Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yangbelumadaAvatar border
TS
yangbelumada
Banyak yang belum tau dasyat-nya Pulau Sumba - NTT!!
Sumba adalah sebuah pulau terpencil, berada di bagian paling selatan peta Indonesia, menghadap Samudera Hindia. Walau bisa terpencil namun ternyata kaya dengan ragam budaya berupa tradisi warisan leluhur bernilai tinggi seperti ritual pasola yang diselenggarakan setiap Februari dan Maret. Ritual ini terdiri dari dua kubu, semua pria menunggang kuda dengan lembing di tangan. Mereka berhadap-hadapan, melarikan kuda sekencang-kencangnya sambil berlemparan lembing.







emoticon-Matabelo
Sumba selain terkenal dengan pasolanya, juga panoramanya alamnya sangat eksotis: sudut-sudut pulaunya indah mempesona, rumah adat, megalit tua usia ratusan tahun, pantai-pantainya berpasir putih, laut biru bening bagaikan rumah kediaman yang luas, padang sabana yang ‘garang’ dihiasi kuda liar Sandlewood.



emoticon-Matabelo
Pertama kali mendengar Sumba saya pikir pulau ini ada pulau yang kering dan tidak menyenangkan. Memang sumber air sulit didapatkan dibanyak tempat akibat sangat dalam-nya sumber air, sehingga banyak masyarakat pelosok yang harus menimba air berkilo-kilo meter. Beberapa organisasi swasta sudah memberikan bantuan dibeberapa titik untuk membuatkan sumber air. Namun memang kondisi masyarakatnya, khususnya di pelosok-pelosok masih sangat menyedihkan.







Namun berbeda dengan kondisi masyarakatnya, sumba memiliki alam yang begitu spektakuler dan eksotis, terutama pantai dan perkampungan adatnya. Beberapa titik pantai juga sudah dikelola dan dijadikan resort oleh orang luar negeri dan memang pasarnya adalah wisatawan asing.

Sayang sekali keindahan sumba belum banyak diketahui masyarakat Indonesia. Padahal apabila pariwisata-nya berkembang maka penduduknya juga akan lebih sejahtera.

Beberapa object Wisata yang menurut ane kece beud:

- Danau Weekuri
- Tanjung Karoso
- Padang Savana Lamboya
- Pantai Marosi
- Kampung adat & Pantai Ratenggaro
- Air terjun Lapopu
- Padang Savana Sumba Timur
- Waikelo Sawah
- Pantai Mananga Aba
- Kampung Adat Prai Ijing
- Dan masih banyak lagi.

Jadi buat agan2 yg demen traveling mencari pojokan-pojokan eksotis di Indonesia, Sumba bisa dijadikan alternatif perjalanan agan!

emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S)



emoticon-Kiss
0
13.7K
26
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan