bagmakerAvatar border
TS
bagmaker
Marcus Cicero, salah satu Orator terbesar Romawi
Solus populi suprema lex est (keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi)

Agan-agan semua yang pernah nonton Indonesia Lawyer Club tentunya pernah dengar kalo Bang Karni beberapa kali pernah kasih quote yang diatas yang berasal dari Cicero kan? Nah ane jadi penasaran siapa sih Cicero itu sebenarnya. Akhirnya ane gugling deh cari informasi. Ternyata doi merupakan salah satu orator terbaik yang pernah dimiliki oleh Bangsa Romawi. Berikut biography dari Marcus Tullius Cicero yang berhasil ane rangkum dari beberapa sumber.



Terlahir pada tanggal 3 Januari 106 SM dengan nama Marcus Tullius Cicero, beliau merupakan seorang filosofis, pengacara, orator, political theorist dan constitutionalist. Cicero lahir di kota Arpinum, 100 km di sebelah tenggara Roma. Ayahnya merupakan seorang anggota ksatria Romawi dan ibunya merupakan seorang Ibu rumah tangga. Cicero memiliki seorang saudara laki-laki bernama Quintus. Dikarenakan dirinya merupakan seorang anak yang berasal dari keluarga Ksatri, maka Cicero tidak bisa menikmati kehidupan public dan sebagai gantinya dia habiskan waktunya dengan belajar.

Pada jamannya, seseorang dikatakan beradab jika bisa menggunakan dua bahasa, Latin dan Yunani. Karena itu, Cicero selain mempelajari bahasa Latin, juga mempelajari sejarah, poetry dan filosofi dari Yunani. Menurut Plutarch (Sejarahwan Yunani), Cicero merupakan seorang murid yang sangat berbakat. Cicero memiliki dua sahabat sepanjang hidupnya yang juga merupakan teman pada saat dia belajar pada Quintus Mucius Scaevola, yaitu Servius Sulpicius Rufus dan Titus Pomponius(Yang kemudian dikenal dengan nama Atticus).


Cicero muda sedang belajar

Cicero memulai karirnya sebagai pengacara antara tahun 83-81 SM. Kasus besar pertama (yang catatannya masih tercatat hingga hari ini) yang ditanganinya adalah pembelaannya terhadap Sextus Roscius yang dituduhkan telah membunuh ayahnya pada tahun 80 SM. Pembunuhan terhadap ayah (atau yang lebih dikenal sebagai Patricide) merupakan salah satu kejahatan yang mengerikan pada saat itu. Namun berkat pembelaan yang diberikan oleh Cicero, maka Roscius dapat dibebaskan dari tuduhan tersebut.

Pada tahun 79 Sm, Cicero pergi meninggalkan Roma dan menuju Yunani. Disana beliau bertemu kembali dengan Atticus yang telah menjadi warga kehormatan Athena. Disana pula Cicero bertemu dengan Apollonius Molon dari Rhodes yang kemudian menjadi guru dari Cicero yang banyak mempengaruhi gaya individual Cicero dikemudian hari.
Ketertarikannya pada filosofi akhirnya membuat dia memperkenalkan filosofi Yunani kepada kebudayaan Romawi dan kemudian membuat kosa kata filosofis dalam bahasa Latin.

Pada tahun 63 SM, Cicero dipilih menjadi consular Romawi. Pada saat dia masih menjadi consular, dia berhasil mengagalkan sebuah konspirasi yang ingin membunuhnya dan menggulingkan Kerajaan Romawi yang dirancang oleh Lucius Sergius Catilina. Melihat hal tersebut, Cicero pun mengumumkan Senatus Consultum Ultimum (darurat militer) dimana Cicero berusaha meyakinkan dewan bahwa Catilina bersalah dan sebagai hukumannya Catilina dan para pengikutnya harus dihukum. Berkat keberhasilannya menggagalkan konspirasi tersebut, maka Cicero dianugerahi penghargaan Pater Patriae (Father of the Country) dari Julius Cesar.

Pada tahun 60 SM, Julius Cesar mengundang Cicero untuk bergabung dengan Pompey dan Marcus Licinius Crassus. Namun beliau menolak karena dia mengira hal tersebut akan merusak system Republik yang dimiliki oleh Romawi saat itu.

Konspirasi terhadap pembunuhan Julius Cesarlah yang menyebabkan Cicero bertemu dengan Mark Antony, seorang pemimpin fraksi Caesarian, yang kemudian menjadi musuhnya. Sepeninggal Julius Cesar, Cicero akhirnya menjadi juru bicara Senat dan Antony menjadi seorang Consul. Hubungan kedua orang ini tidak pernah membaik bahkan menjadi semakin memburuk semenjak Cicero menyatakan bahwa Mark Antony berlaku tidak adil dalam menginterpretasikan keinginan Julius Caesar.

Ketika Octavian(Yang kemudian dikenal dengan nama kaisar Augustus), penerus dan juga anak angkat Julius Caesar, tiba di Italia, Cicero mulai mencoba untuk menggulingkan Mark Antony dengan menggunkan Octavian. Cicero pun menyerang Antony menggunakan sejumlah pidato yang dikenal dengan istilah Philippics. Selama periode ini, Cicero menjadi figure public yang terkuat. Cicero berhasil membuat senat menyatakan bahwa Mark Antony merupakan musuh dari Negara. Namun, langkah untuk menghancurkan Mark Antony mengalami kegagalan dikarenakan Antony berhasil menghasut Octavian yang akhirnya berbalik melawan Cicero dan menyatakan bahwa Cicero dan para pengikutnya merupakan musuh Negara.

Cicero akhirnya menjadi salah satu penjahat yang paling diburu oleh pemerintahan Romawi. Namun hal ini justru menimbulkan simpati yang besar dari kalangan masyarakat. Banyak masyarakat yang menolak untuk melaporkan bahwa mereka telah melihat Cicero. Akhirnya pada tanggal 7 Desember 43 SM, Cicero berhasil ditangkap ketika dia mencoba untuk kabur ke Makedonia. Adapun warga yang menyerahkan Cicero kepada tentara Romawi adalah Philologus, seorang mantan budak dari saudaranya, Quintus Cicero.

Ada yang menarik ketika Cicero akan ditangkap. Dikatakan bahwa sebelum dibunuh beliau berkata, “tidak ada yang tepat tentang apa yang akan anda lakukan tentara, tetapi cobalah untuk membunuh saya dengan tepat” (There is nothing proper about what you are doing, soldier, but do try to kill me properly). Cicero lalu membungkuk didepan tentara yang menangkapnya yang memposisikan dirinya sendiri dalam posisi untuk dipenggal. Akhirnya Cicero dipenggal oleh Herennius dan diserahkan kepada Mark Antony. Dikatakan juga bahwa istri dari Mark Antony, Fulvia mengambil kepala Cicero, mengeluarkan lidahnya dari mulutnya dan menusuknya berkali-kali sebagai pembalasan dendamnya terhadap kemampuan Cicero dalam berpidato.

Anaknya Cicero, Marcus Tullius Cicero Minor, pada tahun 30 BC akhirnya membalaskan dendam ayahnya dengan menjatuhkan Mark Antony dari kursi kepemimpinannya.

Pengaruhnya yang sangat besar pada bahasa latin menyebabkan prosa yang tidak hanya menggunakan bahasa Latin, tetapi juga Bahasa Eropa hingga abad ke-19, pada akhirnya merupakan reaksi terhadap gayanya atau akan kembali mengikuti gayanya. Menurut Michael Grant (Penulis sejarah kuno), “Pengaruh Cicero dalam sejarah literature Eropa melebihi pengaruh semua penulis prosa dalam semua bahasa”.

Sepanjang hidupnya Cicero berhasil membuat 88 pidato, 6 buku retorika dan 8 buku tentang Philosophy serta lebih dari 900 surat kepada pengikutnya.

Quote-quote dari Cicero yang ane demen gan emoticon-Big Grin

"A Man of courage is also full of faith"

"If you have a garden and a library, you have everything you need"

"The life of the dead is placed in the memory of the living"

"While there's life, there's hope"

"any man can make mistakes, but only an idiot persist in his error"

"if you have no confidence in self, you are twice defeated in the race of life. With confidence, you have won even before you have started"

"The more laws, the less justice"

"in a republic this rule ought to be observed: that the majority should not have the predominant power"

"if we are not ashamed to think it, we should not be ashamed to say it"

"the function of wisdom is to discrimate between good and evil"

"What then is the freedom? the power to live as one wishes"


dan quote yang paling ane demen gan

"the wise are instructed by reason, average minds by experience, the stupid by necessity and the brute by instinct

sekian dulu dari ane gan. mohon maaf kalo masih banyak kesalahan kata, maklum masih belajar soalnya emoticon-Malu

dengan senang hati menerima saran dari agan semua, apalagi kalo dikasih emoticon-Blue Guy Cendol (L) (ane translate manual soalnya gan dari bahasa inggris ni emoticon-Malu (S))

semoga thread ane bermanfaat buat nambah pengetahuan ya gan emoticon-I Love Kaskus

Spoiler for No Repost:


sumber: wikipedia.org dan brainyquote.com
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
4.7K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan