Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

joes313Avatar border
TS
joes313
oh ternyata..........
pagi agan&sista

ane mau share dikit nih.......

agan tau kan ini gambar apa?emoticon-Bingung (S)



iya gan bener pikiran agan, ini kunang2..emoticon-Matabelo

Telah lama sekali ane tidak melihat kunang-kunang sampai-sampai ane tidak ingat kapan terakhir kali melihatnya.emoticon-Sorry Kunang-kunang yang juga dikenal sebagai ‘firefly‘ atau ‘glowworm’ merupakan hewan yang unik,

Besarnya seperti lalat tapi mengeluarkan cahaya berkelip-kelip dari perutnya. Biasanya mulai terlihat di sore hari menjelang gelap.

Ingatan ane melayang saat ane pernah tinggal di gading mangu perak jombang jawa timur. ane memang pernah tinggal di sana karena harus nyantren di sana.emoticon-Maaf Agan letaknya yg di kelilingin sawah membuat hawa disana segar dan sejuk.



pesantren ane dikelilingi oleh sawah yg luas, setiap sore di lapangan pesantren yang luas dengan hamparan rumput hijau, emoticon-Salaman kawan-kawan sekitar bahkan dari kampung sebelah biasa datang dan bermain dengan ane. Ane masih ingat wajah kawan2 ane gan, anak-anak itu. emoticon-Kiss

Ada yang sepantaran dengan ane karena kita satu sekolahan ada juga yang lebih muda yang diajak teman-temannya yang lain yang satu kampung.

Mereka memang bukan tipe anak-anak kota jaman sekarang yang necis dan wangi, emoticon-Cool bahkan seringkali mereka telanjang dada. Namun ane suka dengan mereka, penuh energi, polos dan ceria.

Permainanpun selalu digelar, macam-macam, semua boleh ikut. Salah satunya yang paling sering dimainkan adalah ‘gobak sodor’ (orang Inggris bilang ‘go back to the door’)

yaitu permainan yang dimainkan di atas petak segi empat memanjang dengan beberapa kolom di dalamnya, jumlah kolom tergantung pemain.

Setiap kolom punya penjaga yang berdiri tepat di garis batas, tugasnya menjaga supaya pihak lawan tidak bisa masuk maupun keluar dari dalam kolom tersebut. Sementara pihak lawan harus berusaha memasuki semua kolom dan keluar dengan selamat tanpa kena sentuh tangan sang penjaga.

Benar-benar menarik dan penuh energi permainan ini karena kita harus cekatan, ‘tricky’ dan sabar menanti saat yang tepat dimana penjaga lengah.

Permainan yang lain misalnya, ‘boy’, ‘patangan’, ‘eglang’, ’suda manda’, ‘gundu’, dan banyak lagi. Ane sudah mulai lupa nama-nama permainannya.

Begitulah hari-hari kecil ane yang diisi dengan bermain. Acara bermain biasanya usai sebelum maghrib.

Nah menjelang maghrib itulah biasanya sang kunang-kunang bermunculan dan terbang kesana kemari dari balik daun-daun pohon padi. ane biasanya suka mengejar-ngejar kunang-kunang itu, ‘trus’ setelah tertangkap dimasukkan ke plastik untuk jadi mainan bahkan ane sering ngasih lem di badannya trus di temelin ke kening ane, serasa kaya orang india. Duh, malang benar nasib kunang-kunang yang dibuat mainan, tapi biasanya ’sih’ dilepas lagi sama ane kl masih hidup tuh kunang2, tp kl dah maut ane kubur gan kasian.

Rindu rasanya ingin melihat kunang-kunang, dimana ya ane bisa melihatmu lagi? Sepertinya hanya di tempat-tempat tertentu saja kunang-kunang masih bisa kita jumpai dan tentu tidak di daerah perkotaan atau pemukiman yang kini makin mendominasi.

Semoga masih banyak anak-anak jaman sekarang yang masih bisa menikmati indahnya kunang-kunang.

i miss u firefly... emoticon-Matabelo emoticon-Kiss emoticon-Sorry
0
3.1K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan