Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cow.shakeAvatar border
TS
cow.shake
|Pantas Aja Sering Blunder| Yusuf Supendi: PKS Tak Paham Aturan
Yusuf Supendi Katakan PKS Tak Paham Aturan
Senin, 13 Mei 2013 12:08 wib
Fiddy Anggriawan - Okezone



JAKARTA - Kegagalan semua bakal calon legislatif (Bacaleg) dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dalam verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) diduga kuat, kerena tidak memahami aturan perundang-undangan.

Dugaan itu, dilontarkan salah satu pendiri PKS, Yusuf Supendi, saat bertandang ke Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri, Jakarta, Senin (13/5/2013).

"Mungkin teman-teman paham, bahwa Bacaleg 492 dari PKS itu ditolak 100 persen. Menurut sumber yang dapat dipercaya, penyebabnya adalah tidak melengkapi keterangan sehat rohani," jelas Yusuf kepada wartawan.

Padahal, lanjut Yusuf dalam Undang-undang Pemilu pasal 51 ayat 1 di situ, sehat jasmani dan rohani. Kemudian ayat ke 2 dijelaskan surat keterangan sehat rohani dan jasmani.

"Dalam UU itu kan ada kata dan-nya berarti harus keduanya. Ini sebagai bukti teman-teman di PKS tidak memahami UU dengan baik," pungkas politisi yang kini bergabung dengan Hanura itu.

Sebelumnya, KPU menyatakan ada tiga partai yang Bacalegnya dianggap tidak memenuhi syarat. Tiga partai itu adalah PKS, PPP dan PKPI. Namun, KPU masih memberikan toleransi kepada ketiganya untuk memenuhi persyaratan hingga 22 Mei 2013.

Code:
http://news.okezone.com/read/2013/05/13/339/806032/yusuf-supendi-katakan-pks-tak-paham-aturan



Bacaleg PKS Terganjal Surat Kesehatan Rohani dan Legalisasi Ijazah
Laporan: Andhini
Selasa, 07 Mei 2013 | 14:41 WIB



Metrotvnews.com, Jakarta: Tidak lengkapnya data bakal calon legislatif (bacaleg) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) terganjal syarat surat kesehatan rohani. Selain itu, ijazah 560 bacaleg yang belum dilegalisasi.

"Di kami ada diskusi tentang surat kesehatan rohani. Kemungkinan belum terpenuhi. Kemarin masih diperdebatkan di KPU, masuk persyaratan atau tidak," kata Sekjen DPP PKS M Taufik Ridho, Selasa (7/5).

Menurut Taufik, PKS baru melaksanakan tes kesehatan jasmani. Psikotest membutuhkan waktu yang lama. Di KPU sendiri itu juga masih dibicarakan.

"Kami sudah konsultasi ada persyaratan pokok dan formulir yang harus diisi. Itu sudah firm semua. Tinggal ijazah harus dilegalisasi," jelasnya.

Kekurangan PKS itu demi mengejar acara Milad PKS pada April 2013. PKS hanya ingin menyerahkan daftar caleg sementara duluan agar dapat fokus pada acara tersebut.

"Bukan logikanya karena ada acara milad. Acara kami banyak, artinya harus membagi dan fokus," tegasnya.

Bagaimana bacaleg yang menolak dicalonkan? Taufik menjelaskan itu akibat bacaleg PKS ditunjuk, bukan mendaftarkan diri. "Ada yang keberatan. Ini juga bagian dinamika pencalegan," pungkasnya.

Code:
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/05/07/1/151813/Bacaleg-PKS-Terganjal-Surat-Kesehatan-Rohani-dan-Legalisasi-Ijazah



Semua Bakal Caleg PKS Terganjal Surat Kesehatan Rohani
Penulis : Sabrina Asril | Selasa, 7 Mei 2013 | 15:05 WIB



JAKARTA, KOMPAS.com — Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi satu dari tiga partai politik yang semua bakal calegnya tak memenuhi persyaratan. Sekretaris Jenderal PKS Taufik Ridho menduga gagalnya semua bakal caleg PKS lolos dalam verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) karena tak menyertakan surat kesehatan rohani.

"Kemarin itu diskusi tentang surat kesehatan rohani perlu atau tidak. Di KPU juga belum final pembahasan ini. Akhirnya kami memasukkan tanpa menyertakan surat ini dulu. Mungkin ini penyebabnya," ujar Taufik saat dihubungi, Selasa (7/5/2013).

Taufik mengatakan, untuk mendapatkan surat kesehatan rohani diperlukan waktu cukup lama karena harus atas rekomendasi psikolog. Sementara, Taufik mengatakan, saat itu partainya berpacu dengan waktu untuk menyerahkan daftar caleg sementara (DCS) ke KPU.PKS merupakan partai pertama yang menyerahkan DCS. PKS menyerahkannya beberapa hari sebelum tenggat waktu penyerahan DCS berakhir.

"Kami saat itu ingin cepat-cepat karena harus ada banyak acara seperti milad dan konsolidasi di Turki. Akhirnya, sengaja kami duluan," kata dia.


Pada saat mengumpulkan berkas ke KPU, Taufik mengaku masih ada beberapa bakal caleg yang belum menyerahkan legalisasi ijazah. Oleh karena itu, Taufik memastikan, di sisa masa perbaikan yang berakhir tanggal 22 Mei mendatang, PKS bisa memperbaiki DCS tersebut.

Tiga partai politik


Komisi Pemilihan Umum menyatakan, ada tiga partai politik yang semua bakal calon anggota legislatif Dewan Perwakilan Rakyat-nya tidak memenuhi syarat. Tiga parpol itu yakni Partai Keadilan Sejahtera, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Hal itu terungkap dalam pengumuman hasil verifikasi 12 parpol peserta Pemilu 2014 oleh KPU di Hotel Sahid, Jakarta, Selasa (7/5/2013).

Pengumuman itu dihadiri perwakilan dari 12 parpol. Hasil verifikasi diumumkan Ketua KPU Husni Kamil Manik. Disebutkan, dari semua data bakal caleg dari PKS, sebanyak 492 orang tidak ada yang memenuhi syarat. Begitu pula PPP yaitu sebanyak 467 orang dan PKPI sebanyak 330 orang.

Husni mengatakan, banyak alasan data bakal caleg tidak dapat diterima. Contohnya, adanya bakal caleg ganda seperti terdaftar di dua parpol, di dua daerah pemilihan, atau di dua lembaga perwakilan. Ada pula kekurangan administrasi seperti fotokopi ijazah, foto, fotokopi KTP, fotokopi kartu tanda anggota parpol, dan syarat administrasi lain. KPU memberi waktu kepada semua parpol untuk memperbaiki kekurangan mulai 9-22 Mei 2013 pukul 16.00 WIB.

Code:
http://nasional.kompas.com/read/2013/05/07/15053993/Semua.Bakal.Caleg.PKS.Terganjal.Surat.Kesehatan.Rohani


emoticon-NgakakGak heran deh, kemarin aja blunder gara2 menghalangi KPK, apalagi dlm mengurus bacaleg-nya. Gak jauh beda sama keyboard militant PKS yg suka langgar aturan BP tp dibiarin.
Diubah oleh cow.shake 13-05-2013 09:21
0
2.4K
25
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan