delfacAvatar border
TS
delfac
Agan Sudah Pernah Ke Luar Negeri?


Impian bisa ke luar negeri tentunya merupakan cita-cita kebanyakan orang. Dari tujuan ke luar negeri untuk umroh atau haji, backpacker, wisata, kerja, bulan madu, hingga kalau kelebihan duit pengen keliling dunia.



Agan atau aganwati sudah ngerasain ke luar negeri belom? emoticon-Ngacir2

Ada yang sudah ngerasain rasanya menjejakkan kaki di negara orang.. dan lebih banyak yang belum ngerasain. Jangankan ke luar negeri gan.. yang belum pernah ke luar pulau aja masih banyak gan!! Di awal krisis moneter.. jumlah WNI yang ke luar negeri malah meningkat pesat gan.. soalnye pada berangkat jadi TKI gan dengan tujuan utama malaysia, hongkong, arab saudi, taiwan. Lalu satu dekade terakhir merambah ke Korea Selatan, Amerika dan Eropa.

Yang enak adalah penduduk Indonesia yang tinggal di Batam dan sekitarnya.. mau ke luar negeri gampang banget euy. Atau saudara-saudara kita yang di Kalimantan yang berbatasan dengan Malaysia dan Brunai. Atau saudara-saudara kita yang di Papua yang berbatasan dengan Papuan Nugini. Atau saudara-saudara kita yang di NTT yang deket dengan Timor Leste. Tinggal nyebrang aja kalau mau ke luar negeri..



Buat agan sekalian yangsudah pernah ke luar negeri dengan berbagai tujuan yang ada (wisata, kerja, umroh/haji, backpacker, dll).. dimohon untuk berbagai cerita ya gan. Mulai dari cerita ngurus paspor dan visa mungkin, atau tips-tips perjalanan mungkin, atau kisah unik di negara orang mungkin, dan info atau cerita menarik lainnya. Monggo diceritakan disini...

Nah buat agan dan aganwati yang belum pernah ke luar negeri.. ceritain juga di sini rencana agan sekalian.. pengen ke luar negerinya ke negara mana? Trus dalam rangka apa?

Atau agan tipe yang cinta banget Indonesia sampai ndak sanggup meninggalkan Indonesia tercinta... so sweet gan kl sampe gitu..
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Kalau ane pribadi pengen ke luar negerinya yang pertama ke Arab Saudi gan, pengen haji atau umroh. Amin. Trus abis itu ke Uzbekistan.. Ceko... dan yang lain (duite mbahe...?? hahaha..).

Makasih gan buat komentar-komentarnya yah.. ntar InsyaAllah ane rangkum di pekiwan pengalaman2 dari agan semua.


Quote:

Diubah oleh delfac 16-01-2013 18:09
0
4.7K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan