7blueskyAvatar border
TS
7bluesky
Abraham: Lembaga Pemasyarakatan Tak Bikin Koruptor Jera
Abraham: Lembaga Pemasyarakatan Tak Bikin Koruptor Jera



Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad berbicara dalam seminar Anti Korupsi Aceh bertema Membangun Generasi Bersih, Bermoralitas dan Intelektual di Kampus Unmuha, Banda Aceh, Selasa (23/4/2013). Abraham Samad mengimbau Pemerintah Aceh menyetop alokasi dana untuk aspirasi yang mencapai miliaran rupiah per anggota dewan karena dinilai rawan korupsi. SERAMBI INDONESIA/M ANSHAR



TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad mengkritik sistem pengamanan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) yang tidak memberikan efek jera terhadap para koruptor. Bahkan, hingga kini ada kabar bahwa ada tahanan koruptor yang bebas keluar masuk LP.

Abraham menuturkan, hal itu menjadi alasan lembaga pemberantasan korupsi itu membuat sel khusus bagi tahanan koruptor di Rutan Guntur dan basement gedung KPK.

"Rutan masih ada praktik korupsi. Aparat di dalam (rutan) bisa dibayar. Maka KPK buat rutan di basement dan Guntur," kata Abraham dalam 'Seminar Peranan Penegak Hukum dan Institusi Terkait Dalam Perlindungan dan Pengembalian Aset-aset Negara yang Dikuasai Pihak Lain Secara Melawan Hukum' di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (9/5/2013).

Abraham mengatakan, dia sering mendengar ada aparat dan petugas LP yang bisa dibeli sehingga memudahkan seorang koruptor melenggang keluar masuk sel tahanan.

"Tahanan pulang, keluar sel malam-malam (setelah apel sore). Setelah shubuh mereka ada lagi, sampai sore. Sama seperti mereka pergi ke kantor. Tidak ada jera di koruptor, ini praktik koruptor kelas wahid," ujarnya.

Untuk itu, KPK kini mulai menerapkan ketetapan UU Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan perbuatan memiskinkan koruptor sehingga dapat menambah efek jera nantinya.

"Pasal pencucian uang, buat mereka tidak punya lagi kekuatan finansial karena jika masih punya, maka dia bisa beli aparat penegak hukum," pungkasnya.

Sumber

komeng ts: kalo menurut ane sih emang yang namanya koruptor jangan dimasukkin ke lapas, diluar jadi bos, didalam lapas jadi anak mami, jadi percuma aja.
Mendingan "sampah" ini dibuang aja ke pulau terluar indonesia biar jadi penghuni disana.., itung2 buat penyebaran penduduk
emoticon-Ngakak
0
2.2K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan