjukin jalan sama kita. Tapi pas gw deketin mau gw ambil gambarnya burungnya malah terbang. Jadi gw cuman bisa ambil gambar dari jauh.
Spoiler for burung penunjuk jalan:

Ngga beberapa lama kemudian kita nyampe pos 4. Di sini kita istirahat sejenak melepas lelah sambil memulihkan tenaga. Pos 4 ini ngga ada shelternya jadi kita istirahat di deket pohon.
Spoiler for pos 4:

Tinggal 1 pos lagi nyampe pos terakhir. Tapi jalur mendaki semakin berat. Jalurnya semakin naik dan naik. Di sini gw udah mulai putus asa bisa nyampe pos terakhir apa engga. Gw liat mukanya resti udah asem aja. Dimas juga udah lemes dengkulnya. Tapi kita tetep sabar, kita terus jalan terus liat ke depan. Jalan udah mulai pelan pelan banget sambil ngatur napas yang udah tipis semua. Selangkah demi selangkah kita tetep jalan. Dan akhirnya kita sampe pos terakhir pos 5. Di pos 5 cuman hamparan rumput. Di sana gw sama resti langsung tidur geletak di atas rumput. Dimas langsung senyum sumringah. Itu artinya puncak udah semakin dekat. Di pos 5 gw sama resti ngisi tenaga yang udah mulai abis terus tidur tiduran sebentar di padang rumput sebelum merapat menju puncak.
Spoiler for pos 5:

Puncak semakin dekat. Kelar istirahat di pos 5 kita lanjut jalan. Kita jalan melipir sama awan. Berhubung cuacanya sejuk jadi kita serasa asik aja jalanya. hehe
Spoiler for jalan melipir awan:

Ngga cuman itu. Sepanjang trek kita jalan disambut sama bunga bunga indah di tepi jalan. Ngga tau itu bunga apa tapi gw merasa seneng aja liat bunga tumbuh mekar berjejeran gitu. hehehe
Spoiler for bunga di tepi jalan:

Spoiler for bunga di tepi jalan:

Spoiler for bunga di tepi jalan:

Spoiler for talent kita beraksi dengan bunga dandelion:

Setelah perjalanan yang menguras tenaga akhirnya kita sampe juga di mbok yem. Rencana awal tadinya kita mau ngecamp akhirnya ngga jadi begitu liat di tempat mbok yem masih ada lapak. Jadi kita sepakat buat istirahat di sana. Logistik yang udah kita beli waktu di solo akhirnya masih segambreng karena kita ngga jadi masak. Kita sepakat buat beli aja di mbok yem. Itung itung hemat tenaga buat summit attack besok paginya. Malem di mbok yem indah banget. Bintang bertaburan langitnya juga cerah. tapi dinginnya yang ngga nahan. Jadi kita ngga keluar buat liat bintang dan lebih memilih istirahat buat stamina besoknya.
Spoiler for mbok yem:

11 Mei 2013
Bangun jam 04.30 pagi. Siap siap buat summit attack bareng pendaki lain. Udaranya dingin banget. Gw udah pake baju 1 lapis, long sleeve 1 lapis sama jaket polar total ada 3 lapis tapi dinginnya masih ngga nahan. Kaki gw sempet gemeteran kedinginan waktu jalan.Tapi tetep gw jalan santai. Resti sama Dimas juga jalan santai. Kita ngga ada yang maksain buat jalan. Jadi kalo capek ya istirahat. Jalan sekitar setengah jam kita udah summit siap siap nyari spot buat sunrise. Subhanallah indahnya ciptaan Allah emang ngga ada yang bisa nyamain, lebih indah dari gedung bertingkat buatan tangan manusia. Gw pun takjub dan bersyukur masih dikasih kesempatan buat nikmatin ini semua.
Spoiler for talent kita beraksi:

Spoiler for menyambut mentari pagi:

Spoiler for menyambut mentari pagi:

Spoiler for sunrise:

Spoiler for sunrise:

Dari puncak hargo dumilah bisa keliatan 3 gunung lain tapi ngga tau itu gunung apa, katanya sih gunung arjuno, wilis, sama semeru.
Spoiler for 3 gunung:

sekitar jam 06.30 pagi kita turun. Istirahat sebentar packing sambil isi tenaga buat turun ke base camp. Di sini gw sama dimas sepakat turun lewat cemoro sewu lagi. Soalnya kebanyakan pendaki yang kita temuin kebanyakan naik dari cemoro kandang turunnya lewat cemoro sewu.
Spoiler for gw sama dimas:

Spoiler for resti sama dimas:

Udah isi tenaga, packing beres kita lanjut jalan turun. Cuaca emang bersahabat banget langit cerah.
Spoiler for indahnya:

Awan tebal. Kita serasa berkunjung di negeri di atas awan.
Spoiler for negeri di atas awan:

Spoiler for negeri di atas awan:

Spoiler for negeri di atas awan:

Spoiler for negeri di atas awan:

Spoiler for negeri di atas awan:

Jalan dikit kita ketemu mata air. Banyak pendaki yang ambil air di sini kalo mereka keabisan air.
Spoiler for sendang drajat:

Kita lanjut turun. Perjalanan tetep nyantai sampai kita tiba di pos 4. Pos ini ada spot dimana kita bisa foto deket sama awan. Contohnya kaya talent kita nih. hehe
Spoiler for talent:

Turun dari pos 4 ke pos 3 kita bisa liat view kota karanganyar yang keren kalo cuaca lagi cerah.
Spoiler for view kota:

Turun dari pos 3 ke pos 2 gw udah ngerasa capek. Kaki udah gemeter semua. Akhirnya kita istirahat sebentar. Tapi talen gw tetap beraksi. hahaha
Spoiler for talent:

Spoiler for dimas nyantai:

Spoiler for gw tepar:

Lanjut kita jalan dari pos 2 ke pos 1. Kita sering pas pasan sama pendaki lain yang mau naik. soalnya kita turun hari sabtu. Setelah lama berjalan akhirnya kita sampe juga di base camp awal sekitar jam 12 siang dengan sehat dan ceria. Kita istirahat dan menghela napas sejenak serta bersyukur bisa kembali dengan selamat dan sehat. Beres beres benar sama buang sampah hasil produksi kita di tempatnya supaya alam kita tetap bersih.
Spoiler for akhirnya:



Terima kasih buat resti dan dimas yang udah jadi partner dalam susah maupun senang selama pendakian dan perjalanan dari solo sampe balik lagi ke solo.
Terima kasih juga buat iwan dan jeni yang udah support kita via twitter.
Kalo ngga ada kalian semua gw ngga akan bisa buat ini semua.


Demikianlah catatan perjalanan dari saya,

Handar

shinichindo
shinichindo memberi reputasi
1
9.8K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan