Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kaev21Avatar border
TS
kaev21
Menjawab Masalah Kaca Bangunan dengan Kaca Smart-Display Fotokrom-Fotokatalis
Pernahkah Anda melihat kaca smart display (biasanya kaca mata) yang bisa berubah warna ketika terkena sinar matahari dan menjadi bening kembali ketika di dalam ruang? Itulah material fotokromis yang dapat berubah warna ketika menerima sinar tertentu. Perubahan warna ini terjadi karena sifat material tersebut. Sekarang, kaca smart display ini, bisa dibuat tanpa harus menggunakan material khusus tertentu. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi fotkrom- fotokatalis yang sedang dikembangkan. Selain itu yang lebih menakjubkan, dengan menggunakan teknologi fotokatalis ini, kaca memiliki 3 fungsi sekaligus yang mampu mengubah warna sendiri, membersihkan diri sendiri, dan anti embun. Dengan satu teknologi, 3 masalah utnuk kaca dapat teratasi. Oleh karena itu, kaca ini penulis namakan kaca Smart Display Fotokrom-Fotokatalis, Swa Bersih dan Anti-Embun


Smart Display
Fotokatalis adalah material yang dapat membantu terjadinya reaksi dengan adanya energi cahaya. Biasanya energi cahaya yang dibutuhkan adalah sinar UV yang terkandung di dalam sinar matahari. Dengan penambahan perak (Ag) atau logam lain ke lapisan fotokatalis ini, dapat membuat perubahan warna seperti pada material-material fotokrom.
Kaca smart display dapat dibuat hanya dengan melapisi kaca biasa dengan lapisan fotokatalisis dan Ag atau logam lain. Dengan adanya smart display ini, kita tidak perlu merasa takut untuk memasang jendela pada ruangan yang terpapar cahaya matahari sore karena ketika disinari sinar UV, warna kaca jendela tersebut akan berubah menjadi gelap. Hal ini menyebabkan intesitas cahaya matahari yang masuk akan berkurang. Ketika cuaca menjadi mendung atau tidak terlalu terik, warnanya akan kembali menjadi bening. Perubahan warna ini bisa adanya mekanisme reaksi oksidasi-reduksi pada lapisan fotokatalis-Ag. Karena reaksi yang terjadi bulak-balik atau reversible, maka lapisan ini akan bertahan lama.

Swa-Bersih
Fungsi lain yang sangat menarik dari teknologi ini adalah swa bersih. Kaca smart display ini dapat membersihkan diri sendiri dengan adanya lapisan tipis air dari fotokatalis yang terbentuk di permukaan kaca. Bila terdapat kotoran yang menempel, kotoran ini akan menempel di lapisan air dan akan dengan mudahnya terbawa ketika hujan yang turun membasahi kaca tersebut. Fungsi ini sngat bermanfaat. Terutama untuk jendela pada gedung-gedung tinggi yang sulit untuk dibersihkan.
Lapisan fotokatalis ini juga mampu mendegradasi polutan disekitarnya. Ketika lapisan fotokatalis disinari sinar UV, terjadi reaksi perubahan molekul air dan oksigen menjadi molekul-molekul yang dapat membunuh kuman dan mendegradasi polutan. Molekul yang terbentuk ini sama dengan molekul yang dihasilkan oleh teknologi pembersih ruangan. Sehingga dengan kata lain, selain membersihkan dirinyasendiri, kaca smart display ini mampu membantu membersihkan udara disekitarnya.

Anti Embun
Tidak hanya dua fungsi itu saja, kaca ini masih memiliki kelebihan lain yaitu anti embun . Sifat hidrofilik lapisan kaca ini menyebabkan tetesna air yang menempel di permukaan kaca tidak dalam bentuk droplet. Sehingga dengan menggunakan kaca ini masalah kaca yang berembun di pagi hari dapat teratasi.


Pengembangan
Dari hasil penelitian mini yang penulis lakukan, ketiga fungsi tersebut bisa dibuktikan. Perbandingan antara kaca tanpa dan dengan lapisan fotokatalis-Ag ketika disinari sinar UV menunjukkan perbedaan yang jelas
Selain itu, uji anti embun juga menunjukkan hasil yang sangat terlihat jelas. Pengujian dilakukan dengan menyemprotkan air ke kaca yang dibandingkan pada posisi vertikal.
Dengan terbuktinya sifat anti embun, juga membuktikan sifat swa bersih karena keduanya sama-sama memanfatkan sifat suka air lapisan kaca.

Hingga saat ini, teknologi ini fotokrom-fotokatalis ini masih dikembangkan oleh para peneliti dunia. Perubahan warna yang terjadi masih memerlukan waktu yang lama bila dibandingkan dengan material fotokrom. Namun demikian, dpaat dilihat bahwa teknologi sangat menjanjikan dan dapat membantu mengatasi masalah kaca jendela di perumahan. Aplikasi lainnya antara lain adalah untuk memori optik,

Semoga bermanfaat
Menjawab Masalah Kaca Bangunan dengan Kaca Smart-Display Fotokrom-Fotokatalis
0
2.2K
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan