Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Athlon.X2Avatar border
TS
Athlon.X2
[beda sama mahasiswa sebelah] 2.000 Mahasiswa UNS Bersihkan Kali Pepe
[beda sama mahasiswa sebelah] 2.000 Mahasiswa UNS Bersihkan Kali Pepe
TERIK matahari mulai meninggi sekitar pukul 10.00 WIB, tidak menyurutkan langkah Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo beserta Wakil Walikota Solo Achmad Purnomo dan Rektor Universitas Sebelas Meret (UNS) Prof Ravik Karsidi, menceburkan diri ke Kali Pepe.

Berbekal kantong plastik ukuran sedang dan bertelanjang tangan, mereka memunguti sejumlah sampah plastik yang berserakan di dasar Kali Pepe. Meski hanya membawa perlengkapan minimalis dan tidak mengenakan sepatu boot untuk menghindari lumpur sungai, mereka mantap memunguti sampah hingga sekitar dua kilometer dari lokasi awal.

Kegiatan pembersihan dan penataan bantaran Kali Pepe ini merupakan salah satu rangkaian Dies Natalis ke-37 UNS. Dengan mengerahkan 2.000 mahasiswa yang terdiri dari pecinta alam dan beberapa element organisasi di kampus kegiatan yang berlangsung Jumat (31/5/2013) pagi berlangsung meriah.

“Kami ajak sembilan fakultas untuk ikut mendukung dan terjun langsung dalam kegiatan ini. Dengan adanya bersih Kali Pepe ini kami berharap warga tidak membuang sampah di sungai,” jelas Ketua Panitia Dies Natalis UNS, Bambang Pujiasmanto.

Kegiatan Kali Pepe Bersih bertema Bersih Sungaiku Bersih Jiwa Ragaku tersebut menyasar tujuh kilometer ruas sungai mulai dari Kelurahan Kestalan, Kecamatan Banjarsari hingga Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon. Selain membersihkan dasar sungai, mahasiswa juga diminta memberikan penyuluhan larangan membuang sampah ke sungai kepada warga di sepanjang bantaran Kali Pepe. Seusai kegiatan, pihaknya berencana membentuk kelompok-kelompok penyuluh beranggotakan mahasiswa UNS untuk mensosialisasikan kebersihan sungai kepada masyarakat.

Sementara itu, Rektor UNS, Ravik Karsidi, mengatakan, ingin menjadi bagian pendukung jargon Solo Berseri. Menurutnya, keberadaan sungai yang bersih bisa menjadi pendukung utama potensi pariwisata dan budaya di Kota Solo.

“Branding Solo Berseri harus kita dukung. Pemerintah, akademisi dan mahasiswa yang bergerak Jumat pagi ini semoga bisa menjadi penggerak masyarakat yang lebih luas,” paparnya.

sumber

mending ngadain kegiatan sosial kek gini dari pada demo nggak jelas malah tambah bikin masa depan surem, ini yg namanya peduli
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
3.1K
31
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan