Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

marwanto.seAvatar border
TS
marwanto.se
[MY FIRST THREAD] Smartfren Sering Gangguan
Pada Rabu kemarin malam (9-4-2013, 19.00 WIB) situs-situs luar negeri seperti Facebook, Twitter, Google tidak bisa diakses. Saat itu hanya situs lokal seperti Kaskus, Indowebster, Kompas, Detik yang masih bisa diakses menggunakan Smartfren. Sebenarnya hal ini adalah gangguan dari ISP Smartfren itu sendiri dan sudah sangat sering terjadi. Seperti contohnya pada 25 Maret lalu, banyak pelanggan yang komplain melalui Facebook smartfren maupun melalui Twitter @smartfrenworld akibat gangguan yang sama, bahkan gangguan tersebut juga membuat Menkominfo Tifatul Sembiring turun tangan atas koneksi internet Smartfren yang lumpuh total pada 17 - 25 Maret lalu melalui akun Twitter-nya @tifsembiring akibat dampak dari terputusnya kabel bawah laut di antara daerah Batam dan Bangka yang menuju ke Singapura karena terkena jangkar kapal. Beruntung, Smartfren memberikan ganti rugi kepada para pelanggannya dengan memberi bonus 50% benefit data selama pembelian paket internet Smartfren Connex di bulan April 2013.

Sejak pukul 20.00 WIB hingga sekarang, situs luar negeri sudah bisa diakses kembali meskipun sedikit lemot dan RTO (Request Timed Out).

Facebook saja jika dibuka hanya layar login-nya yang bisa terbuka, sedangkan setelah diklik "Login", ditunggu 8 menit tidak mau terbuka meskipun sudah di-reload berkali-kali:
Spoiler for Facebook:


Sedangkan Twitter masih bisa terbuka. Namun, jika kita memantau timeline akun Twitter @smartfrenworld, terdapat banyak komplain dari para pelanggannya:
Spoiler for Twitter:


Jika di-ping melalui Command Prompt (CMD) di Windows, situs luar negeri seperti Google dan Facebook masih ada sedikit RTO. Sedangkan, Twitter dan situs lokal tidak ada RTO:

Spoiler for Ping Google:


Spoiler for Ping Facebook:


Spoiler for Ping Twitter:


Spoiler for Ping Kaskus:


Sudah diganti DNS maupun proxy tetap saja tidak membuahkan hasil, malah semua situs tidak bisa dibuka sama sekali.

Memang saya akan berencana untuk pindah ke ISP lain semacam Telkomsel atau Speedy yang lebih cepat dan jarang gangguan, namun uang masih belum mencukupi sehingga saya masih menggunakan ISP Smartfren, apalagi modem Smartfren yang saya gunakan adalah ZTE AC682 dan merupakan modem tipe locked (tidak bisa diganti dengan kartu CDMA lain). Sedikit catatan, saya tinggal di daerah Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat, dan sinyal yang didapat sekitar 3-5 bar; menggunakan paket internet Neo Unlimited Prabayar Bulanan Rp 49.000 dengan FUP 2 GB/bulan.
Diubah oleh marwanto.se 10-04-2013 10:23
0
2K
10
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan