Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nesta526Avatar border
TS
nesta526
Heterochromia,mata dengan dua yang warna berbeda
Untuk para penggemar seri Final Fantasy pasti mengenal Yuna, salah satu tokoh utama pada Final Fantasy X dan Final Fantasy X-2. Disitu digambarkan bahwa Yuna memiliki dua warna mata yang berbeda, yaitu warna hijau untuk mata kanan, dan warna biru untuk mata kiri.



pasti agan atau aganwati bertanya, kok bisa begitu ya? Apakah itu hanya sekedar fiksi? Ternyata itu juga ada di dunia nyata loh. Oleh dunia medis, memiliki dua warna mata yang berbeda itu disebut Heterochromia Iridium.

Heterochromia Iridium

Warna mata ditentukan oleh jumlah melanin, suatu pigmen coklat gelap, yang terdapat dalam bagian mata yang disebut "iris". Mata berwarna biru adalah disebabkan oleh sedikitnya jumlah melanin, sementara mata berwarna coklat menunjukkan iris dengan kandungan melanin yang banyak.

Orang-orang dengan warna rambut dan kulit yang lebih gelap memiliki lebih banyak melanin sehingga mereka memiliki mata berwarna coklat, sementara orang dengan warna rambut dan kulit yang lebih pucat memiliki jumlah melanin yang lebih sedikit sehingga biasanya memiliki warna mata yang lebih terang.

Saat seorang individu memiliki jumlah melanin yang berbeda pada setiap iris di mata mereka, maka mata mereka pun akan memiliki warna yang berbeda. Hal ini disebut sebagai Heterochromia Iridium.

Heterochromia Iridium ini secara relatif termasuk jarang untuk manusia, tetapi termasuk umum pada beberapa binatang seperti kuda, kucing, dan beberapa spesies anjing.

Heterochromia Iridium diduga sebagai akibat dari perubahan pada satu dari beberapa gen yang mengatur warna mata.

Heterochromia Iridium ini juga bisa merupakan keturunan, walaupun trauma dan beberapa jenis pengobatan dapat juga mengakibatkan peningkatan maupun penurunan pigmentasi pada salah satu iris.

Beberapa jenis sindrom medis, misalnya Waardenburg Syndrome, juga dapat mengakibatkan seseorang untuk memiliki dua warna mata yang berbeda.

Berikut ini beberapa orang yang memiliki dua warna mata berbeda:

> Pada Manusia

Kate Bosworth


nah klo yang ini ane ga tau namanya siapa gan emoticon-Hammer (S)


> Pada Binatang

Venus, begitulah nama kucing yang memiliki dua warna kontras di wajahnya. Selain itu dua matanya pun memiliki warna yang berbeda.

Setengah wajahnya berwarna hitam legam dengan mata berwarna hijau. Sebagian lagi wajahnya berwarna kuning kecoklatan dengan mata berwarna biru. Karena keunikan yang dimilikinya, Venus menjadi kucing yang paling populer di planet ini.

Tak tanggung- tanggung kucing yang memiliki akun pribadi di beberapa situs jejaring sosial ini telah menarik jutaan pengunjung untuk melihat sosok dan tingkahnya setelah si pemilik mengunggah videonya. Bahkan salah satu stasiun TV di Amerika Serikat menampilkan sosok kucing ini.

Para peneliti mencoba menganalisa fenomena yang terjadi pada Venus. Leslie Lyons, profesor dari University of California, yang mempelajari genetika dari kucing domestik mengatakan belum pernah menemukan kucing seperti Venus.

“Kucing tersebut sangat amat langka. Tapi hal ini dapat dijelaskan dan Anda bisa mengerti apa yang terjadi dengan kucing tersebut,” jelas Lyons.

Banyak yang menyimpulkan jika kucing Venus seperti chimera. Itu adalah hewan mitologi yang mana tubuhnya terdiri dari bagian binatang yang berbeda-beda.

Kucing dengan kecenderungan seperti chimera adalah kucing dengan sel yang mengandung dua jenis DNA, disebabkan dua embrio yang bergabung bersama.

“Di antara populasi kucing, sebenarnya kucing chimera itu tidak langka,” kata Lyons. Faktanya, kebanyakan dari kucing jantan memiliki kombinasi warna hitam, krem, dan kuning. Bercak khas berupa bintik-bintik hitam dan oranye pada bulu kucing merupakan tanda bahwa kucing tersebut memiliki kromosom X tambahan.

Sementara untuk kucing betina memang telah memiliki dua kromosom X. Sehingga kemungkinan mereka dapat memiliki lebih dari satu warna tanpa harus adanya kromosom X tambahan.

Itu artinya Venus, si kucing betina, belum tentu menderita chimera. Jika Venus tidak menderita chimera, lantas apa yang membuat kucing tersebut memilki dua warna secara menakjubkan di wajahnya. “Pastinya, itu sebuah keberuntungan, ” kata Lyons.

Lyons menambahkan, untuk mengetahui apa yang menyebabkan perbedaan unik pada Venus, maka perlu dilakukan sebuah pengujian genetik. Sampel genetik bisa diperoleh dari tiap sisi dari kucing tersebut. Bisa juga menggunakan DNA sidik jari.

Para peternak kucing tepukau melihat sosok Venus karena memiliki mata biru secara tunggal. Normalnya, mata kucing biasa berwarna hijau atau kuning, tidak pernah biru.

Kucing yang memiliki mata berwarna biru biasanya siam atau kucing yang dominan warna putih. Akan tetapi Venus hanya sedikit memiliki warna putih di bagian dadanya. Hal ini tidak cukup menjelaskan alasan mengapa satu matanya berwarna biru. “Dia (Venus) sedikit misteri,” kata Lyons.

fotonya gan :



semoga thread ane ini bisa bermanfaat buat agan dan aganwati,

klo boleh ane minta emoticon-Blue Guy Cendol (L) gan soalnya ane jadi haus gara2 bikin thread ini emoticon-Ngakak tapi jangan emoticon-Blue Guy Bata (L) ya gan soalnya ane lagi ga mau bangun rumah emoticon-Ngakak.oj iya jangan lupa di emoticon-Rate 5 Star ya gan/ganwati

makasi kaskus emoticon-I Love Indonesia
0
10.2K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan