TetrakillAvatar border
TS
Tetrakill
Fenomena Silent Reader
Langsung aja ya gan

Ane perhatiin di banyak trit banyak sekali silent reader
Jadi ane tertarik mengamati

singkat cerita, sebelumnya ane punya beberapa thread yang sebelumnya "damai-damai aja", artinya, viewnya udah buanyakk banget, tapi komengnya sedikit banget.
Kemudian ane search beberapa forum dan thread yang khusus membahas masalah ini.

Ternyata, banyak banget gan yang udah bahas, bahkan ada pengakuan dari beberapa silent reader tentang alasan-alasan mereka.
nah, di tengah-tengah browsing itu, tiba-tiba ane dapat bata, entah dari mana (ane ngga tau gimana ngeceknya). Bersamaan dengan bata itu, ada komengnya juga (ane ga sebutin komennya, karena sensitif banget).

setelah komengnya ane baca, ane resapi, hayati, dan ngecek thread yang ane bikin, barulah ane ngeh kalo ternyata "donatur" bata itu sama sekali ngga peduli isi trit ane, nggak komeng, dan menurut ane keliatan banget kalo ngasih batanya karena iseng & mungkin karena ngerasa "mampu" kasih bata.

Jadi, "donatur" ini adalah Silent Reader juga, tapi bukannya mengemukakan pendapat dan berdiskusi, tapi langsung lempar, terus kabur.
Akhirnya ane berpikir "Apakah mental bangsa ini sudah sedemikian parah, sehingga lebih suka 'lempar batu sembunyi tangan'? atau sudah sedemikian egoisnyakah orang-orang Indonesia sampai-sampai bersikap seperti "hantu", masuk tanpa permisi, pergi pun langsung ngeloyor?"

So, kemudian ane buka semua trit yang ane pernah bikin, terus ane tambahin kata-kata Menjadi Silent Reader berarti anda tidak menghargai hasil karya orang lain.

wah, langsung heboh gan.
berkat kalimat sebaris itu, beberapa silent reader akhirnya komeng juga, beberapa ada yang baik, beberapa ada yang emosi (kenapa juga emosi ya?)
Berkat kalimat itu juga, koleksi bata ane bertambah banyak. emoticon-Ngakak

yah, padahal maksudnya cuma pengen membangkitkan rasa menghargai pada TS, karena usahanya bikin trit, biarpun misalnya copas, bikin sendiri, atau tritnya ngga jelas. Ya udahlah, paling nggak ane bisa "kenalan" dengan beberapa agan yang katanya SR.

BTW, di antara itu, ada "donatur" yang bilang gini "silent reader ga ngehargain orang? lu tau ga yang bikin kaskus sering overload? banyak sampah"

Sayangnya, "donatur" itu begitu ngebetnya ngabur habis "lempar batu", sehingga bukannya menggunakan metode intelektual seperti diskusi, debat, dst, malah nggak ninggalin "kartu nama" sama sekali.

OK deh, menurut pendapat ane sih kalau mau menyalahkan seseorang, persalahkanlah orang yang salah. Ini pendapat ane

Kalau masalahnya ada di "junker", salahin aja junkers. Bikin trit yang membahas masalah ini, lapor ke momod atau mimin supaya diban, dst dst.

Kalau mau lebih jauh lagi, lebih baik salahin Kaskus aja, minta investasi server yang lebih gede, atau nambah server baru. Kan Kaskus udah jadi komunitas Indonesia terbesar? mestinya infrastrukturnya juga harus mendukung dong.

Atau minta momod & mimin ngeban orang2 yang ngepost dagangan di trit orang, (gambarnya gede-gede dan banyak lagi), karena udah ada forum FJB di kaskus.


Menurut ane, dengan cara cara di atas, agan-agan akan melatih proses berpikir, sehingga ke depannya ane harapin bisa membantu negara kita, karena SDMnya mau berpikir, bukan pemalas.

Nah, sekian trit ane. Trit yang seadanya ini ane bikin tanpa paksaan dari pihak siapapun.
Silahkan agan pilih sendiri, mau jadi kaskuser yang seperti apa. Silent readerkah ? junker kah? atau yang lain ?

Peace gan.

Edit :
Wah, ga nyangka, sejak "berdiri"nya trit ini banyak banget yang komeng, termasuk dari grup SR, JK, maupun OOTers.

Rupanya banyak yang langsung memberikan cap buat ane sebagai "pembenci SR" yah, wkwkwk.
apapun itu, ane bersyukur karena minimal agan agan sekalian telah menyediakan waktu, tenaga, pikiran, perasaan, emosi, de el el yang mungkin ente habiskan untuk menanggapi thread ane yang dianggap "ga jelas", "ga mutu", atau yang lain (agan isi sendiri lah). Tapi dengan demikian, agan-agan sekalian telah memulai proses "berpikir dan mengemukakan pendapat".

Balik lagi, pilihan ada di agan agan sendiri, mau jadi kaskuser yang seperti apa. Silent readerkah ? junker kah? atau yang lain ?

Semoga bangsa kita dibebaskan

Salam
Diubah oleh Tetrakill 31-05-2013 03:49
0
8.1K
131
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan