Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kortikalAvatar border
TS
kortikal
RI Punya Cadangan Emas `Raksasa` yang Lebih Besar dari Freeport
Cadangan mineral seperti emas dan tembaga di perbatasan Indonesia-Papua Nugini, yang jauh lebih besar dari yang ada di tambang PT Freeport Indonesia. Namun, sayang cadangan tersebut tidak bisa dieksplorasi karena terkendala infrastruktur.

"Cadangan di Freeport itu kan 2,5 miliar, di perbatasan itu lebih dari itu. Tapi kita baru indikasi karena baru eksplorasi. Eksplorasi itukan indikasi, dari struktur geologi potensial," kata Direktur Jenderal Mineral Batu Bara (Minerba) Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Thamrin Sihite, Selasa (21/5/2013).

Untuk itu, infrastruktur jalan harus dibangun jika pemerintah ingin melakukan pengembangan mineral di daerah perbatasan Indonesia-Papua Nugini. Minimnya infrasktruktur menyulitkan alat-alat berat kegiatan eksplorasi mengakses lokasi yang berpotensi kandungan mineral.

"Di Irian yang terkendala infrastruktur. Contohlah Freeport dulu eksplorasinya itu pakai helikopter. Jadi selama infrastruktur kita belum ada di sana jadi susah, soalnya tambang itu mengangkut alat beratnya susah itu," kata dia.

Dia mencontohkan, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) tengah melakukan eksplorasi emas dan tembaga di perbatasan. Namun, pengembangan tersebut masih terkendala akses jalan yang tidak memadai.

"Di perbatasan itu ada eksplorasi, namun masih terkendala infrastruktur, yaitu jalan," jelas Thamrin. (Pew/Ndw)
sumber
Betapa kayanya Indonesia iniemoticon-I Love Indonesia (S)
Ga usah ngajak asing mampu nggak yaemoticon-Bingung (S)
Diubah oleh kortikal 22-05-2013 01:00
0
14.4K
189
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan