tryainkAvatar border
TS
tryaink
Teh Botol Sosro, Merek Lokal yang Kalahkan Coca-cola dan Pepsi

Silahkan Kasih Komeng
Silahkan kasih
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star


Quote:


Spoiler for :soetjipt sosrodjoyo:


“Apapun makanannya, minumnya tetap Teh Botol Sosro,” Slogan itu mungkin sudah tertanam di dalam benak rakyat Indonesia. Iklan dan branding yang dilakukan oleh Teh Botol Sosro sangat jitu dalam menghadirkan image yang baik untuk perusahaan mereka.

Spoiler for :Teh Botol Sosro:

Merek Sosro ini diambil dari nama keluarga pendirinya yaitu Sosrodjojo yang kala itu merintis usaha Teh Wangi Melati pada tahun 1940 di daerah Slawi. Dari sini dapat dilihat betapa konsistennya Teh Botol Sosro ini karena perusahaan mereka bahkan lebih tua dari republik ini.

Tak banyak merek lokal yang mampu menjadi pemimpin di industri ketika merek global masuk dan menginvasi pasar Indonesia. Namun, Teh Botol Sosro menunjukkan kalau produk lokal tidak kalah bagusnya dari produk luar. Kepopuleran Sosro membuat Coca-cola dan Pepsi, dua merek global terkenal dalam industri minuman, gigit jari. Sebab mayoritas orang Indonesia lebih memilih membeli Sosro dari kedua merek tersebut.

Bagaimana merek Sosro mampu mengalahkan pesaing kuat dari luar negeri tersebut?

Merek Sosro yang awalnya didirikan di Slawi kemudian menjadi terkenal di kawasan Jawa Tengah. Lalu kemudian mereka mulai untuk berekspansi ke Ibukota Jakarta. Jakarta sebagai kota yang tengah tumbuh pesat tentu menarik siapapun untuk mencoba peruntungan disana, tidak terkecuali keluarga Sosrodjojo.

Akhirnya, Teh Wangi Melati merek Cap Botol yang sudah terkenal di daerah Jawa mulai diperkenalkan di Jakarta. Pada waktu itu, teknik mempromosikan Teh Wangi Melati merek Cap Botol di Jakarta dinamakan strategi Promosi Cicip Rasa dimana secara rutin beberapa staf yang dikoordinir langsung oleh Bapak Soetjipto Sosrodjojo.

Selang beberapa waktu kemudian, mereka menyadari kalau strategi Cicip Rasa kurang efektif. Lalu tercetuslah ide untuk membuat air minum teh dalam kemasan yang siap minum. Pada awalnya, teh tersebut tidak memiliki desain yang bagus sekarang. Teh Botol pada waktu itu menggunakan bekas botol kecap/limun yang sudah dibersihkan.

Teh Botol Sosro dengan desain bekas botol kecap tersebut bertahan selama 2 tahun, antara 1970 sampai dengan 1972. Kemudian berganti desain lagi, menjadi sedikit ramping dari botol kecap biasa. Desain ini pun bertahan selama 2 tahun.

Tahun 1974, berdirilah PT.Sinar Sosro di daerah Menteng. Desain teh botol pun berubah lagi di tahun ini. Perubahan desain yang dilakukan cukup drastis dengan menambahkan lengkungan pada tengah botol. Desain itu bertahan hingga sekarang.

Spoiler for /:D/esain Teh Botol Sosro dari masa ke masa:
PT. Sinar Sosro kemudian dikenal sebagai perusahaan pembuat teh siap minum pertama di Indonesia dan Dunia.



Quote:
Diubah oleh tryaink 28-04-2013 07:30
chisaa
chisaa memberi reputasi
1
32.9K
570
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan