Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

telor.gorengAvatar border
TS
telor.goreng
Tersiksa dengan Sakit Tenggorokan , Redakan dengan 6 Cara Ini .
Sakit tenggorokan bisa menyerang siapa saja , apalagi di musim penghujan seperti sekarang .
Tenggorokan terasa gatal , serak , dan bahkan nyeri saat menelan makanan adalah gangguan tenggorokan yang paling sering terjadi .

Gangguan tenggorokan dapat terjadi karena berbagai hal , seperti bakteri , virus , makanan berminyak , batuk , hingga kebiasaan merokok .
Dalam kasus tertentu , sakit tenggorokan bisa membuat suara menjadi lirih , sehingga sulit berkomunikasi dengan orang lain .

Nah , sebelum Anda memutuskan pergi ke dokter untuk meredakan sakit tenggorokan tersebut , mungkin beberapa cara berikut bisa Anda coba untuk meredakan sakit tenggorokan yang mengganggu .

1. Kumur Air Garam

Berkumur 3-4 kali sehari dengan air garam hangat dapat membantu mengurangi peradangan pada tenggorokan , menghilangkan lendir , dan mengurangi bakteri penyebab sakit tenggorokan .
Caranya, ambil setengah sendok teh garam , campur dalam secangkir air putih hangat , dan gunakan untuk berkumur .


2. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat juga dianjurkan jika Anda mengalami sakit tenggorokan . Uap yang muncul pada saat mandi air hangat dapat membantu membersihkan sinus yang biasanya menjadi penyebab sakit tenggorokan .


3. Perbanyak Minum Air Putih

Jaga konsumsi air putih harian Anda agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik . Menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah bagian penting dalam proses penyembuhan sakit tenggorokan .
Tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat menjaga selaput lendir tetap lembab , memerangi bakteri lebih efisien , dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh .


4. Minum Teh Hangat

Bukan rahasia umum jika teh memiliki manfaat kesehatan yang begitu besar . Kandungan antioksidan yang ada di dalam teh dapat mencegah infeksi dan memperkuat daya tahan tubuh . Anda juga bisa menambahkan madu murni ke dalam minuman teh tersebut . Madu juga memiliki sifat antibakteri yang efektif untuk mempercepat proses penyembuhan .

5. Makan Sup Ayam

Selain baik untuk membantu meredakan pilek , sup ayam jug ampuh untuk memerangi sakit tenggorokan . Sup ayam juga mengandung natrium , sebuah mineral penting yang bersifat anti-inflamasi dan dapat membantu mempercepat proses penyembuhan . Dan sifatnya yang cair membuat orang yang mengalami sakit tenggorokan lebih mudah mengonsumsinya .


6. Jangan Merokok

Kebanyakan orang sibuk mencari obat-obatan yang dapat mengatasi sakit tenggorokan dengan cepat . Padahal mereka masih melakukan kebiasaan-kebiasaan tidak sehat yang dapat memicu sakit tenggorokan .

Sebut saja merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol . Jika Anda bisa mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasaan ini , maka risiko Anda mengalami sakit tenggorokan di kemudian hari akan lebih kecil .

Jangan membiasakan diri mengonsumsi obat-obatan tanpa petunjuk dokter . Jika sakit tenggorokan yang Anda alami tidak mereda dengan cara-cara di atas , segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut .
0
12.5K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan