Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

adhkoenAvatar border
TS
adhkoen
Waspada Penipuan! Toko Online Palsu


Bukan rahasia lagi dimana media sosial saat ini banyak disalahgunakan oleh oknum-oknum tertentu, bukan hanya untuk membuat akun-akun palsu tapi juga bisnis online palsu. Seorang teman sedang searching via Google untuk mencari Blacberry tipe Javelin 8900 dan ia menemukan link dari website ini www.elektro.nazuka.net dengan harga miring Rp. 1.330.000 bebas ongkos kirim dan di website terdapat jaminan kepuasan pelanggan. Ketika menghubungi Customer Service ia diminta mengirim pesana via sms dan transfer ke rekening atas nama Ikbal R. ke rekening BRI 025901026448506. Setelah transfer ia menghubhungi Customer Service kembali yang berjanji akan menghubungi teman ini setelah mengecek rekening untuk memperoleh kepastian.

Tak lama kemudian CS tersebut benar-benar menghubungi kembali dan malah menawarkan pembelian 2 unit Blacberry dengan tipe yang sama karna - katanya - sedang cuci gudang dan akan diberi kartu member untuk diskon pembelian barang hingga 50%. Percakapan via telephone tersebut setengah memaksa, walau teman saya sudah menolak, ia terus mendesak. Perlahan teman ini mulai menyadari bahwa ia tertipu. Dengan agak membentak ia meminta agar pesanan segera dikirim, namun CS itu mengatakan bahwa pengiriman sudah ditutup karena sudah sore, kecuali kalau ia mau membayar tambahan Rp.500.000 untuk biaya bea culai karena barang akan dikirim dengan menggunakan pesawat. Aneh! teman ini tinggal di Jakarta dan toko online ini juga di Jakarta, koq minta bea cukai segala? Karena ditoalk CS tersebut tiba-tiba menutup telephone dan nomor tersebut tidak bisa dihubungi.

Jelas uang melayang sia-sia karena barang tidak pernah diterima. Ketika saya bertanya apakah teman tersebut sudah melapor ke pihak yang berwajib, ia menolak. Percuma, katanya. Wah! parah, kalau banyak lagi korban lain yang tidak mau lapor ke pihak berwajib, maka pedagang online gadungan akan semakin merajalela.

Pelajaran yang berharga daripengalaman ini guna meneliminasi kejahatan serupa dengan media online:

1. Jangan mudah terpengaruh oleh iming-iming harga murah, check dulu integritas toko online tersebut dengan search engine Google, menggunakan nama toko online dimaksud atau ditambah keyword “penipuan”.

2. Perhatikan betul, data dan informasi toko dimaksud, jangan mengandalkan info yang ada di wesbite toko online. Bila perlu datangi alamat toko online itu. Check juga rekening atas nama toko online dimaksud.

3. Perhatikan baik-baik alamat http toko online, apakah menggunakan free domain atau blog. Toko online yang resmi biasanya menggunakan domain mandiri (bukan menumpang domain lain).

4. Jika terjamin website toko online tersebut bukan palsu, pastikan ada COD (cash in delivery) yang artinya barang dibayar ditempat atau saat barang diantar ke tempat tujuan.

Memang tidak semua toko online melakukan penipuan, karena banyak juga yang jujur. Maka sebagai pembeli kitalah yang harus bijak memilih dan memilah. Selamat belanja online dan HATI-HATI!
Polling
0 suara
Waspada Penipuan! Toko Online Palsu
0
1.3K
6
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan