CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
[Hot & Non-sara]10 MISKONSEPSI MASYARAKAT BARAT TENTANG ISLAM [+gambar]
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5190cabd631243b43a000001/hot-amp-non-sara10-miskonsepsi-masyarakat-barat-tentang-islam-gambar

[Hot & Non-sara]10 MISKONSEPSI MASYARAKAT BARAT TENTANG ISLAM [+gambar]

Maaf kalau therad ane ada yang menyinggung agan-agan sekalian. Ane cuma berbagi info saja
Sebelum baca thread ini, ada baiknya ente-ente sekalian mengunjungi sumber artikel ini di sini
Sumbernya bahasa inggris gan, disusun oleh JAMIE FRATER. Artikelnya ane terjemahin sendiri dan ane pernah posting di Old Kaskus. Mohon untuk kritikan terejamahan ane yang masih belum sempurna. Dan tolong juga dikoreksi
Dan dijamin no repost gan, ane udah search sendiri. Buktinya:
Spoiler for No Repost:

Langsung aja gan, cekibroooot

Dalam tulisan jurnalis dan penulis Swiss, Roger Du Pasquier "Dunia barat, baik kristen maupun non kristen, sebenarnya tidak terlalu paham mengenai Islam. Bahkan sejak mereka tel menonton perkembangan dunia terkini di TV, tidak sedikit orang kristen di barat yang tidak pernah berhenti menghina dan memfitnahnya hanya untuk menjadikan pembenaran untuk ajang perdebatan kepada islam. Citra yang jelek sudah tertanam dan membekas terus di kebanyakan pikiran orang-orang eropa. Hingga sekarang, banyak orang barat yang mengkonsepkan islam sebagai tiga hal: Fanatisme, Fatalisme dan poligami. Dan tentu saja, hal-hal tersebut tertanam di pikiran mereka dan menjadikan mereka berpikir bahwa islam merupakan agama yang cacat; Juga masih ada segelintir orang yang tahu bahwa kata islam tidak lain berarti "pengabdian kepada tuhan". Salah satu contoh kesalahpahaman masyarakat barat akan islam yang menjadi pemikiran umum kebanyakan eropa ialah, Allah hanya tuhan bagi kaum muslim, bukan bagi kaum kristen maupun yahudi; banyak orang yang kaget mendengarnya, dan berusaha untuk menyelesaikan masalah pemahaman mereka. "Allah" berarti "Tuhan", bahkan Orang arab yang kristen tahu bahwa tidak nama lain yang mencitrakan tuhan selain dari kata "Allah".

10. UMAT MUSLIM ADALAH ORANG ARAB
Miskonsepsi: Semua muslim adalah orang arab
Spoiler for Gambar:

Citra umum seorang muslim ialah Orang arab berkulit hitam dan berjanggut panjang. Padahal citra ini merupakan citra untuk muslim minoritas. Orang Arab hanya menyumbang 15% dari populasi muslim di dunia. Faktanya, asia tenggara-lah yang paling banyak menyumbang populasi yaitu sebesar 69% dan yang kedua ialah Afrika sebanyak 27%. Miskonsepsi lainnya ialah, orang arab itu sudah pasti beragama islam, padahal persentasi muslim arab sebanyak 75%. Sisanya terdiri dari berbagai agama termasuk yahudi dan kristen.

9. MUSLIM DAN YESUS (ISA)
Miskonsepsi: Kaum Muslim membenci Yesus (Isa)
Spoiler for Gambar:

Ada banyak persamaan sejarah dalam agama islam dan kristen. Banyak orang yang takjub dalam menemukan kepercayaan kaum muslim, Yesus (Isa) merupakan salah satu nabi kaum muslim. Seseorang tidak akan disebut muslim jika tidak mempercayai kelahiran tanpa ayah dan keajaiban nabi isa. Isa juga banyak dijelaskan dalam banyak versi di dalam Al Qur'an yang mana definisikan sebagai seorang yang saleh dan berkarakter baik. Gambar di atas ialah lukisan nabi isa yang menjadi nabi penghakiman di akhir jaman.

8. HAK ANAK
Miskonsepsi: Anak-anak tidak mempunyai hak
Spoiler for Gambar:

Anak, dalam hukum islam, mempunyai banyak hak. Salah satu haknya ialah hak untuk dirawat, dibesarkan, dan dididik. Islam mendorong orang tua untuk membesarkan anaknya menjadi seseorang yang baik. Ketika memberikan hadiah finansial kepada banyak anak, tidak ada perbedaan pemberian untuk tiap anak. Anak diizinkan menikmati harta kekayaan orangtuanya secara wajar serta diharuskan untuk menahan dirinya jika orangtuanya itu mengalami kemiskinan. Islam sangat melarang seorang anak untuk memukul orang tuanya biarpun hanya dengan sebatang pensil.

7. INTOLERANSI BERAGAMA
Miskonsepsi: Islam tidak toleran terhadap agama lain
Spoiler for Gambar:

"Bunuh orang kafir" adalah frasa yang dipercayai oleh banyak orang bahwa itulah ideologi muslim terhadap non muslim. Penggambaran ini tidak benar dalam hukum islam. Islam memberikan respek dan kebebasan untuk orang non muslim dalam memilih agama sesuai dengan keyakinannya. Salah satu contohnya ialah kalifah umar yang memerintah Yerusalem pada tahun 634 sampai 644. Umar memberikan kebebasan dan keamanan untuk semua komunitas agama dalam beribadah. Umar bahkan membuat halaman berkumpul untuk para komunitas-komunitas itu. Ketika umar mau mengunjungi tempat-tempat suci kristen, dia selalu meminta izin kepada pemimpin keagamaaan kristen, Sophronius (gambar di atas) untuk menemaninya.

6. JIHAD ISLAM
Miskonsepsi: Jihad berarti pertempuran fisik atas nama tuhan
Spoiler for Gambar:

Konteks bahasa arab kata jihad ialah "perjuangan". Dalam artian islam mengartikan jihad sebagai "perjuangan atas nama tuhan". Banyak jenis dari jihad ini, tapi yang paling penting ialah Jihad al-nafs (jihad dalam diri), jihad bil-lisan (jihad melalui ucapan), jihad bin yad (jihan melalui aksi), dan jihad bin saif (jihad melalui pedang). Setiap jihad mempunyai tingkatan berbeda. Yang paling penting dalam jihad ialah seorang muslim seharusnya bisa berjuang melawan nafsu dalam dirinya sendiri daripada jihad peperangan. Miskonsepsi lain ialah seseorang yang menjadi bom bunuh diri. Meninggal sewaktu naik haji di mekah, meninggal sewaktu melahirkan atau meninggal sewaktu perjalanan ke mesjid lebih baik daripada meninggal karena menjadi seorang bom bunuh diri.

5. PERNIKAHAN DINI
Miskonsepsi: Nabi Muhammad adalah seorang pedofil
Spoiler for Gambar:

Itu benar kalau Nabi Muhammad menikahi seorang gadis berumur 9 tahun tapi tidak bisa dikatakan ia seorang pedofil. Dalam sejarah, pada umur segitulah wanita sudah mengalami pubertas dan siap untuk dinikahi. Ini juga diperkuat dalam injil, dan masih digunakan sampai sekarang sebagai batas umur dalam pernikahan pada sebagian besar wilayah di dunia. Wanita yang dinikahinya sudah melewati masa pubertas tiga tahun sebelum pernikahan. Selama sudah mengalami masa pubertas, pria maupun wanita, secara sah bertanggung jawab terhadap perbuatannya dalam hukum islam. Dalam poin ini, mereka diperbolehkan untuk membuat keputusannya sendiri dan bertanggung jawab atas pilihan hidupnya. Dalam islam juga, sangat melarang seseorang memaksa wanita untuk dinikahi jika wanita itu belum mau untuk menikah. Tidak ada indikasi kritisi dalam kemasyarakatan pada saat itu karena menikahi wanita muda. Yang juga ditentang ialah, pernikahan yang terjadi karena paksaan keluarga wanita dan atas ijin dari komunitas besar saat itu.

Lanjut Di halaman 7 Gan...

WOW! Makasih agan-agan yang memberikan ane cendol
Spoiler for Cendols:


Beberapa tanggapan kaskuser tentang thread ini bisa dilihat di Post ke 7
Diubah oleh Dragonity
Halaman 1 dari 9
its ane PERTAMAK
kalo menurut ane, miskonsepsi ttg islam di dunia barat udh engga terlalu gan.. ane taunya dari beberapa kenalan ane yg bule dan dari beberapa kali chatt sama org2 dari belahan dunia barat, mereka rata2 udh pada kritis soal miskonsepsi ini. Mereka2 udh pada rajin cari info buat dapet pengetahuan tentang keadaan yg sebenernya (cmiiw)
Diubah oleh musang perak
di tunggu apdetanya gan emoticon-Big Grin
menarik sekali tread agan...emoticon-Toast
mari kita perbaiki citra islam di dunia
Lanjutan artikel di atas....

4. KEBRUTALAN MUSLIM
Miskonsepsi: Muslim sangat brutal, kejam dan barbar selama perang
Spoiler for Gambar:

Jutru kebalikannya. Selama perang, prajurit muslim harus mematuhi sepuluh peraturan sebagai berikut:
1. Tidak boleh melakukan pengkhianatan
2. Tidak boleh menyimpang dari arah kanan
3. Tidak boleh memutilasi mayat
4. Tidak boleh membunuh anak-anak
5. Tidak boleh membunuh wanita
6. Tidak boleh membunuh manula
7. Tidak boleh membunuh binatang dan membakar pohon
8. Tidak boleh menghancurkan bangunan
9. Tidak boleh menyentuh persediaan pangan musuh, kecuali kalian membutuhkannya untuk persediaan panganmu
10. Ketika kalian melewati orang yang mengabdikan dirinya pada rumah ibadah, jangan sentuh dia. CUkup tinggalkan saja

Sewaktu Saladin mengalahkan kaum Frank dalam perang salib, Saladin menghormati kaum frank dengan mensuplai makanan. Dan selama perang salib tahun ketiga ketika lawan saladin, Raja Richard sakit. Saladin mengrimkannya buah-buahan dan beberapa kuda.

3. Hak Wanita
Miskonsepsi: Wanita tidak punya hak
Spoiler for Gambar:

Citra wanita yang mengenakan penutup dari ujung rambut sampai jempol kaki ialah wanita yang tidak diperlakukan adil atau seorang wanita yang tidak diperbolehkan untuk berkendara/berjalan-jalan. Citra ini sudah begitu familiar di dalam pikiran aktifis yang memperjuangkan kesetaraan gender dalam islam. Dan banyak negara muslim di dunia yang mengimplementasikan peraturan keras berpakaian seperti ini pada wanita, tapi sebenarnya dalam hukum islam tidak dipaksakan seperti itu. Banyak negara-negara lain yang punyai kebudayaan berbeda yang mempelajari islam. Citra ini hanya mencakup wanita sebelum islam, di mana wanita pada saat itu hanya digunakan sebagai perzinahan dan adanya praktisi pembunuhan bayi perempuan yang pada saat itu tidak bisa dikontrol. Ketika islam lahir, banyak ayat Al Qur'an yang mengutuk praktisi membunuh bayi khususnya bayi perempuan (termasuk menggugurkan). Islam mengembalikan hak asasi tiap wanita dan Nabi Muhammad bersabda "Wanita ada tulang rusuk pria". Seorang wanita muslim diperbolehkan menolak dan menerima lamaran pernikahan dan punya hak untuk minta diceraikan. Tidak ada dalam islam yang melarang wanita untuk keluar dari rumahnya atau berkendara. Dalam aspek pendidikan, wanita diwajibkan untuk belajar ilmu pengetahuan dan dikenai dosa jika tidak belajar.

2. DENGAN PEDANG
Miskonsepsi: Agama Islam disebar dengan mengangkat pedang
Spoiler for Gambar:

Sejarahwan De Lacey O'Leary berkata "Sejarah akan membuatnya jelas, legenda yang mengatakan kalau kaum muslim fanatik mengelilingi dunia hanya untuk memaksa orang menganut islam dengan cara mengangkat pedangnya adalah mitos yang tidak masuk akal dan tidak pernah sekalipun sejarahwan membuktikannya bahkan membicarakannya". Tidak ada satupun bukti sejarah yang menunjukkan bahwa orang-orang dipaksa dengan pedang untuk masuk islam. Islam berkembang di Spanyol, Maroko, India dan Cina karena kelompok kecil yang mendedikasikan dirinya untuk menyebar islam. Dan mereka merubah keyakinannya berdasarkan kemauannya sendiri dan tanpa paksaan. Yang paling menarik, sewaktu mongol menyerang sebagian wilayah kerajaan islam, mongol berhasil menghancurkannya, akan tetapi agama islam diadopsi dari wilayah negara yang dihancurkannya itu.

1. TERORISME ISLAM
Miskonsepsi: Muslim adalah teroris
Spoiler for Gambar:

Inilah miskonsepsi yang paling besar dalam islam, memberikan stereotip yang tidak adil dan sayangnya dipublikasi dalam berbagai media. Sebuah kelompok masyarakat yang menyerang kelompok lain cuma dijuluki "Kriminal jahat", tapi jika seorang muslim menembak seseorang maka dia akan dikatakan teroris. Banyak diktator politik dan grup ekstremis terkenal yang menggunakan nama Islam sebagai strategi untuk mendapatkan pengikut padahal praktisinya berlawanan dengan dasar islam. Media menggambarkan islam sebagai kultus atau sebagai klub yang jika anda bergabung maka anda dikatakan sebagai teroris dan menjadi bagian di dalamnya. Akan tetapi, kebanyakan masyarakat yang menganut islam dalam konteks sebenarnya menggunakan Islam hanya untuk petunjuk jalan hidupnya. Begitu banyak ayat dalam Al Qur'an yang berlawanan dengan terorisme. Salah satu ayat "Perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kalian, tetapi janganlah kalian melampaui batas, karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas". Ini bisa diartikan bahwa jangan berperang kecuali untuk mempertahankan diri dan jangan melakukan lebih jauh dari pertahanan. Tidak ada dalam islam, baik dalam Al Qur'an maupun hadist yang mengajarkan untuk membunuh manusia tak berdosa. Gambar di atas ialah konferensi muslim yang melawan terorisme.


MOGA INI INFO BERMANFAAT UNTUK AGAN-AGAN SEKALIAN. MOHON MAAF BILA ADA KESALAHAN.

KALO BERKENAN DENGAN THREAD INI, BISALAH MENGISI KULKAS ANE DENGAN CENDOL. KALO TIDAK BERKENAN, MOHON JANGAN ANE DIBERI BATA

Beberapa tanggapan kaskuser tentang thread ini emoticon-Smilie
Spoiler for Tanggapan-Tanggapan:
Diubah oleh Dragonity
waduh semuanya parah lah emoticon-Matabelo nice thread bro
kenapa bisa terjadi seperti itu?jgn bilang konspirasi zionis emoticon-Cool
atas ane lajuuuu ....emoticon-Ngakak
yah... begitulah gan. namanya juga hidup pasti ada prokontra.a... perbedaan pandangan pasti ada jg... jdi yah nda perlu repot" menanggapi. yg penting kita lakuin ajh yg trbaikemoticon-Malu (S)emoticon-Maaf Aganwatiemoticon-Maaf Agan
korban searching di google. sekarang udah jarang tuh orang barat pada berpikiran begitu, silahkan anda pergi sendiri kesanana. banyak kok orang islam di belahan bumi bagian barat. emoticon-Ngakak
Diubah oleh freezeornot
nice share gan, ditunggu apdetannya..
Quote:

emoticon-Ngakak

Quote:

Belum tentu gan. Coba ente jalan2 di situs2 meme. Kalo ada yang posting gambar yang ada hubungannya islam atau arab, mereka (orang barat) kebanyakan mengaitkan postingan itu dengan terorisme.

Quote:

Udah gan

Quote:

Makasih gan

Quote:

Mari... emoticon-Ngakak
betulll semua
nice trit gan. ijin nyimak ya.
kenapa bisa terjadi seperti itu?jgn bilang konspirasi zionis emoticon-Cool
bagus nih trit. patut di emoticon-thumbsup ane kasih deh emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Quote:

Makasih gan

Quote:

Bukan gan, teori konspirasi priamida, segitiga, segi empat, simbol mata satu, simbol mata sepuluh, simbol cap kaki tiga, dan lain-lain emoticon-Sorry

Quote:

Artikel ini tidak menanggapi miskonsepsi. Cuma memberikan informasi tentang miskonsepsi di dunia barat emoticon-Smilie

Quote:

Siapa bilang? Justru makin banyak lah. Islam di negara2 timur aja banyak tantangannya, apalagi di negara-negara barat.

Quote:

Maksudnya? emoticon-Takut
kebanyakan non muslim terutama orang asing seperti amerika beranggapan begitu sih gan emoticon-Matabelo
Quote:

WOW MAKSIH GAN! emoticon-Matabelo
emoticon-Belo layak jadi ht nih emoticon-thumbsup
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di