Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sanrasimaAvatar border
TS
sanrasima
Benarkah Car Free Day di Jakarta Bisa Mengurangi Polusi?

Ikhwanul Khabibi - detikNews


Jakarta - Program car free day di Jakarta rutin digelar seminggu sekali pada akhir pekan. Pihak penyelenggara mengklaim kegiatan itu bisa mengurangi emisi CO2 dan polusi yang ditimbulkan kendaraan. Benarkah?

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sri Woro Harijono mengatakan, belum ada yang benar-benar menghitung soal emisi di Jakarta, apalagi saat car free day. Ibukota termasuk wilayah yang sulit dihitung karena tak memenuhi syarat perhitungan.

"Syarat untuk dihitung harus terisolir dari daerah lain, dan aktivitas manusia harus terhenti selama satu hari. Di Jakarta nggak mungkin itu, jadi belum ada perhitungan," kata Sri di kantornya, Jl Angkasa 1, Kemayoran, Jakpus, Kamis (11/4/2013).

Menurut Sri, daerah yang bisa dihitung adalah Bali. Selain wilayahnya satu pulau sendiri, ada momen Nyepi, di mana para warganya tak beraktivitas sama sekali selama sehari.

Bagaimana dengan klaim soal pengurangan emisi saat car free day? Sri menjawab itu baru asumsi semata. Kualitas udara di Jakarta tak bisa dihitung karena dipengaruhi juga oleh daerah sekitar seperti Bogor, Depok, Karawang dan Tangerang.

"Karena emisi yang dikeluarkan di luar daerah Jakarta juga masuk ke Jakarta," terangnya.

Tak hanya itu, program car free day juga hanya terjadi di sebagian kecil wilayah ibu kota. Masih banyak kawasan lain yang mengeluarkan emisi cukup banyak.

"Sehingga hanya asumsi yang mengatakan bahwa car free day mampu menurunkan emisi di Jakarta," tegasnya.
0
1.6K
30
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan