Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mdsetiawan86Avatar border
TS
mdsetiawan86
Gerindra, PAN & PDIP Partai Paling Transparan Versi TII
Gerindra, PAN & PDIP Partai Paling Transparan Versi TII

JAKARTA - Transparancy International Indonesia (TII) menggelar sebuah survei terkait transparansi pendanaan partai politik. Hasilnya, dari sembilan parpol yang disurvei, Golkar tercatat sebagai partai yang paling tidak kooperatif

Dari sembilan partai di parlemen, lima partai di antaranya sangat kooperatif terhadap survei ini. Yakni Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Pertjuangan, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Hanura.

Sedangkan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) masih dalam kategori kooperatif. Dua partai, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat termasuk kurang kooperatif, dan Golkar masuk kategori tidak kooperatif.

"Kita mencoba mendapatkan informasi dari semua partai. Namun tidak semua partai bersedia untuk disurvei," kata salah satu peneliti TII, Putut Aryo di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, Selasa (16/4/2013).

Dari lima partai yang masuk kategori sangat kooperatif, kemudian dilakukan survei. Tiga dari lima partai tersebut, yakni Gerindra, PAN, dan PDI Perjuangan dinyatakan transparan dengan score di atas 3,00. Kemudian diikuti oleh PKB di posisi keempat dan Hanura di posisi kelima dengan score di bawah 3,00.

Riset ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana transparansi pendanaan partai politik ditinjau dari UU No.2/2008 Jo UU No.2/2011 Tentang Partai Politik dan UU No.14/2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Pengumpulan data dalam survei yang dilakukan sejak Juni 2012 sampai April 2013 ini dilakukan secara kuantitatif menggunakan acuan kuesioner yang didukung wawancara mendalam dengan informasi kunci dari partai politik di tingkat DPP.

Informan utama adalah Bendahara Umum DPP partai politik atau yang mewakilinya dengan catatan menguasai seluk beluk pendanaan dan dapat dimintai pertanggungjawaban terhadap data yang diberikan.
Berita Selengkapnya Klik di Sini

http://news.okezone.com/read/2013/04...aran-versi-tii

hmmm, no komeng deh
0
2.3K
24
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan