rudy.psikologiAvatar border
TS
rudy.psikologi
Hydrothermal & Geothermal Kompleks Gn.Guntur
berikut ini adalah repost tulisan agan vulcano.hunter dari old kaskus http://old.kaskus.co.id/showthread.php?t=9940432 pada tanggal 01-08-2011

Quote:


oleh: jenggot
untuk: umum & netters


======================
karena isu sekarang yg lagi ramai adalah kebakaran di gunung guntur, biar "eye-catching" jadi saya ikut nyumbang tulisan yg berhubungan. tulisan ini saya buat satu minggu sebelum jalan2 ke gunung guntur beberapa bulan lalu bersama beberapa rekan OANC. mudah2an ada manfaatnya....
======================


dalam perjalanan menuju kota garut (dari bandung), kita biasa dimanjakan dengan suasana pemandangan alam khas gunung2 selatan jawa barat yang berkelompok, tidak terlalu tinggi, berkontur curam, dan memiliki vegetasi yang rapat. tetapi ketika akan memasuki kota garut (di sekitar tarogong), ada sebuah pemandangan yang kontras yang bisa kita lihat pada sebuah gunung yang berwarna coklat kemerahan, dengan sudut tanjakan saya kira memiliki kemiringan >50deg (cukup curam untuk ukuran gunung2 indonesia) dan yang paling eksotis adalah hampir seluruh tubuh gunung ini tidak memiliki vegetasi khas dataran tinggi (jawa barat bagian selatan). gunung ini bernama gunung guntur (di dalam kompleks gunung guntur-masigit-parukuyan-kabuyutan).

Spoiler for foto:


12 tahun yang lalu ketika pertama kali saya menjejakkan kaki di puncak gunung ini, saya berpikir ada yang ganjil dengan geologi gunung ini. tidak terbayangkan ada sebuah gunung tanpa vegetasi di jawa barat! gunung ini bisa saya identikan dengan gunung2 kecil yang berada di utara ijen jawa timur karena kemiripannya, bahkan saya kira kronologis terbentuknya pun sangat mirip. yang lebih unik lagi adalah suhu kawasan puncak gunung guntur ini yg lebih panas dari titik manapun di ketinggian 2200 mdpl di indonesia. sehingga secara umum gunung ini cukup bersahabat dengan pendaki2 tropis (sipil) indonesia yang memang secara rata2 memiliki ketahanan tubuh pada suhu 5 - 15 derajat celcius.

beberapa tahun lalu dalam sebuah kesempatan pemetaan sumber air kompleks gunung ini (mirip seperti Hydrogeological Sub Surface Mapping bersama beberapa rekan, kami berhasil mencapai sumber mata air yg berada di ketinggian 2052 mdpl yang kami lakukan dari sisi utara kompleks gunung ini (daerah ciburial). setelahnya kami ketahui bahwa sumber air di kompleks gunung ini sangat baik (ph nyaris seimbang). saya berpikir bagaimana bisa dari sebuah gunung yg aktivitas vulkaniknya cukup tinggi tetapi memiliki sumber air yg sangat bagus? mekanisme mineralisasi seperti apa yang terjadi dibawa sana? dan banyak pertanyaan2 lain yang sebagian besar tidak terjawab.

di tempat lain seperti gunung salak & gunung arjuna saya kira wajar jika memiliki sumber air yang bagus karena secara vulkanik kedua gunung ini memenuhi syarat2 sebagai reservoir yang baik ditambah vegetasi yg masih terawat baik. setelah dipetakan secara baik & dibantu oleh data2 kantor sebelah, akhirnya saya bisa pastikan bahwa sumber air yg jernih ini bukan berasal dari gunung vulkanik aktif ini, tetapi berasal dari gunung masigit yang berada di arah utaranya. (mirip seperti pemetaan sumber mata air sungai pekalen di jawa timur).

dalam observasi yang sempat saya lakukan beberapa hari khusus di puncak guntur ini dan melakukan survey keliling kawahnya, waktu itu kami menemukan bahwa di tebing sisi selatan puncak gunung ini masih terlihat hembusan solfatara yang cukup masif di beberapa titik. terukur 20 - 40 meter ketinggian hembusannya. mungkin seperti inilah orang2 belanda jaman dulu memutuskan membangun area wisata pemandian cipanas (garut) berada di sisi tenggara gunung ini.

Spoiler for foto:


aya kira dahulu geolog2 belanda telah menemukan potensi hydrothermal & geothermal sekaligus dalam penelitian panjangnya di kompleks gunung guntur dan kamojang di sebelah baratnya. artinya insinyur2 belanda telah secara presisi mengetahui kemana arah potensi hydrothermal dan kemana pula arah potensi geothermalnya. dan terbukti bahwa pemandian cipanas garut (sebagai potensi hydrothermal) dibangun di tenggara gunung guntur ini dan sampai saat ini merupakan salah satu ikon wisata favorit kota garut (selain dodol & kambing tentunya).

dan potensi terbesar dari kompleks gunung berarah Timur - Barat sejauh hampir 30km ini adalah Lapangan Geothermal terbesar di Indonesia (PLTP Kamojang) yang saat ini sudah menghasilkan 140 Mw listrik untuk kebutuhan Jawa Barat. memang terkesan terlalu spekulatif jika saya memasukkan gunung guntur ini sebagai bagian dari geothermal zone, tetapi jika Anda melakukan perjalanan (pendakian) menuju puncak gunung guntur ini, maka saya kira hipotesa bahwa cadangan geothermal terbesar di Indonesia (PLTP Kamojang) mau tidak mau memiliki hubungan historis dengan tumbuh berkembangnya vulkanik gunung guntur. dan kenyataan bahwa tanah di puncak gunung ini yang bersuhu 38 derajat bisa menjadi faktor pendukung bahwa gunung guntur adalah gunung yang unik, eksotis, lain daripada yang lain & ditambah adanya dua sumber air terbaik di selatan jawa barat.

Spoiler for foto:


dua tahun lalu pun ketika saya mengunjungi geothermal field (lahendong) di tomohon sulawesi utara, saya melihat kawasan ini sebagai solusi sumber energi alternatif dgn potensi yang cukup besar tentunya. meski baru beroperasi dengan 3 unit pembangkit dgn total kapasitas 30Mw saja tetapi ini jelas langkah maju yang dilakukan oleh pemerintah provinsi disana.* FYI: tidak seperti PLTN, PLTP bisa difungsikan ganda menjadi pusat pembangkit dan objek wisata. sehingga pembukaan PLTP tidak berhubungan dengan perusakan area wisatanya.

sayang memang potensi sumber energi listrik yang ramah lingkungan (geothermal) ini belum banyak dikembangkan di Indonesia, padahal jika dihitung jumlah sangat banyak & bisa menjadi energi alternatif dikemudian hari. semoga ada suatu masa dimana pemerintah mulai menggali potensi panas bumi (geothermal) sebagai sumber energi alternatif ramah lingkungan. meski hasilnya tidak sebaik & sebanyak PLTN ataupun PLTU, tetapi paling tidak bisa membantu daerah2 di sekitar geothermal zone untuk bisa mandiri dalam strategi pengelolaan energinya.

salam.

-----

ups mod, salah kamar, boleh dipindah ke Outdoor Adventure & Nature Clubs saja? (dikeluarkan dari Catatan Perjalanan OANC)

thanks mod
Diubah oleh rudy.psikologi 29-05-2013 08:09
0
2.5K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan