rhinocerus07Avatar border
TS
rhinocerus07
3 Penyebab UN Kacau
JAKARTA - Banyak pihak melakukan investigasi terkait kekacauan pada ujian nasional (UN) tingkat SMA/sederajat tahun ini. Hasil awal investigasi yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sendiri mengindikasikan ada tiga penyebab kacaunya UN SMA/sederajat 2013.

Menurut Inspektur Jenderal Kemendikbud Haryono Umar, hasil awal investigasi ini adalah terkait siapa yang terlibat dalam kekacauan UN. Sementara itu, investigasi tentang tender percetakan UN masih belum rampung.

"Ada tiga penyebab permasalahan penyelenggaraan UN, yaitu dari Kemendikbud, pengawasan, dan percetakan," kata Haryono, dalam konferensi pers tentang Keabsahan UN 2013, di Ruang DSS, Gedung A lantai 2 Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Senin (29/4/2013).

Masalah lainnya, ujar mantan pemimpin Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) itu, ada pada penyelenggaraan. Selain itu, investigasi yang dilakukan tim beranggotakan lima orang ini juga menemukan perlunya perbaikan manajemen terkait kredibilitas UN dan kurikulum 2013.

"Hasil investigasi akan diumumkan dua minggu ke depan. Pertanyaannya adalah, penyebabnya dari ketiga pihak itu bagaimana, yang berkaitan dengan sanksi dan dengan fakta-fakta," imbuhnya.





Tolong di komeng ya gan emoticon-Cool
Beri cendol gan
Jangan dikasih bata gan
0
979
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan