fariz.a7xAvatar border
TS
fariz.a7x
TARIAN PLANET 10 TAHUNAN ! "THE DANCE OF THE PLANETS"
Tidak salah bila kita mengatakan bahwa bulan Mei 2013 adalah bulan yang istimewa bagi dunia keastronomian. Betapa tidak, dalam jangka waktu satu bulan selain kita dapat menyaksikan peristiwa gerhana, masih ditambah lagi dengan satu fenomena langka yang hanya terjadi sekali dalam 10 tahun yaitu The Dance of The Planets. Setelah gerhana matahari sebagian pada 9 Mei 2013 lalu, penampakan planet-planet yang bersinar menyaingi terang bulan di angkasa sungguh merupakan pemandangan yang sayang untuk dilewatkan.

Mulai 24 Mei 2013 hingga 30 Mei 2013, kita akan dapat menyaksikan momen dimana 3 planet yaitu Venus, Jupiter dan Merkurius berada dalam posisi berdekatan yang berubah setiap harinya. Fenomena ini dapat kita saksikan di angkasa tepat setelah matahari terbenam. Istilah “The Dance of The Planets” digunakan ilmuwan astronomi untuk menamai fenomena ini dikarenakan perubahan posisi antar planet setiap harinya menyerupai sebuah tarian.

Menyikapi fenomena langka ini, Taman Pintar Yogyakarta sebagai wahana ekspresi, apresiasi dan kreasi sains di Kota Yogyakarta dengan Observatoriumnya, menyediakan fasilitas pengamatan berupa teleskop khusus yang dapat dengan jelas menangkap fenomena ini. Tidak hanya itu, Taman Pintar pun menyediakan lokasi pengamatan yang cukup strategis yaitu atap bangunan Gedung Oval. Masyarakat umum dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk melakukan pengamatan bersama dengan Taman Pintar Astro Club dan Jogja Astro Club pada hari Jumat, 24 Mei 2013 malam di Taman Pintar mulai pk 17.30 WIB. Karena tempat terbatas, peminat dipersilahkan untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu di bagian Layanan Informasi Taman Pintar pada hari dan jam kerja.

Pemberian fasilitas dan lokasi pengamatan ini dimaksudkan untuk memberikan stimulasi bagi generasi muda Kota Yogyakarta untuk semakin mencintai ilmu astronomi, yang kemudian diharapkan akan dapat mendorong perkembangan dunia astronomi di Kota Yogyakarta. Informasi mengenai berbagai fenomena benda langit yang terjadi sepanjang tahun 2013 pun dapat diakses masyarakat di Zona Astronomi Taman Pintar, tepatnya pada papan pengumuman di samping Observatorium, area Playground Taman Pintar.



SUMBER
terimakasih gan. minta emoticon-Blue Guy Cendol (L) sama emoticon-Rate 5 Star emoticon-Big Grin
0
1.1K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan