- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
[BIKERS HACK] Trik simpel Bermotor aman yang gak banyak orang tahu
TS
masteraxl
[BIKERS HACK] Trik simpel Bermotor aman yang gak banyak orang tahu
Quote:
malem agan agan sekalian
langsung aja deh dijamin no repost karena ini ane ketik sendiri oleh pengalaman ane sendiri
langsung aja deh dijamin no repost karena ini ane ketik sendiri oleh pengalaman ane sendiri
Quote:
Wah gak nyangka ane, ini thread ane tinggal pulang kampung 2 hari eh alah dalah pas balik udah jadi HT aduuhh sampe ga kena skreenshotnya thanks bgt buat kaskuser dan semua pihak ane jadi terharu , HT #19 MASTERAXL thanks buat cendolnya jg buat agan2 semoga bermanfaat!
Spoiler for cendol:
Quote:
Setiap orang pasti pernah naik motor kan?
yaiyalah hehe, apalagi orang indonesia pasti setiap hari kendaraan ini selalu jadi prioritas nomor satu di jalanan
ntah untuk sekolah kerja/ touring
disini ane akan berbagi pengalaman ane yang udah malang melintang jalur di aspal pantura dan selatan by motor selama 1 tahun lebih (matic loh )
yaiyalah hehe, apalagi orang indonesia pasti setiap hari kendaraan ini selalu jadi prioritas nomor satu di jalanan
ntah untuk sekolah kerja/ touring
disini ane akan berbagi pengalaman ane yang udah malang melintang jalur di aspal pantura dan selatan by motor selama 1 tahun lebih (matic loh )
Spoiler for Mengatasi lampu tembak mobil :
saat agan sedang ngacir di malam hari dan ketemu sebuah turunan yang muncul cahaya dari bawah turunan yang tak ayal adalah lampu tembak mobil perhatikan sisi jalan paling kiri dan pembatas jalan tengah, ingat2 itu! pastikan agan ingat dengan baik! jangan sekali2 kali agan merem atau menutup mata dengan tangan,karena akan membuyarkan konsentrasi otak pada kondisi jalan, karena saat agan masuk blindspot banyak yang ga sengaja motor tib2 ke tengah atau terlalu ke pinggir , ini jelas untuk menghindari anda keluar dari jalan dan tertabrak mobil, karena dengan mengingat pembatas kiri dan tengah tangan agan akan otomatis stabil pada sisi yang aman
Spoiler for Mengatasi Deretan mobil yang menyalip didepan kita :
Spoiler for ilustrasi:
ini adalah kondisi yang sangat berbahaya bagi para biker biker dengan motor kecil seperti kita, bia agan berjalan di jalan yang sepi dan ngebut dan merasa aman karena dibelakang dan depan anda kosong JANGAN MERASA AMAN!
akan ada saatnya di arah berlawanan didepan kita ada truk besar yang dibelakangnyav siap2 disalip banyak mobil deretan dari belakang, kita yang sedang berkecepatan tinggi bila kita tidak siap dengan kondisi ini anda bisa terpental (karena rem yang dipaksakan) atau keluar jalan atau tertabrak mobil tsb karena biasanya bila mobil melihat 1 motor didepan arah berlawanan mereka ga mau kalah dan masih berani ngotot nyalip gan
cara yang paing ampuh, bila anda meihat kondisi seperti itu, NYALAKAN LAMPU SEIN KANAN dan BERHATI2 SEDIKIT TENGAHKAN MOTOR ANDA(hati hati pada fase ini) dann TDAA! mobi2 yang tadi mau nyalip dengan sendirinya kembali ke deratan karena mengira agan mau nyebrang dan agan bisa ngebut tanpa kuatir lagi
(yang pasti kalo udah kelewat jangan lupa lampu seinnya di matiin ya )
Spoiler for Tips berbelok (agak sesat) :
trik simpel biar agan aman kao terjadi kecelakaan
Biasakan BUNYIKAN KLAKSON pada setiap tikungan, bukan maksud untuk permisi sama mbah penunggu atau sejenis eyang subur
tapi bla 'seandainya' agan tiba2 tubrukan sama orang dari arah yang berlawanan , agan bakal menang di persidangan walopun secara teknis agan yang salah karena yang tabrakan dengan kita diberatkan dengan tidak mendengar sinya dari kita sebelum berbeolk kan kita sudah klakson
tapi kondisi beda lagi loh kalo kesalahan agan ga tercover klakson itu, mungkin ga pake helm/ motor ga standar ato agan melawanan arah
Spoiler for jangan digunakan tips ini bila tidak dalam keadaan darurat:
bila agan sangat sangatah terburu2 dan terhambat oleh lampu merah , agan dapat menerobos lampu ini dengan aman tanpa tertabrak (yang jelas pastiin dulu ada polisi apa enggak ) kalo ga ada pokis, agan bisa mulai melaju saat detik merah ke hijau di lampu kita sudah menunjukan angka 7,atu 5
karena pada lampu yang sedang hijau ada selang waktu 5 detik dengan kita . jadi pas lampu kita sudah 10, lampu mereka sudah countdown 5..4..3..2..1,, dan saat lampu kita sudah 5, lampu mereka sudah merah sebeum itu ane ga sarankan loh
Spoiler for Teknik lampu tembak dengan lampu standar motor:
illustrasi
Bicarain ini ingat2 aja, kao agan disorot pake lampu tembak mobil jangan ikut nyalakan lampu sorot kita karena ga bakal ada "rasanya" sama mobil tersebut karena lampu kita kalah terang sama mobilnya kecuali untuk motor gede ato yg udah ganti lampu loh gan
tips ini harus dilakukan dengan cepat , karena tips ini jg sedikit berbahaya tapi ampuh
bila agan mau mengisyaratkan lawan arah kita dengan lampu di motor kita, maka jangan gunakan lampu sorot yg ada, tapi matikan dan nyalakan lampu tersebut selama 3x dengan cepat, (tentunya saat malam hari) gunakan jempol tangan kanan untuk menarik switch ke kanan dan kekiri dengan cepat, jangan pake tangan kiri jangan gunakan tips ini sering2 , karena bisa merusak saklar
Spoiler for Trik bermotor buat sista2 atau yang baru belajar naik motor :
Quote:
INGAT! SEKALI ANDA TURUN KE JALAN , ANDA SUDAH DIANGGAPBISA MENGENDARAI KENDARAAN BERMOTOR , JADI BILA ANDA BELUM BISA JANGAN TURUN KE JALAN :
Quote:
1. Bila motor tak bisa distater/ dislah susah karena malamnya keujanan, masukan kontak dengan posisi mati , lalu slah sampe 5kali, lalu baru ganti ke netral, dan slah lagi(kalo di slah jgn di gas ya ) kalo masih belum bisa coba lagi terus
2. [GUNAKAN DI TURUNAN YG DIKIT AJA/BILA PERLU AJA] Bila sist ada di turunan , dan posisi gigi dibawah 4, maka LEPAS GAS dan INJAK DAN TAHAN GIGI DEPAN/ BEAKANG jangan lepaskan gigi sampe habis turunannya, ini untuk menghindari gejolak gas saat sampai dibawah, dan saat menurun pun akan lebih mulus, tapi ingat rem yah
iya gan emang itu adalah standarnya memang akan mlusnung bgt motornya walo direm.. hehe buat yang nerapin trik ini bener2 kdu hati hati yah thanks jg tambahannya gan!
3. teknik ngerem buat pemula jangan sekali kaIi sist rem depan
bila terpaksa, maka injak rem belakang dulu sampe hampir habis dan perlahan ikuti dengan rem depan secara bebarengan, (kondisi rem belakang masih diinjak hampir penuh)
4. manasin motor matic juga harus pake slah oh sist, di standar 2 dulu baru di slah, teknik biar gampang, tangan megang stang dan kaki kanan yang nginjak slah biar bisa di gas (cz matik agak susah kalo udah kedinginan pake gas dikit gpp )
5. manasin motor jangan di geber2 oh sist, cukup tahan gas di posisi tengah selama 1 menit / 2 menit, ga usah di geber agar kerja piston lebih maksimal saat di panasin .. cukup ditahan ditengah ga usah di geber
6. manasin motor jg ga usah lama lama, paling efektif cuma 3-5 menit doang, selebihnya itu cuma buang2 bensin doang
2. [GUNAKAN DI TURUNAN YG DIKIT AJA/BILA PERLU AJA] Bila sist ada di turunan , dan posisi gigi dibawah 4, maka LEPAS GAS dan INJAK DAN TAHAN GIGI DEPAN/ BEAKANG jangan lepaskan gigi sampe habis turunannya, ini untuk menghindari gejolak gas saat sampai dibawah, dan saat menurun pun akan lebih mulus, tapi ingat rem yah
Spoiler for rbaca juga pros cons trik diatas. karena sedikit berbahaya:
Quote:
Original Posted By pepinamemi►
Ane kurang setuju dengan tips yang ane bold..
justru dengan menahan persneling, gak ada engine brake yang merupakan "rem cadangan" dan motor bisa mlosnong walo direm sekalipun. Emang seh, berasa "enak" dan alus..g kdngeran suara mesin "teriak", tapi ya itu,,kembali ke soal engine brake tadi..
yang bener menurut ane adalah :
Kurangi kecepatan dan pindah ke gear rendah. Jangan ditahan persneling atau kopling. tentunya sambil direm dan jaga jarak dengan kendaraan depan dan belakang.
.
Ane kurang setuju dengan tips yang ane bold..
justru dengan menahan persneling, gak ada engine brake yang merupakan "rem cadangan" dan motor bisa mlosnong walo direm sekalipun. Emang seh, berasa "enak" dan alus..g kdngeran suara mesin "teriak", tapi ya itu,,kembali ke soal engine brake tadi..
yang bener menurut ane adalah :
Kurangi kecepatan dan pindah ke gear rendah. Jangan ditahan persneling atau kopling. tentunya sambil direm dan jaga jarak dengan kendaraan depan dan belakang.
.
Quote:
Pengalaman ane dari beberapa pengendara yang berpengalaman, posisi begitu( menahan kopling) akan sangat berbahaya, karena dengan menahan kopling, gas kalau ditarik tidak akan bekerja, dengan begitu kita tidak akan bisa mengendalikan kendaraan kita. Agan pernah kan kalau menghindari objek di jalan, agan geber gas nya sedikit, biar motornya tegak kembali. Nah itu dia, kalau gas tidak berfungs, akan bahaya jadinya.
Terlebih untuk motor semi otomatis (bebek), nahan kopling seperti itu setahu ane dapat mengurangi umur kampas kopling, karena pada motor semi otomatis, kampas nya tidak benar2 terpisah satu sama lain, jadi masih bergesekan. Dan tentunya mesin akan cepat panas.
paling cocok biasanya gigi 3, karena disitu, tahanan mesin tidak begitu berat, dan kekuatan throttle masih cukup untuk mengendalikan kendaraan kita. Top gear alias gigi 4 biasanya untuk over-drive, jadi tidak disarankan pada turunan.
Terima kasih gan.
Terlebih untuk motor semi otomatis (bebek), nahan kopling seperti itu setahu ane dapat mengurangi umur kampas kopling, karena pada motor semi otomatis, kampas nya tidak benar2 terpisah satu sama lain, jadi masih bergesekan. Dan tentunya mesin akan cepat panas.
paling cocok biasanya gigi 3, karena disitu, tahanan mesin tidak begitu berat, dan kekuatan throttle masih cukup untuk mengendalikan kendaraan kita. Top gear alias gigi 4 biasanya untuk over-drive, jadi tidak disarankan pada turunan.
Terima kasih gan.
iya gan emang itu adalah standarnya memang akan mlusnung bgt motornya walo direm.. hehe buat yang nerapin trik ini bener2 kdu hati hati yah thanks jg tambahannya gan!
3. teknik ngerem buat pemula jangan sekali kaIi sist rem depan
bila terpaksa, maka injak rem belakang dulu sampe hampir habis dan perlahan ikuti dengan rem depan secara bebarengan, (kondisi rem belakang masih diinjak hampir penuh)
4. manasin motor matic juga harus pake slah oh sist, di standar 2 dulu baru di slah, teknik biar gampang, tangan megang stang dan kaki kanan yang nginjak slah biar bisa di gas (cz matik agak susah kalo udah kedinginan pake gas dikit gpp )
5. manasin motor jangan di geber2 oh sist, cukup tahan gas di posisi tengah selama 1 menit / 2 menit, ga usah di geber agar kerja piston lebih maksimal saat di panasin .. cukup ditahan ditengah ga usah di geber
6. manasin motor jg ga usah lama lama, paling efektif cuma 3-5 menit doang, selebihnya itu cuma buang2 bensin doang
Quote:
Sekian dari ane gan , mohon maaf bila ada kekurangan cz ane masih nubie dalam bidang permotoran juga
semoga bermanfaat bagi kita semua dan yang penting utamakan keselamatan dan kesabaran di jalan, bila ada tips yang kurang safety mohon gunakan dengan bijak , dan ts ga bertanggung jawab akan penyalah gunaan trik2 diatas
bila ada yang mau nambahin feel free aja gan
Spoiler for bonus :
Diubah oleh masteraxl 22-04-2013 01:26
0
57.2K
Kutip
946
Balasan
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan