- Beranda
- Komunitas
- Automotive
- Kendaraan Roda 4
Toyota Starlet Owner - Part 1


TS
kunin
Toyota Starlet Owner - Part 1
tips and trik
cara menceper kan starlet
rekomendasi pakelah lowering kit seperti jamex,intrack,apexi dll
bisa dgn menganti per nya aja atau keseluruhan shock..

tidak direkomendasikan untuk memotong atau memanaskan per..
karena faktor keamanan berkendara dan material per tsb

buka klem2 disamping..


setelah dibuka,cuci kaca..
trus ktauan deh reflektor udah belel...

cuci batok,trus tempelin stiker chrome bagian yg belelnya..


klo udah,pasang lagi sesuai urutan..
dan inilah hasilnya...

kondisi lampu mati..
cuma dibantu cahaya dari lampu jalan..

ini kondisi headlamp nyala..

semoga bermanfaat...
Spoiler for ..:
Spoiler for ceper:
cara menceper kan starlet
rekomendasi pakelah lowering kit seperti jamex,intrack,apexi dll
bisa dgn menganti per nya aja atau keseluruhan shock..

tidak direkomendasikan untuk memotong atau memanaskan per..
karena faktor keamanan berkendara dan material per tsb
Spoiler for ceper ala ody:
Quote:
Original Posted By Hot2K►proses pemasangan stopper custom di my blue starlie.





karet bushing yg diperlukan 5 buah. shok depan masing2 1/2 (1 dibelah 2) dan shock belakang masing2 2 buah.
Spoiler for fitting ketinggian minimum ban dan fender:


Spoiler for karet bushing anting per daun katana:

Spoiler for custom stopper terpasang di shock depan dan belakang:


Spoiler for kondisi shock breaker setelah dirangkai:



Spoiler for hasil akhir terpasang di my blue starlie:


karet bushing yg diperlukan 5 buah. shok depan masing2 1/2 (1 dibelah 2) dan shock belakang masing2 2 buah.
Spoiler for membersihkan headlamp starko:

buka klem2 disamping..


setelah dibuka,cuci kaca..
trus ktauan deh reflektor udah belel...

cuci batok,trus tempelin stiker chrome bagian yg belelnya..


klo udah,pasang lagi sesuai urutan..
dan inilah hasilnya...

kondisi lampu mati..
cuma dibantu cahaya dari lampu jalan..

ini kondisi headlamp nyala..

semoga bermanfaat...
Spoiler for diy bikin rebah wiper belakang:
Spoiler for diy menganti plastik doortrim:
Quote:
Original Posted By 5161T►Meski belum selesai 100%, tapi secara umum step by step sudah bisa diluncurkan.... 
Mengapa perlu direstorasi....?
1. Jika sutar sudah pernah dipasang tambahan alarm pintu
2. Pernah pasang audio
3. Cat ulang atau hal-hal lain
Yang bisa menyebabkan plastik di balik door trim dibuka...
Disisi lain umur sutar yang sudah tidak muda lagi, kalau bagian dalam pintu tidak pernah dibersihkan, khawatir saluran buang terhambat tumpukan debu, sehingga bagian dalam pintu akan menampung air hujan (potensi karat dan bakal jadi kayak akuarium....
)
Step 1
Buka Door trim....
Mungkin karena masing-masing sutar beda cara buka-nya (ada yang Power Window dan PE--> Power Engkol.....
) , saya gak bisa explain secara detail....
Secara umum hasilnya seperti ini (SE mode):
tampak kondisi plastik yang terbuka, mungkin saat pasang ulang setelah proses pengecatan kurang rapih....
perhatikan posisi lubang pembuangan, yang nantinya perlu kita jaga kebersihannya supaya aliran air lancar...
ada keterangan lem aspal dan lidah plastik.... itu nanti dijelaskan di step berikutnya....
Lihat efek dari plastik yang sobek
karena musim hujan, plastik yang sobek tidak bisa melindungi dan door trim
bisa menyebabkan door trim yang terbuat dari hard board basah....
bila dibiarkan bisa jadi hancur, berjamur, bau pengap dan lain-lain....
Hitung kancing door trim yang mungkin rusak, beli lagi ke toko onderdil sesuai kebutuhan....
di Starkap Door trim depan ada 13 kancing, door trim belakang ada 9 kancing
Step 2
Buka total plastik lama....
bersihkan Lem Aspal (digambar 2)
Kemudian cuci bagian dalam pintu...
Pastikan air bisa mengalir dengan lancar melalui lubang pembuangan (seperti Gambar 1)
bila perlu gunakan kuas kecil atau sikat gigi bekas untuk membersihkan saluran buang....
kalau hal ini sama sekali belum pernah dilakukan, TSO-er akan terkejut melongok bagian dalam pintu yang sedemikian tebel debunya....
Step 3
Keringkan, terutama di area bekas lem aspal, karena selanjutnya kita akan menempelkan Double Tape 3M di lokasi ex lem aspal
Di sini saya sengaja membagi 3 lebar double tapS E N S O R..
karena selain untuk menghemat
juga double tape yang relatif tidak lebar akan memudahkan arrangement di saat perlu adanya kelokan....
Penempelan sengaja terputus di area yang ditunjukan sebagai tempat Lidah Plastik, dan bagian atas tidak perlu ditempel double tape
Step 4
Siapkan plastik pengganti....
Gunakan door trim sebagai mal/pola pemotongan....
Ingat-ingat posisi lidah plastik, karena di area tsb perlu ditambahkan panjang...

Cemong...!!!

Jangan gangguin dong...!!
Mau tau aja......
Ada baiknya sebelum dipasang plastik pengganti, bagian-bagian yang perlu pelumasan, seperti di area Door Lock, area naik turun kaca/reel diberi Grease atau pelumasan....
Biar sekalian Preventive MaintenancS E N S O R...
Step 5
Tempelkan plastik pengganti....
Mulai dari bagian atas kebawah....
Mestinya ukuran plastik akan lebih besar daripada posisi double tapS E N S O R..
Nantinya diperlukan pengerjaan trimming atau perapian ukuran plastik, disesuaikan dengan jalur double tapS E N S O R..
Nah berikut cara pemotongan/perapian plastik yang disebut "Lidah Plastik"
Nantinya bagian lidah ini dimasukan ke dalam lubang yang agak lebar tersebut, kemudian di treatment (di isolasi) seperti penampakan di gambar 2
Step 6
Dalam kondisi pintu terbuka, kaca tertutup...
Semprot kaca bagian luar, test fungsi dari plastik tersebut....
gak usah disemprot kenceng-kenceng....
Asal air mengalir aja....
Bila masih ada bagian yang bocor, perbaiki
Step 7
Pasang kembali door trim.....
Finish \t\t
Mudah-mudahan berguna dan bisa membantu TSO-er yang mau DIY....
Sambil merawat kondisi door trim yang tentunya gak mudah kalau mau mencari pengganti kalau sudah terlanjur rusak atau hancur kena air hujan atau karena proses pencucian mobil....
*boleh diupdate ke page 1 om TS.....
*

Mengapa perlu direstorasi....?
1. Jika sutar sudah pernah dipasang tambahan alarm pintu
2. Pernah pasang audio
3. Cat ulang atau hal-hal lain
Yang bisa menyebabkan plastik di balik door trim dibuka...
Disisi lain umur sutar yang sudah tidak muda lagi, kalau bagian dalam pintu tidak pernah dibersihkan, khawatir saluran buang terhambat tumpukan debu, sehingga bagian dalam pintu akan menampung air hujan (potensi karat dan bakal jadi kayak akuarium....

Step 1
Buka Door trim....
Mungkin karena masing-masing sutar beda cara buka-nya (ada yang Power Window dan PE--> Power Engkol.....

Secara umum hasilnya seperti ini (SE mode):
Spoiler for pintu belakang terbuka:

tampak kondisi plastik yang terbuka, mungkin saat pasang ulang setelah proses pengecatan kurang rapih....

perhatikan posisi lubang pembuangan, yang nantinya perlu kita jaga kebersihannya supaya aliran air lancar...
Spoiler for pintu depan terbuka:

ada keterangan lem aspal dan lidah plastik.... itu nanti dijelaskan di step berikutnya....
Lihat efek dari plastik yang sobek
Spoiler for doortrim belakang basah:

karena musim hujan, plastik yang sobek tidak bisa melindungi dan door trim
bisa menyebabkan door trim yang terbuat dari hard board basah....
bila dibiarkan bisa jadi hancur, berjamur, bau pengap dan lain-lain....
Hitung kancing door trim yang mungkin rusak, beli lagi ke toko onderdil sesuai kebutuhan....
di Starkap Door trim depan ada 13 kancing, door trim belakang ada 9 kancing
Step 2
Buka total plastik lama....
bersihkan Lem Aspal (digambar 2)
Kemudian cuci bagian dalam pintu...
Pastikan air bisa mengalir dengan lancar melalui lubang pembuangan (seperti Gambar 1)
Spoiler for cuci:

bila perlu gunakan kuas kecil atau sikat gigi bekas untuk membersihkan saluran buang....
kalau hal ini sama sekali belum pernah dilakukan, TSO-er akan terkejut melongok bagian dalam pintu yang sedemikian tebel debunya....

Step 3
Keringkan, terutama di area bekas lem aspal, karena selanjutnya kita akan menempelkan Double Tape 3M di lokasi ex lem aspal
Di sini saya sengaja membagi 3 lebar double tapS E N S O R..
karena selain untuk menghemat

Penempelan sengaja terputus di area yang ditunjukan sebagai tempat Lidah Plastik, dan bagian atas tidak perlu ditempel double tape
Spoiler for 3M:

Step 4
Siapkan plastik pengganti....
Gunakan door trim sebagai mal/pola pemotongan....
Ingat-ingat posisi lidah plastik, karena di area tsb perlu ditambahkan panjang...
Spoiler for pola:

Cemong...!!!


Jangan gangguin dong...!!
Mau tau aja......

Ada baiknya sebelum dipasang plastik pengganti, bagian-bagian yang perlu pelumasan, seperti di area Door Lock, area naik turun kaca/reel diberi Grease atau pelumasan....
Biar sekalian Preventive MaintenancS E N S O R...

Step 5
Tempelkan plastik pengganti....
Mulai dari bagian atas kebawah....
Mestinya ukuran plastik akan lebih besar daripada posisi double tapS E N S O R..
Nantinya diperlukan pengerjaan trimming atau perapian ukuran plastik, disesuaikan dengan jalur double tapS E N S O R..
Nah berikut cara pemotongan/perapian plastik yang disebut "Lidah Plastik"
Spoiler for lidah:

Nantinya bagian lidah ini dimasukan ke dalam lubang yang agak lebar tersebut, kemudian di treatment (di isolasi) seperti penampakan di gambar 2
Step 6
Dalam kondisi pintu terbuka, kaca tertutup...
Semprot kaca bagian luar, test fungsi dari plastik tersebut....
gak usah disemprot kenceng-kenceng....
Asal air mengalir aja....
Bila masih ada bagian yang bocor, perbaiki
Step 7
Pasang kembali door trim.....
Finish \t\t

Mudah-mudahan berguna dan bisa membantu TSO-er yang mau DIY....
Sambil merawat kondisi door trim yang tentunya gak mudah kalau mau mencari pengganti kalau sudah terlanjur rusak atau hancur kena air hujan atau karena proses pencucian mobil....
*boleh diupdate ke page 1 om TS.....

0
18.6K
Kutip
43
Balasan
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan