Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Kira12Avatar border
TS
Kira12
Inovasi Spektakuler: Lampu Hias Plus Plus
Inovasi Spektakuler: Lampu Hias Plus Plus
Oleh Ariz Kian dan Viona
Departemen Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia

Do you feel that your room is too humid? Wanna keep your room free from pollution and high humidity? Wanna get your room keep clean everyday?

Use this guys.... LAMPU HIAS PLUS PLUS

Check this out to know about it deeper!

Kamar tidur terutama kos-kosan mahasiswa sering kali cepat lembab dan kotor sehingga tidak dapat lagi menikmati kenyamanan ruang kamar tidur dan menghasilkan kualitas udara yang tidak bersih. Kualitas udara dalam ruang sangat mempengaruhi kesehatan manusia, karena hampir 90% hidup manusia berada dalam ruangan (Susana, D. et al.,1998). Studi dari United State Environtal Protection Agency (US EPA) mengatakan bahwa manusia memiliki peluang terpapar polusi di dalam ruang sebesar dua sampai lima kali lebih tinggi dibandingkan dengan polusi di luar ruangan. Sementara itu, udara yang lembab bisa menjadi tempat favorit jamur untuk berkembang biak. Hal ini bisa berakibat kurang baik terhadap kesehatan manusia yang berada di dalamnya. Tak hanya kesehatan yang terganggu, perabotan yang ada di dalam rumah juga akan mudah rusak. Maka dari itu, diperlukan alat untuk mengurangi kelembaban udara (dehumidifier) dan polutan udara (pollutant degradator).

Terdapat beberapa jenis alat dalam mengurangi kelembaban udara dan polutan dalam ruangan yang terpisah. Permasalahan degradasi polutan organik telah mulai ditangani dengan menggunakan teknologi fotokatalis sedangkan permasalahan kelembaban udara diselesaikan dengan alat yang berbahan absorben penyerap air.

Lampu hias plus plus menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Produk kami menggunakan katalis immobilized TiO2 – silica gel yang dapat diaplikasikan untuk purifikasi udara dan dehumidifikasi. Katalis tersebut kemudian ditaruh ke dalam sebuah prototipe lampu hias yang telah didesain. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat dihasilkan sebuah lampu hias yang memiliki kemampuan untuk mendegradasi polutan dan mengurangi kelembaban di dalam ruangan serta harganya yang cukup bersaing.

Seperti apa disain dan prinsip kerja Lampu Hias Plus Plus?

http://kkcdn-static.kaskus.co.id/ima...0523075304.png

Lampu hias plus plus berbentuk menyerupai balok, dengan kerangka kayu dan dilapisi dengan kain. Pada kerangka kayu, dipasang lampu UV sebagai sumber foton. Pada bagian bawah, dipasang kasa yang berfungsi sebagai peyangga silika gel. Dimensi prototipe ditentukan dari luas permukaan yang diperlukan untuk menampung katalis. Untuk menampung 100 g adsorben, diperlukan luas permukaan wadah sebesar 230 cm2. Jumlah tingkatan lampu yang akan dibuat sebanyak 5 tingkat. Jumlah tingkat ini diambil berdasarkan pertimbangkan ketinggian. Prototipe yang akan dibuat merupakan prototipe dengan dimensi yang cukup besar, sehingga dibuat bersusun ke atas sebanyak 7 tingkat. Maka, setiap tingkat harus memiliki luas sebesar 887 cm2. Pada desain prototipe ini akan diambil dimensi panjang 30 cm dengan lebar 30 cm.

Lalu hasilnya?
Uji Kelembaban
Silika gel memiliki kemampuan absorsi air sebanyak 2.5 g per 10 g katalis. Untuk itu, penelitian ini mengamati perubahan volume air yang terjadi. Silika gel yang tidak dilapisi TiO2 dapat mengurangi volume air sebesar 2 mL, sedangkan silika gel yang dilapisi TiO2 dapat mengurangi volume air sebesar 2.5 mL. Hal ini menunjukkan bahwa silika gel yang telah dibuat menjadi katalis immobilized TiO2 – silica gel tidak kehilangan kemampuan untuk mengadsorb, bahkan kemampuan yang dimiliki menjadi bertambah.

Uji Degradasi Polutan
Pengujian menggunakan asap rokok dilakukan selama delapan menit. Waktu yang diambil merupakan waktu yang singkat. Hal ini disebabkan oleh pengujian ini bertujuan untuk menunjukkan seberapa cepat respon yang diberikan oleh katalis. Setelah delapan menit, terlihat adanya perbedaan dengan kondisi akhir. Setelah delapan menit, proses degradasi berlangsung, terlihat adanya perubahan pada kotak uji yaitu kotak uji dapat menembus sedikit ke belakang kotak (terlihat garis-garis lantai).

Jadi, Lampu Hias Plus Plus adalah solusi bagi permasalahan ruang interior Anda karena kandungan polutan VOC yang ada di ruangan dapat terdegradasi dan kandungan air di udara dalam ruangan dapat berkurang sehingga tidak menimbulkan jamur dan tidak membahayakan kesehatan Anda.
Diubah oleh Kira12 23-05-2013 14:09
0
2.5K
7
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan