0ralucuAvatar border
TS
0ralucu
[HT] Warga Sidoarjo Sulap Eceng Gondok Jadi Bensin





Rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) membuat rakyat kecil ketar-ketir untuk bisa membelinya. Meski begitu, kenaikan tersebut juga memicu kreativitas lain.

Seperti yang dilakukan Bambang Permadi warga Desa Sumo Kali Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Dia pun melakukan terobosan dengan membuat bahan bakar jenis bensin dari bahan eceng gondok. Temuannya ini bisa dia manfaatkan sebagai pengganti bahan bakar bensin untuk motor lawasnya.

Tanaman yang biasa tumbuh di sungai itu dijadikan sesuatu hal yang bermanfaat buat semua orang. Berbekal dari ketelitian serta pengalaman di dunia mekanik, ia berhasil menemukan suatu gas bakar yang fungsinya sama seperti bensin.

"Saya mulanya berfikir bagai mana caranya bisa memfungsikan tanaman yang biasa menumpuk bersama sampah dan sering dikeluhkan warga bisa bermanfaat," tuturnya, Kamis (16/05/2013).

Bersama dibantu empat temannya, akhirnya Bambang bisa menemukan Bioetanol dari bahan eceng gondok dengan cara difermentasikan terlebih dahulu.

Bambang menjelaskan, cara pembuatannya, pertama tanaman itu dijemur sampai kering, kemudian dicampur dengan ragi tape serta dicampur roti bekas yang sudah berjamur. Semua bahan tersebut diaduk-aduk rata lalu dimasak sampai mendidih.

"Setelah mendidih uapnya disuling hingga menghasilkan suatu cairan. Nah cairan tersebut bisa digunakan sebagai pengganti bensin," papar dia.

Dijelaskan Bambang, perbandingan jarak tempuh bila digunakan di dalam tangki kendaraan antara bensin dengan bahan buatnya ini, jarak tempuhnya hampir sama yaitu satu liter Biotanol dengan jarak tempuh 50 kilo meter.

Bahkan bisa lebih irit karena Bioetanol ini semakin pemanasan pembuatan semakin tinggi. Penyulingan yang dihasilkan juga bagus. "Bioetanol yang dihasilkan lebih jernih dan bagus serta tidak menghasilkan polusi alias bersih lingkungan," jelas Bambang. [isa/but]

Quote:


bangsa indonesia itu benar benar bangsa yg tahan gempuran...
apapun bisa dimanfaatkan untuk menahan gempuran....emoticon-thumbsup


Quote:
Diubah oleh 0ralucu 25-05-2013 16:59
0
15K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan