braddasulthanAvatar border
TS
braddasulthan
Alam kita dalam bahaya gan!!
Indonesia bukan lagi tanah surga. Tapi "Supermarket Bencana". Kalau kita nggak ikut menjaganya, siap-siap rasakan akibatnya.




Kita boleh berbangga,tinggal di negara agraris yang punya banyak potensi sumber daya alam yangmelimpah. Tapi kebanggan itu nggak ada artinya kalau kita sendiri nggak punyaniat untuk menjaga kekayaan alam kita sendiri. Kebanggan kita itu ibaratnyahanya untuk menutup rasa malu atas ‘prestasi’ yang kita sandang. Maksudnya?Yap, di tahun 2010, Indonesia meraih ‘prestasi’ mendapat peringkat keempatsebagai negara yang paling berkontribusi terhadap kerusakan lingkungan di mukabumi. Data ini dikeluarkan oleh Universitas Adelaide, Australia berdasarkanhasil penelitian yang telah mereka lakukan. Berikut fakta-fakta betapa sedihnya lingkungan kita.

Deforestasi

Laju kehilangan dan kerusakan hutan pada tahun 2000-2005 di Indonesia setara dengan364 lapangan bola/jam atau setara dengan 1,447,800 hektar deforestasi per tahun.Dari 180 juta hektar hutan yang ada di Indonesia, hanya tersisa 23% atau 43juta hektar saja yang masih terbebas dari deforestasi (kerusakan hutan). Menurut laporan Bank Dunia, Indonesia telah melepaskan 300 ton emisi karbon untuk setiap 1 hektar lahan hutan yang dibuka menjadi perkebunan.

Hewan Punah

Indonesia sudah mengalami kepunahan harimau Bali (Panthera tigris balica ) yang dianggap punah pada tahun 1940an dan harimau Jawa (Panthera tigris sondaica) yang diduga punah pada tahun 1980an. Di samping itu, trulek Jawa, burung yang endemic dipulau Jawa (hanya ditemukan di pulau Jawa) juga sudah dinyatakan punah.

Pemanasan Global

Selamaperiode 1990-2010, Indonesia menjadi penyumbang no.2 dalam pelepasan emisi karbon di dunia sebanyak 18,7 miliar ton. Emisi karbon yang berlebihan berdampak pada pemanasan global dan perubahan iklim. Menurut laporan Bank Dunia, Indonesia telah melepaskan 300 ton emisi karbon untuk setiap 1 hektar lahan hutan yang dibuka menjadi perkebunan.

Aktor perusak lingkungan

Semua pihak punya peran dalam perusakan lingkungan di Indonesia. Walaupun sebagian besar kerusakan alam disebabkan oleh perusahaan maupun perintah, kita sebagai wargapun turut andil dalam perusakan lingkungan. Menurut data dari Walhi, sepanjang tahun 2012 kemarin, terdapat 290 kasus yang meliputi bencana ekologis, kebakaran hutan, dan bencana limbah di Indonesia.

TerancamPunah

Saat ini, Badak Jawa merupakan hewan paling langka di muka bumi. Diperkirakan jumlahnya nggak lebih dari 50 ekor saja di dunia. Perburuan liar, perubahan ekosistem,dan bencana alam membuat jumlah spesies endemik (hanya bisa ditemukan di satu daerah) ini mengalami penurunan drastis.

Selamatkan!

Menurut datadari IUCN Red List of Threatened Species, terdapat lebih dari 10 spesies hewanyang masuk ke dalam kategori dilindungi, kritis, dan terancam punah diIndonesia. Diantaranya adalah orangutan, elang Jawa, gajah Sumatera, dan harimau Sumatera. Illegal logging, perburuan, dan rusanya eksosistem merupakanpenyebab utama populasi hewan-hewan ini di Indonesia sangat cepat brerkurang.

Rumah IkanHancur

Sekitar 30 % dari terumbu karang yang berfungsi sebagairumah kembang biak ikan, pelindung pantai dari erosi dan abrasi, serta sektorpariwisata yang tersebar di pesisir laut Indonesia dalam kondisimenghawatirkan. Hal ini disebabkan oleh ulah manusia yang membuang sampah kelaur, limbah kimia pertanian yang terbawa oleh air hujan, dan bom racun nelayan


Spoiler for KOMENTAR ANE:


Spoiler for buka:


Sumber

Spoiler for buka nih:
0
2.1K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan