Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ngolahduitAvatar border
TS
ngolahduit
Atur Keuangan Kamu Sekarang, Bisa Beli Rumah Nanti
Orang tua saya pernah memberikan tambahan apabila saya dapat menabung dari uang saku yang saya terima setiap minggunya. Jadi bukannya menambahkan karena tidak cukup, melainkan karena saya mampu mengelola bahkan bisa menabung.

Saya memikirkan sekitar 30 tahun yang lalu jajanan seharga Rp.50,- dapat membeli semangkuk bakso, sekarang Rp 50,- dapat membeli apa? Dari sini saya mengerti bahwa uang mempunyai nilai waktu. Setelah memiliki penghasilan sendiri dan saya meneruskan kebiasaan menabung dengan membawa makanan dari rumah, saya dapat menghemat sebesar Rp 20.000 per hari dan menaruh di laci. Jika jumlah hari kerja setahun 200 hari maka pada akhir tahun terkumpul menjadi Rp.4.000.000,-

Kemudian saya menempatkan pada produk reksadana yang memberikan hasil 10% per tahun. Dan saya melakukannya secara konsisten tiap tahun selama 20 tahun maka saya akan memiliki Rp.88.000.000,-.

Pemikiran ini saya ceritakan kepada teman-teman, kebanyakan setuju, hanya saja beberapa menyampaikan: “Gaji saya terlalu kecil untuk ditabung…”; “Nantilah kalau sudah agak lumayan untuk ditabung, saya pasti akan menabung." “Mana bisa nabung, saat ini saja sudah kurang ….?”

Jika kita memiliki komentar yang sama, jawabannya adalah sudah saatnya melakukan Financial Check Up melalui alat bantu yang kita sebut Smart Financial Management atau SFM. Mengapa? Supaya kita dapat meningkatkan efektivitas dalam mencari, menggunakan dan memproteksi sumber daya keuangan kita. Selain itu, kita juga dapat meningkatkan kontrol terhadap kegiatan keuangan dengan menghindari biaya yang berlebihan, kekurangan dan bahkan ketergantungan secara finansial.
0
1.5K
13
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan