sirockrockAvatar border
TS
sirockrock
ETIKA MENGGUNAKAN LAMPU DIM / LAMPU JAUH PADA KENDARAAN
MOHON MAAF BUAT MOMOD, PLIS TRIT INI JANGAN DI CLOSE. BIAR PADA SADAR DAN TAU SERTA PAHAM


SEBELUMNYA SAYA MINTA MAAF KALO REPOST

Spoiler for no repost:


BERAWAL DARI APA YANG SELAMA INI ANE AMATI GAN

ETIKA MENGGUNAKAN LAMPU DIM / LAMPU JAUH PADA KENDARAAN





Menggunakan lampu yang benderang saat mengemudikan mobil di malam hari sungguh menyenangkan. Apalagi bila sedang memanfaatkan lampu jauh (beam), bentangan jalanan di depan mata terasa nyata hingga detailnya.
Tetapi, tidak demikian bagi kendaraan yang hendak berpapasan dengan kita. Akibat nyala benderang, silau pun bakal menyergap pengemudi dari arah berlawanan itu. Demikian pula yang kita alami bila pengemudi dari arah berlawanan melakukan hal serupa. Selain sangat menyiksa, kondisi ini sangat membahayakan, karena bisa saja kecelakaan tak dapat dihindari.
Arah sorotan lampu dekat membentuk sudut yang mengarah ke jalan. Sedangkan lampu jauh menyorot ke depan sejajar dengan jalanan sehingga dampaknya adalah silau bagi orang lain. Orang lain tidak hanya berarti pejalan kaki, namun juga pengguna kendaraan. Menyilaukan bagi lawan arah: tidak hanya bagi pengendara kendaraan bermotor lain, tetapi juga pejalan kaki. Menyilaukan bagi pengendara di depan, karena sorotan lampu jauh itu sangat menyilaukan di spion. Tentu mengganggu pengelihatan. Efek dari silau ini adalah kecelakaan.

Lalu bagaimana bila menghadapi mobil dengan lampu menyilaukan menuju arah kita. Berikut sejumlah etika bermain lampu saat mengemudi di malam hari. Cara-cara ini wajib dijalankan, khususnya saat melakukan perjalanan malam dengan kondisi lalulintas amat padat.

1. Jika berpapasan dengan mobil yang memakai lampu jauh (beam) cepat beri kode agar mobil lawan segera mengganti dengan lampu pendek (dim), dengan cara memberi kedipan lampu jauh. Bila kegiatan ini tak ditanggapi, kurangi kecepatan mobil dan pastikan jarak aman saat berpapasan.

2. Hindari menggunakan lampu jauh pada saat bersamaan dengan mobil yang datang dari arah berlawanan. Pantulan balik akibat benturan antarpartikel cahaya berpeluang besar menciptakan kecelakaan.

3. Anda boleh saja menggunakan lampu jauh bila keadaan jalan di depan sepi dari kendaraan lain, baik yang searah maupun berlawanan arah.

4. Bila bermaksud mendahului kendaraan di depan, sebaiknya memberikan kode dengan sorot lampu jauh dalam waktu sekejap, diikuti dengan menyalakan lampu sign kanan. Penggunaan lampu jauh dalam waktu lama saat hendak mendahului sangat tidak disarankan. Sebab, pantulan cahaya pada seluruh kaca spion akan menyilaukan pengemudi yang akhirnya dapat membahayakan keamanan kedua mobil yang saling mendahului tersebut.

5. Bila menemui pengemudi yang membuntuti terus menyalakan lampu jauh, jangan kemudian menekuk spion mobil anda. Ini bahaya karena keadaan di belakang mobil justru tidak dapat terpantau. Beri peringatan mobil di belakang itu dengan cara sesekali menginjak rem tanpa harus mengurangi kecepatan. Bila tanda itu tak dihiraukan, berarti pengemudi di belakang kurang beradab. Geserkan sedikit posisi mobil anda ke kiri lalu nyalakan sign kiri, biarkan mobil tersebut mendahului. bid

Manfaat dari mematikan lampu jauh, antara lain:
1. Sopan terhadap orang lain.
2. Meminimalisir kecelakaan.
3. Mengurangi polusi cahaya.
4. Terhindar dari umpatan orang lain.
Itu baru 4, belum lagi manfaat lainnya jika masih ada.

Namun bila pembaca tetap bersikeras untuk menggunakan lampu jauh, tolong: matikanlah setiap ada orang lain di depan atau dari lawan Anda.

Semoga kepolisian lebih memperhatikan hal kecil yang bermanfaat seperti ini. Dan bagi Anda yang membaca tulisan ini, mohon disebarkan untuk kepentingan bersama. Kita masih mau dikenal sebagai negara yang menjunjung tinggi toleransi, bukan?

SUMBER
Republika


UPDATE GAN..!!!!!!!!!!!!!!!!!


KINI STOP LAMP AMA HEAD LAMP SAMA TERANG.

BUKANNYA GA MODAL GAN, ANE CARI CONTOH YANG GAMPANG AJA. CONTOH DAN TULISAN DARI AGAN metalbalbut

Head lamp dirancang sebenarnya untuk penerangan jalan sepeda motor ketika malam hari, dikala jalanan gelap gulita maka head lamp/ lampu utama ini ibarat nyawa bagi keselamatan biker . Walaupun sekarang ada perintah untuk meng AHO kan lampu utama . . dengan alasan safety ( tapi tak juga tuh . emoticon-Malu (S) : masih ada juga yang kecelakaan, intinya ada pada diri sendiri yang taat akan aturan )
umumnya lampu utama atau head lamp memiliki bola yang memiliki warna kuning . dan memang kuning lebih terang dibandingkan dengan warna lainnya
Tapi tetap saja ada biker alay yang melenceng dari aturan tersebut, lampu belakangnya motornya pun dimodif jadi berwarna bening . . alhasil silau untuk dilihat dan ‘sangat’ mengganggu pandangan biker yang berada di belakang, apalagi pas si alay melakukan pengereman . . wah, pandangan jadi tambah terganggu !!
dan tak jarang jalan berlubang besar dan dalam pun tak sengaja terlindas akibat dari pandangan yang terganggu silauan lampu belakang yang bening tersebut .

bisa dilihat dari gambar, betapa silaunya cahaya yang dihasilkan dari lampu rem motor si alay ini !!
dan ini ketika si alay melakukan pengereman

sangat mengganggu pandangan !!
rasa sesak di dada ketika melihat sepeda motor yang seperti ini, mungkin batu, kunci, pemukul bola kasti bisa jadi jawaban untuk lampu rem motor para alay tersebut !! :evil:

dan ini merupakan penghargaan saya untuk para alay biker yang seperti ini . .
JARI TENG*H !!! ANJ*NG !!!!
mana OTAK kau !!

ggrrrrr,
sedikit lega .
dan akan lebih lega lagi pas kalimat di atas ter utarakn langsung ke muka kalian yang membuat bening stop lamp .

(Azul)

THANKS TO AGAN AZUL DARI SUMBER TULISAN


emoticon-I Love Kaskus= YES emoticon-I Love Indonesia = YES emoticon-Blue Guy Cendol (L) = YES emoticon-Blue Guy Bata (L) = NO
jangan lupa di rate ya
Diubah oleh sirockrock 21-02-2014 16:59
0
43.8K
193
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan