[Yuk Sharing Gan] Bikin Pesta Pernikahan? Siapa Takut !?!?!
TS
iqbal.siregar
[Yuk Sharing Gan] Bikin Pesta Pernikahan? Siapa Takut !?!?!
Assalamu'alaikum Wr.Wb
Selamat Siang Menjelang Sore Gan-Sist yang cakep en kece
Siang ini ane mau ajak gan-sist sekalian buat sharing mengenai persiapan pesta pernikahan. Tapi sebelum mulai, monggo dibaca dulu prolognya
Spoiler for Prolog:
Seperti halnya kasus pada agan ini Berapa Biaya Kimpoi?
Ane yakin sepenuhnya bahwa mempersiapkan pernikahan bukanlah hal yang mudah. Mungkin terkadang kita sudah merasa yakin untuk melaksanakannya, tapi menjelang hari H, pada umumnya banyak orang yang terkena "panic attack"karena satu dan lain hal.
Bagi para pria khususnya, sangat banyak tetek bengek pesta pernikahan yang cukup membuat pusing kepala. Sebagian besar masyarakat Indonesia masih meyakini bahwa pihak mempelai pria adalah pihak yang memiliki porsi tanggung jawab lebih dibandingkan pihak mempelai wanita.
Dan salah satu momok terbesar dalam persiapan pesta pernikahan adalah: BUDGET a.k.a DUIT
Sekedar share pengalaman gan-sist, dalam kurun waktu 2009-2013 sudah ada 5 pesta pernikahan dalam keluarga (keluarga besar) ane yang memakan biaya dibawah 50 JUTA RUPIAH. Dan Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, dan Insyaallah dalam tahun ini bakal terjadi pernikahan ke 6 dengan biaya yang MASIH DIBAWAH 50 JUTA RUPIAH
Tanpa bermaksud menggurui, but let's just check, apa apa aja yang harus kita persiapan menjelang pesta pernikahan. Cekibrot
Spoiler for Persiapan:
1. Tentukan Siapa Yang Akan Diundang
Ini adalah ancang-ancang pertama gan-sist. Karena jumlah massa akan menentukan sebanyak apa kursi yang diperlukan, sebanyak apa konsumsi yang akan di habiskan, dan kira-kira seberapa banyak amplop yang bakal kita terima untuk "mengembalikan modal"
2. Tentukan Konsep Pesta Pernikahan
Jika gan-sist sudah tau siapa saja yang akan diundang, maka gan-sist akan lebih mudah menentukan konsep seperti apa yang akan digunakan.
Misalnya, jika gan-sist lebih condong ke arah resepsi bersama para kolega, mitra kerja dan rekan bisnis, tentu saja konsep formal ala dunia barat menjadi pilihan. Kalau yang diundang hanya sanak famili serta kerabat, mungin konsep adat sederhana atau pesta konvensional cocok buat pesta pernikahan.
3. Tentukan Mekanisme Acara
Disini kemampuan analisis gan-sist akan di uji. Sebab dalam bahasan ini, gan-sist harus memilih kira kira siapa saja orang yang tepat untuk dijadikan panitia pesta pernikahan. Karena panitia inilah yang (cenderung) menentukan sukses atau tidaknya sebuah acara. Mereka akan bertugas untuk mempersiapkan lokasi acara, konsumsi acara, souvenir acara, agenda acara, dan sebagainya. Karena ini momen sekali seumur hidup (bagi yang ngga doyan kimpoi-cerai), pastikan gan-sist memilih orang yang benar-benar bertanggung jawab. 4. Tentukan Agenda Pelengkap
Agenda pelengkap berbeda dengan agenda dalam mekanisme acara. Mengapa? Karena agenda pelengkap ini pada umumnya merupakan hal-hal yang di inginkan oleh calon mempelai. Misalnya, gan-sist pengen poto pre-wed di planet jupiter, atau gan-sist pengen ada jamuan cocktail + pesta dansa, atau mungkin gan-sist pengen ada acara arak-arakan pengantin keliling monas. Nah agenda-agenda seperti ini sebenarnya "hanya selingan", sebab ada prosesi yang lebih sakral yang harus lebih dahulu dipenuhi. 5. Tentukan Anggaran & Evaluasi Konsep Acara
Loh? Kok budgetnya terakhir? Ah TS nya ngaco nih!
Eit's, tunggu dulu! Budget adalah satu-satunya faktor yang menentukan apakah kita bisa menjalankan pesta pernikahan yang sesuai keinginan atau tidak. Penjelasannya begini..
Setelah kita menentukan siapa dan berapa jumlah orang yang akan diundang, kemudian setelah kita menentukan konsep dan mekanisme acara, tentu akan muncul sebuah KALKULASI ANGGARAN YANG DIPERLUKAN untuk menjalankan acara tersebut.
Nah, apabila konsep acara pesta pernikahan yang sudah dirancang ternyata memakan budget yang terlalu tinggi, gan-sist memiliki kesempatan untuk meng-evaluasi, kira-kira sisi mana yang penggunaan budgetnya bisa diminimalisir.
Contohnya, gan-sist pengen ngundang orang satu kabupaten buat acara pernikahan, otomatis konsumsinya bakal gede banget, 200 ribu misalnya.
Nah gan-sist masih bisa pangkas jumlah kondangan, mungkin hajatannya cuma ngemil coki-coki buat orang 1 kelurahan, budget nya cuma 100 rebu. Intinya evaluatif dan realistis. Sesuaikan kondisi ekspektasi dengan kondisi keuangan.
Ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu meminimalisir biaya. Diantaranya:
Spoiler for Tips:
1. Berpikirlah 2x untuk menyewa jasa Wedding Organizer Komersil.
WO Komersil pada umumnya mematok harga yang mukegile gan!
Sebagai perbandingan, salah satu WO terkemuka di kota Medan bahkan mematok harga antara 50-100 juta untuk pelaminan, kursi, teratak dan properti hiasan
Gan-sist mungkin bisa memilih alternatif lain, yaitu Wedding Organizer Tradisional
Itu loh gan, biasanya ada tuh yang pasang pamflet, menyediakan teratak dan kursi pesta, rias pengantin, keyboard & sound system. Pastikan kita memiliki poin kesepakatan untuk menjamin profesionalitas kinerja mereka
2. Butuh Hiburan? Pikir 2x Untuk Menyewa Entertainment Set Dari EO&WO
Event Organizer & Wedding Organizer biasanya juga punya perlengkapan hiburan, mulai dari alat musik, hingga biduanita.
Sama seperti tips pertama, pilihlah jasa hiburan tradisional yang tidak begitu komersil. Bahkan dengan kisaran budget 5 juta, gan-sist udah bisa bikin dangdut koplo di kondangan
Gimana para juragan? Masih takut mikirin buget kimpoi ngga?
Apa? Bingung cara nentuin budgetnya?
Oke-oke, sebagai bahan pertimbangan
Berikut ane lampirkan rincian biaya pesta pernikahan keluarga ane yang ke 6, dengan budget dibawah 50 Juta Rupiah.
Seluruh keperluan Alhamdulillah sudah fixed, kesepakatan telah dicapai, dan tinggal menunggu pelaksanaannya, yang Insyaallah akan diadakan pada tanggal 16 Juni 2013
Mohon Doa nya ya gan-sist
Spoiler for Rincian Anggaran:
Paket standard layanan pernikahan - 5 Juta
-. Pelaminan 2x1 meter
-. Hiasan pelaminan
-. Meja rias pengantin (Di letakin di kamar pengantin)
-. Dekorasi kamar pengantin
-. Rias pengantin
-. Baju adat (1 Pasang)
-. Baju pengantin (1 pasang)
Konsumsi 1000 porsi (lebih) - 10 Juta
-. Nasi + Lauk 6 macam + Kerupuk + Air mineral
Konsumsi 1000 porsi (lebih) - 3 juta
-. Ice Cream
-. Buah (Pisang + Salak + Semangka)
-. Manisan Jambu
Dokumentasi - 500rb
-. Foto 5 album
-. Video 4 DVD
-. Foto Pengantin 1 Album + Foto Gede 5 biji
Teratak + Kursi Tamu (500 kursi) - 2 juta 500 ribu
-. Teratak + Gorden
-. Kursi plastik 300 biji + Kursi besi yg alasnya busa 200 bji + Pake sarung
-. Meja hidang untuk makanan
-. Gerobak hidang (Untuk ice cream, buah, camilan dll)
-. Meja sambut tamu
Florist - 500 ribu
-. Bunga Ukuran 1x1m (Buat dipajang bareng foto pengantin)
-. Bunga dekorasi 1 kodi (20 biji)
-. Bunga mawar merah putih 1 vas (untuk di meja penyambutan tamu)
Sewa baju untu panitia pesta - 500 ribu
-. Batik Hijau + Celana hitam 40 pasang
-. Semi kebaya + Rok motif sarung batik 20 pasang
Hiburan - 3 juta
-. Sound System
-. Keyboard + Pemainnya + Penyanyi 2 org
-. Gitar akustik
-. Panggung
Dana tak terduga - 10 juta
-. Yang ini buat cadangan, siapa tau pas hari H ada keperluan mendadak.
Grand total:
Rp. 37.650.000
(Tiga Puluh Tujuh Juta Enam Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)
Kalo untuk akad nikah, ane ga berani pastikan gan-sist.
Karena itu tergantung mas kimpoi yang agan-sista sepakatin.
Dan yang perlu dicatat adalah, harga keperluan pesta pernikahan cenderung berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya.
Perbedaan harga itu wajar, namun tidak cukup wajar untuk dijadikan sebagai alasan untuk menunda-nunda pesta pernikahan gan-sist Happy Kimpoi Gan-Sist
Dan dipenghujung trit ane yang kepanjangan kelebaran tanpa ada kejelasan ini, ane mau mempertegas bahwa
Spoiler for Pesan Terakhir:
Ane tidak menolak segala bentuk rating positif dan guyuran ijo-ijo