Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lucasJrAvatar border
TS
lucasJr
Pengalaman Ujian Saeingan Masuk PTN
Bentar lagi kan mau ada test masuk perguruan tinggi negeri atau kita lebih kenal dengan SMPTN. Ane mau berbagi tentang pengalaman ane tentang ujian perguruan tinggi negeri, semoga ini bisa dapat jadi motivasi bagi agan-sista lainnya. Ok ane mulai aja ceritanya!

Ane lulus SMA angkatan 2010, tentu nya ane pengen ngelanjutin study ke universitas terutama PTN. Pada tahun 2010 sistem penerimaan mahasiswa baru untuk PTN tidak seperti sekarang, pada jaman ane semua PTN diberi kebebasan untuk membuat ujian saringan masuk mahasiswa baru sendiri-sendiri, dan dengan kuota kira-kira 50-60% kursi yang tersedia, sedangkan buat SMPTN hanya sekitar dr kursi yg tersedia. Tentunya hal ini menjadi suatu kesempatan baik bagi ane buat ikutan test. Ane dari jurusan IPA dan ane pengen lanjut ambil jurusan teknik sipil.

Setiap ujian saringan masuk PTN ada formulir yang harus diisikan yaitu formulir kesanggupan membayar semacam uang pangkal yang nominalnya bisa kita pilih (ato dapat ditulis sendiri sesuai kemampuan) setiap ane ujian ane selalu pilih yang paling minimal, maklum kondisi ekonomi keluarga ane emang kurang bagus. Ortu ane harus ngebiayain 3 orang anak yang ketiga-tiganya kuliah semua, jadi tentu ane juga mesti tau diri.

Ok ane ikut test pertama, saringan masuk UGM,


dan hasilnya GAGAL LOLOS!

Ok ane ikut test kedua, saringan masuk UNDIP


dan hasilnya GAGAL LOLOS!


Ok ane ikut test ketiga, saringan masuk UI


dan hasilnya GAGAL LOLOS juga!

Ane sebenarnya pengen ikut ujian masuk ITB, tapi ane ga sanggup ngeliat uang pangkalnya dipatok 55Jt dan baru biaya pendaftaran aja hampir 700rb kalo ga salah (tahun 2010 loh ya)

Ane tentu sempet putus asa dalam pikiran, apa karena ane ga punya duit (sumbangannya kurang banyak)?? Padahal temen2 ane yang laen bisa keterima. Ane bingung dan sering bertanya dalam hati apa yang salah dengan ane? Kesempatan terakhir ane Cuma tinggal SMPTN yg tinggal sisa kuota 10-15% kemungkinannya lebih kecil dan ujiannya seluruh Indonesia pula. Tapi ane sadar dan akhirnya berpasrah saja pada Tuhan, Tuhan lebih tau apa yg lebih baik untuk ane, apa yang Tuhan rencanakan pastilah yang terbaik bagi ane. Ane tabah dan tetep mempersiapkan buat SMPTN. Pilihan 1 ane pilih teknik sipil ITB dan pilihan 2 teknik sipil UNDIP .Ada satu guru SMA ane berkata “Suatu saat nanti ulat pun akan berubah menjadi Kupu-Kupu” dan ane cukup termotivasi dengan kata2 beliau. Ok ane ikut SMPTN dan menunggu hasil pengumuman:

Dan Hasil nya ANE LULUS PILIHAN 1 GAN!!!!

Ane bener2 seneng dan sujud syukur, momen itu ga pernah ane lupain. Moga aja ni bisa jadi motivasi buat yang lain juga. Faktor ekonomi bukan alasan buat agan-sista menempuh pendidikan tinggi. Asal ada motivasi dan semangat serta doa semua akan TERCAPAI, layaknya ane yang telah menjadi kupu-kupu. Sekian. Thanks! emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Diubah oleh lucasJr 29-03-2013 23:28
0
3.2K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan