Hasil campuran Premium, Pertamax atau Pertamax Plus (Mau bensin hemat masuk)
TS
dwiryman
Hasil campuran Premium, Pertamax atau Pertamax Plus (Mau bensin hemat masuk)
Punya motor or kendaraan dengan kompresi tinggi tapi boros bensin?
itu mah wajar...
Punya motor or kendaraan yang sayang klo dikasih premium, tapi dompet tekor...?
ane kasih sedikit solusi aja supaya motor or kendaraan ente tetep sehat tapi kantong kita gak bolong...
Teknik ini udah lama n udah biasa dipake banyak orang, tapi ane mw share itung-itungannya supaya gampang buat ente.
Bagi anda yang belum tahu tentang perbedaan bensin premium, pertamax dan pertamax plus, berikut ini gambaran umumnya. Pertamax adalah bahan bakar minyak andalan Pertamina. Pertamax biasanya digunakan untuk kenderaan high-end atau tahun tinggi. Pertamax pertama kali diluncurkan pada tahun 1999 sebagai pengganti Premix 98 karena unsur MTBE yang berbahaya bagi lingkungan. Unsur MTBE mengakibatkan pencemaran air tanah di Texas, Amerika Serikat.
Petrol (biasa disebut gasoline di Amerika Serikat dan Kanada; di Indonesia biasa disebut bensin) adalah cairan campuran yang berasal dari minyak bumi dan sebagian besar tersusun dari hidrokarbon serta digunakan sebagai bahan bakar dalam mesin pembakaran dalam. Istilah gasoline banyak digunakan dalam industri minyak, bahkan dalam perusahaan bukan Amerika.
Kadangkala istilah mogas (kependekan dari motor gasoline, digunakan mobil) digunakan untuk membedakannya dengan avgas, gasoline yang digunakan oleh pesawat terbang ringan. Karena merupakan campuran berbagai bahan, daya bakar bensin berbeda-beda menurut komposisinya.
Ukuran daya bakar ini dapat dilihat dari bilangan oktan setiap campuran. Di Indonesia, bensin diperdagangkan dalam dua kelompok besar: campuran standar, disebut premium, dan bensin super.
Oktan adalah angka yang menunjukkan berapa besar tekanan maksimum yang bisa diberikan di dalam mesin sebelum bensin terbakar secara spontan. Di dalam mesin, campuran bensin dan udara (berbentuk gas) bisa terbakar sendiri secara spontan sebelum terkena percikan api dari busi.
Jadi, semakin tinggi angka oktannya, semakin lama bensin itu terbakar spontan. Pembakaran spontan ini menimbulkan ketukan di dalam mesin yang biasa disebut gejala ngelitik atau knocking. Pembakaran spontan ini sebisa mungkin dihindari dengan angka oktan yang tinggi. Jika masih menggunakan premium yang beroktan 88, maka mesin akan ngelitik atau knocking.
Tips untuk memilih BBM yang baik untuk kendaraan kita adalah penggunaan angka oktan yang harus sesuai dengan tekanan kompresi kendaraan kita. Semakin tinggi kompresinya maka sebaiknya menggunakan BBM berangka oktan tinggi. Untuk kendaraan berkompresi dibawah 9:1 masih dapat menggunakan premium namun untuk kendaraan dengan kompresi 9,1:1 sampai 10:1 sebaiknya menggunakan pertamax atau sejenisnya dan kendaraan dengan kompresi 10,1 keatas sebaiknya menggunakan pertamax plus atau sejenisnya.
Apabila penggunaan kadar oktan tidak sesuai maka dapat menyebabkan piston menjadi bolong contohnya jika mobil keluaran tahun 2000 menggunakan oktan 88? Yang jelas piston menjadi bolong.
Bensin oktan 92 dikenal dengan nama Pertamax (produksi Pertamina), Super (produksi Shell), dan Primax (produksi Petronas). Sedangkan bensin oktan 95 biasa disebut Pertamax Plus (Pertamina), Super Extra (Shell), dan Primax95 (Petronas). Biasanya angka oktan rekomendasi pabrik ini dicantumkan dalam buku manual maupun di dekat tutup tangki bensin mobil.
Struktur bensin yang baik adalah dengan komposisi n-heptana 0% dan iso-oktana 100%, n-heptana adalah rantai karbon lurus sedangakn iso-oktana adalah rantai karbon bercabang. Apabila struktur suatu BBM lebih banyak rantai bercabangnya maka bensin tersebut lebih sulit untuk terbakar dan dikategorikan dalam bensin bermutu baik sebaliknya bila komposisinya lebih banyak rantai karbon lurusnya maka bensin tersebut bermutu kurang baik.
nah, udah lebih ngerti kan...
nah sekarang beberapa perbandingan campuran antara ketiga zat tersebut...
nyampurnya antara 2 zat aja ya...
HARGA INI BUKAN SEBAGAI PATOKAN YA KARENA HARGA BISA NAIK, JADI SILAHKAN OTAK-ATIK UNTUK MENDAPATKAN TAKARAN YANG PAS
Spoiler for perbandingan campuran:
klo gambar diatas gak kebuka
Harga BBM per 6 Januari 2013 yah gan...
Klo emang ada perbedaan harga di wilayah tertentu, ane gak tau deh, SUMPAH...!
Ane buat ini di Excel, klo ada yang males buat Rumus/formulanya PM ane aja alamat emailnya nanti ane kirimin filenya klo lagi OL, jadi ente bebas buat ngotak-ngatik mw pake campuran kayak apa asal gak bikin campuran yg gampang meledak.....
Klo ada yang punyadi kulkas, ane akan sangat senang menerimanya, klo belum punya boleh kok di
yang penting bisa berbagilah...
Buat yang masih ragu or bingung, ane sertakan beberapa artikel tentang pencampuran premium dgn pertamax.
tapi ane serahkan kepada kaskuser semua soale yang dikasih makan kan kendaraan entS E N S O R.
Ane sertakan pendapat kaskuser deh supaya lebih yakin...
atau malah tambah galau...?
Spoiler for pendapat kaskuser:
Quote:
Original Posted By old.trafford►sbnernya banyak hal gan yg harus kita tau dulu kalo mao campur2 bensin trutama kompresi kendaraan (bisa liat d brosur or web)
kl kendaraan masih standar kita bisa pake acuan itu tp masalahnya kan kebanyakan kita udah ganti part yg KATANYA racing,..naahh itu jg mempengaruhi perubahan kompresi n kebutuhan pembakaran dlm mesin
kalo kendaraan yg kompresi rendah tp maksa pake oktan tinggi ya hasilny mesin pasti bakalan cpt trasa panas
sebaliknya
kalo kendaraan kompresi tinggi tp pake oktan yg gak seharusnya brarti umur piston bisa berkurang gan
sdikit saran dr ane, buat motor yg sering dipake dg keadaan basah (skr musim ujan gan) bakalan lebih enak kl pake oktan yg agak tinggi coz faktor cuaca mempengaruhi pembakaran dlm mesin
boleh kali gan taro pejwan
CMIIW yah
Quote:
Original Posted By goodslife►emang bener tuh mencampur campur. kebetulan ane sudah biasa mencampur antara premium dengan pertamax +
Quote:
Original Posted By tarjomasukkota►Nice Inpoh Gan..
Tambahin Gan:
Motor ane szk SkwavS E N S O R. 9,6:1 (klo gak salah )
Masalah konsumsi bensin campurdah ane konsul ma mekanik2 handal, dan 7 dari 10 bilang gpp, malah bagus..
idealnya memang pake pertamax... dan 1 tahun ane pake pertamax, tapi dikarenkan budget maka terpaksa dicampur, lalu tahun ke2 mulai pake campuran pertamax dan prmium, pas servis besar, mekaniknya bilang, bagus mas keraknya dikit, pake pertamax terus yah? gak bang campur2 aja.. ane bilang.
maka resultnya sebagai berikut (murni berdasarkan feeling, kecuali masalah konsumsi bensin ini ane itung pake rumus gan).
1. pertamax full : tarikan manteph, pemakaian normal 39km:1Liter
2. Premium full : tarikan biasa aja, 37,5:1 kadang 38:1
3. premium 2 liter, pertamax 1 L (2:1) , ini yg ane pake ampe sekrang .
4. Prmium 2 Liter pertamax plus 1 Liter : tarikan lumayan (masih enak pada poin 3), konsumsi bensin lupa ane itung, hehe
next mau coba campuran aala rumus agan deh.. thanks all.. love to sharS E N S O R hidup kaskus
Quote:
Original Posted By foxhound2879►udah lama ane pake bensin campur gan motor ane ga ada masalah tuh
Quote:
Original Posted By ahmadeathbat►tapi sepertinya beat ane dengan kompresi variabel 1:10 - 1:11 kayaknya lebih enak nyampur pertamax dengan pertamax plus
pertamax doang = ngelitik di rpm awal, mesin lebih halus di rpm tinggi
campur 1:1 = mantap
pertamax plus doang = tenaga kurang, getaran mesin lebih terasa
jadi pernyataan kompresi 1:10 keatas harus pake pertamax plus itu engga sepenuhnya benar. Karena prakteknya engga begitu, atau hanya permainan "marketing" supaya konsumen yang pake kendaraan bermotor motor dengan kompresi 1:10 beli pertamax plus atau sekelasnya.
tapi juga harus disesuaikan juga dengan desain mesin. Toh ninin250 karbu dengan kompresi 1:11,7 bisa minum pertamax tanpa ngelitik. atau variong125 dengan kompresi 1:11 bisa minum premium karena desain mesinnya, tapi tetap optimal dengan menggunakan pertamax.
motor injeksi sih aturan pake pertamax, bagus buat mesin n injektor,. tpi pertamax bikin tekor ƍαη,. Δηε seminggu pake pertamax abis 30 ribu, kalo premium cuma 10 ribu,.[/QUOTE]
Quote:
Original Posted By daniist►ane dah pernah coba gan.dulu pas sma motor sering di pake buat beli perlengkapan buat hari-hari penting di sekolah,alhasil motor ane (mio) yang dari dulu di cekokin premium dapet cekokan pertamax dari sekolah,sebelum dapet campuran cuma tahan 2 hari bolak-balik rumah ke sekolah,setelah campuran bisa tahan 3 hari. sebenernya ane pingin campur terus, cuma karena pertamax udah 2x lipat premium terpaksa ane batalin niat ane.
Quote:
Original Posted By PanieR23►wah ane juga pake cara kayak gini gan buat si kuda besi.
kan motor ane fulltanknya 3 liter kan, ane biasanya kalo ngisi tuh 10rb premium dan 10rb pertamax.
emank sih jadinya 20rb, tapi semenjak kayak gitu, motor ane mulus-mulus aj dicampur gitu dan malah agak irit motor ane.
tapi pas pake premium fulltank, motor ane jadi sedikit boros.
paling 3-4 hari udah harus ngisi lagi, kalo ane campurin pertamax jadinya 4-5 hari.
itu semuanya keadaan fulltank....
Quote:
Original Posted By latif09►Nice share gan ....... kl sy senangnya pertamax + campur premium dengan perbandingan 50:50