Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

KASKUS.EditorAvatar border
TS
KASKUS.Editor
[Ngobras] Mandiri dalam Berkarya Bareng IndieFovies
Oi Oi Oi Agan dan Aganwati!

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Peluk emoticon-Blue Guy Cendol (L)



Ketemu lagi nih di NGOBRAS! Yak, tak lain tak bukan adalah Ngobrol Bareng Komunitas. Nah di bulan ini komunitas yang mau KASKUS kupas adalah komunitas yang pastinya selaras seiring seirama dengan tema KASKUS bulan ini: Karnaval Karya. Udah penasaran komunitas apa?


Sambutlah...Indie Filmmaker !! Yihaaaaaaaaaawwww

emoticon-Shakehand2





Halo Gan, apa kabar? Lagi ada event apa nih di Indie Filmmaker?

Lagi sakit nih aslinya, karena abis syuting sampe mampus tapi ceria dan tetep asik. Kita sih lagi mempersiapkan acara gathering Indie Fovies di Jakarta doain aje sukses ya emoticon-Smilie


Ceritain dong tentang sejarah Indie Filmmaker?

Sejarahnya tuh dari sebuah thread di Kaskus Fovies yang menjadi tempat untuk men-share karya-karya film pribadi.
Nah di sana threadnya rame banget ga nyangka banyak loh indie filmmaker share karyanya. Kita sampe bikin thread baru untuk ngerapiin ulang thread lamaAkhirnya mulai rapi deh tapi makin rame dan makin banyak demand perbincangan akan film indie sedangkan threadnya cuma satu. Melihat ledakan populasi di thread ini akhirnya lahir deh SF di Fovies Indie Filmmaker atau bisa kita sebut Indiefovies :


Keunikan apa yang ngebedain antara Indie Filmmaker dengan komunitas film lainnya?

Beda yang pasti, kita medianya film. Nah uniknya media ini tuh gak harus pure film bisa juga dokumenter, cuplikan video bahkan dokumentasi pun bisa di-sharing disini dan menjadi ajang dokumentasibakat dengan sentuhan filmmaking dan lain-lain. Jadi gak harus seorang filmmaker yang hadir di sini tapi siapapun yang mau mengunakan film sebagai medianya, baik itu pemain, artistik sampai ke produksi sound. Terus gokilnya lagi yang join komunitas ini tuh ga individu aja tapi sekalian komunitas film besar lainnya.

Jadi ini komunitasnya komunitas. Macam aliansi persatuan negara-negara gitu deh. Kita adalah media sharing dan diskusi para filmmaker wuhahaha keren kan. Karena dasarnya Indiefovies adalah bukan menciptakan komunitas baru tapi mengembangkan komunitas yang ada dan kolaborasi dengan siapapun emoticon-Smilie


Mungkin banyak Kaskuser yang belum begitu tau tentang film indie Gan, boleh ceritain tentang apa itu film indie dan perkembangan film Indie di Indonesia?

Yng kita sadari kini gerakan film indie ini hadir sebagai penyeimbang industri. Pemaknaan indie menurut kami adalah semangat perjuangan bikin film dari apa yang ada secara maksimal lalu didistribusikan sendiri juga. Di Indonesia baru-baru ini aja nih Komunitas Indie Filmmaker banyak. Dulu di komunitas ini members tetapnya gak sampe sepuluh, tapi sekarang sudah ribuan yang selalu diskusi online.


Apa aja sih topik-topik yang biasanya dibahas di forum ini? Topik apa yang paling banyak responnya?

Ya dari apa itu film indie dan gimana cara bikin film maksimal secara indie. Tapi yang lagi panas sih yaitu cara distribusi, gimana video kita ditonton banyak orang. Selain itu yang paling menarik adalah diskusi terbuka antar indie filmmaker tentang filmnya masing-masing. Para pembuat film tuh terbuka banget dan mereka pun haus akan kritik. Penanggapnya pun aktif memberi kritikan dari yang alus sampe yang nusuk. Tapi itulah serunya dan ga sampai situ. Kita juga membahas gimana sih masa depan gerakan indie ini dan bahkan kita sering tuh masuk sesi serius ngomongin masa depan dunia film Indonesia ini.


Kira-kira sudah berapa banyak member dari Indie Filmmaker?

Yang ada di grup FB tuh 646 orang tapi biasanya itu cuma kepala-kepala komunitas film masing-masing yang anggotanya juga banyak. Terus di Twitter (@Indiefovies) followers-nya ada 3000an, rame deh. Makanya kita lagi puyeng banget mikirin gathering karena para anggota udah demand banget nih sama gathering ini.


Sudah seberapa banyak film indie yang dibuat di forum ini?

Kayaknya kata yang lebih tepat di share ya. Karena komunitas ini adalah media sharing dan diskusi bukan making. Jadi ya yang di share sudah ratusan dari berbagai komunitas yang tergabung.


Pernah ngadain nobar atau gathering gak? Ceritain dong dan kapan akan diadakan lagi?

Pernah dong. Dulu tuh kita ngadain gathering di daerah Depok, Jakarta, Jogja dan Surabaya. Antusiasmenya tinggi, ada yang jauh-jauh dari mana juga hadir. Dan pada saat kita mau gathering kita ga nyangka loh ternyata ada beberapa professional filmmaker yang hadir dan mereka ternyata udah ngikutin kita dari dulu. Kita baru tau pas ketemuan. Gila men kita kaget dan senang banget ada mereka yang udah pro masih mau ngeliat kita yang amatir gini. Wah itu bener-bener hal yang bikin kita semangat banget untuk bikin film lagi karena ternyata kita ga sendiri. Masih banyak kok para pro yang membantu kita menjadi filmmaker keren XD

Ini beberapa gathering kita:
- Indie Filmmaker 1st Gathering
- Nonton Bareng & Gathering #WebSeriesIndo
- Nobar dan Kopdar #WebSeriesIndo ke-4 "Online Music Generation"


Gathering


Gathering



Indiefovies juga tidak hanya membuat gathering, kita juga pernah ngadain workshop :
- Seminar "Imajinasikan Tabletmu" Bersama Indie Filmmaker Kaskus


Dan beberapa kali kita ngadain lomba video kreatif :
- Pemenang Lomba Film Pendek Online Fovies
- Pemenang Lomba Video Kreatif Online "Imajinasikan Tabletmu"


Diskusi Video Kreatif di Jogja



Diskusi Indie Filmmaker di Jogja


Lalu ada juga nih lomba video kreatif kita yang baru :
- Lomba Video Kreatif "Jogja Di Matamu"

Seminar video kreatif di Jogja



Pengumuman pemenang lomba Film Pendek Kepahlawanan di Jogja


Pembuatan video kolaborasi untuk SocMedFest 2012


Screening Film Pendek Kepahlawanan di Blitar


Booth Indiefovies di SocMedFest 2012


Menurut Agan apa sih tantangannya dalam mengembangkan atau mempopulerkan Film Indie di Indonesia?

Distribusi. Banyak beberapa filmmaker indie tuh pinter banget bikin tapi ga ngerti distribusi. Padahal inikan salah satu media kreatif. Kita bisa mengubahnya jadi lahan menghasilkan tapi tetap dengan passion tanpa membuang idealisme kita.


Hal-hal apa nih yang pengen Indie Filmmaker lakuin kedepannya? Ada rencana apa?

Gathering bulaanan nih, biar diskusi dan sharing juga bisa offline dan bisa kenal satu sama lain lebih baik dan tentunya kolaborasi dengan berbagai elemen.


Sesuai dengan tema KASKUS bulan ini yang mengangkat tentang Karnaval Karya, menurut Agan seberapa penting sih buat pemuda Indonesia untuk terus berkarya?

Penting banget karena sekarang populasi sudah didominasi orang muda. Siapa lagi yang bisa menjadi kunci perkembangan negara selain para pemuda? Ini dia masalahnya balik lagi ke media kreatif. Mental pemuda tuh banyak yang masih mau jadi bawahan. Kenapa mereka ga berkarya aja dan jadi bos bagi diri mereka sendiri, salah satunya dengan film.


Ada pesan-pesan gak buat Kaskuser yang demen film indie tapi belum punya nyali untuk membuat sendiri?

Ya mungkin bukan passion hehehe. Karena cuma keberanian yang bisa menghasilkan film. Dan cara jadi filmmaker handal adalah dengan bikin film.

"Indie adalah kreatif statement dengan semangat kemandirian idealis
semangat dasar indie adalah semangat berekspresi"


Semangat itulah yang membuat Indie Filmmaker hadir emoticon-Angkat Beer


Terimakasih Gan! Salam untuk temen-temen lainnya ya!

Sama-sama Gan. Jangan takut ya untuk bikin film dan tonton film-film Indonesia!



Nama Komunitas: Indie Filmmaker Kaskus / IndieFovies
Berdiri Sejak : 16 Agustus 2012
Link : Forum Facebook Twitter
Moderator: Tiger* dan Moccasin
Video :

Kerusuhan di Kantor KASKUS


Kolaborasi Komunitas KASKUS di SocMedFest2012

0
15K
260
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan