Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pengelanamayaAvatar border
TS
pengelanamaya
Rahasia Sukses Mendapat Dana Angel Investor Buat Startup
Perusahaan rintisan (startup) seringkali kesulitan mendapatkan pendanaan dari perbankan. Maklum, agar bisa mengucurkan kredit perbankan harus mengikuti aturan-aturan yang ketat yang telah diatur oleh bank sentral suatu negara. Oleh karena itu,biasanya perusahaan startup seringkali mengandalkan angel investor untuk mendapatkan bagi usaha mereka karena prosesnya tak serumit berurusan dengan perbankan. Meskipun demikian, banyak yang tak berhasil mendapatkan pendanaan dari angel investor. Lalu apa rahasianya supaya sebuah stratup dapat mengamankan pendanaan dari angelinvestor? Brian S Cohen, chairman New York Angels membeberkan rahasianya.

1. Buatlah para angel investor tersebut meyakini produk Anda.
Walaupun produk dan jasa yang Anda tawarkan penuh inovasi dan mengagumkan, jika Anda tak bisa meyakinkan angel investor semua akan sia-sia. Pahamilah apa yang membuat angel investor tertarik, buat mereka bergairah tentang produk Anda, dan memiliki keyakinan yang sama dengan Anda. Kapanpun Anda berhadapan dengan sesorang, sebenarnya Anda sedang membangun sebuah hubungan. Brian berkata "Jangan remehkan aspek emosional dalam mencari pendanaan". Lalu ia mengingatkan "Yang Anda lakukan adalah mendapatkan investor bukan uang".

2. Pahamilah konsumen Anda.
Dalamilah pikiran calon konsumen Anda. Pengusaha yang sukses selalu "melihat apa yang tak dilihat orang lain". Temukanlah solusi bukan masalah."Saya banyak menemui startup yang menemukan masalah, bukan solusi" kata Brian.

Singkatnya, untuk mengetahui pikiran konsumen, jadilah seorang konsumen.

3. Kenalilah perilaku konsumen.
Setelah Anda mendalami pikiran konsumen Anda, carilah perilaku-perilaku unik. "Inti dari bisnis adalah perilaku". Hal ini berlaku baik bagi konsumen individu maupun business to busiess (B2B). "Cari tahu bagaimana mereka bekerja dan bermain", lalu tanyakanlah kepada diri Anda : "Apakah produk saya membantu cara mereka bekerja dan bermain?".

Jika jawabannya TIDAK, maka besar kemungkinan angel investor akan ragu-ragu menanmkan uangnya.

4. Bangunlah sebuah tim untuk mewujudkan ide produk Anda.
Figur pemimpin yang kuat memang penting dalam mendapatkan pendanaan. Tetapi angel investor pati mengevaluasi apakah tim yang ada mampu mendorong bisnis berkembang atau tidak. Pastikanlah setiap posisi kunci diisi oleh orang yang baik dan kompeten dalam bidangnya.

5. Laksanakan ide Anda secara sempurna.
Hal di atas bukan berarti Anda tidak boleh melakukan keslahan sejak awal. Sukses pada akhirnya bertumpu pada seberapa responsifnya bisnis Anda terhadap perubahan. Investor seringkali tidak mau memanamkan uangnya pada bisnis yang lamban mengantisipasi perubahan di pasar.

Sumber>>
0
1.8K
3
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan