CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Debate Club /
[D'tag] Dcantripe vs Cailean Black
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5161a3eb8127cf3e30000004/dtag-dcantripe-vs-cailean-black

[D'tag] Dcantripe vs Cailean Black

Great Britain Should Repay China for the Opium Wars ROBBERY!

by : dionysusxxyyzz
keterangan : pergantian topik
Perang Candu berlangsung 2x: 1839–1842 dan 1856–1860. Perang ini dilatarbelakangi masuknya candu dalam jumlah besar, yg dipasok oleh Serikat Dagang Hindia Inggris (EIC; East Indian Company), sehingga menghancurkan kehidupan masyarakat Tiongkok, selain mengakibatkan kelangkaan mata uang [perak] karena timbulnya defisit neraca perdagangan dengan barat.

Pada tahun 1810, Dinasti Qing mengeluarkan amaran

Candu Adalah Kejahatan

Candu adalah racun yang menistakan kebiasaan dan keluhuran budi kita. Penggunaannya dilarang oleh hukum. Seperti contoh seseorang bernama Yang, dengan berani membawa candu ke dalam Istana Terlarang; dia telah melanggar hukum! Saat ini, pembeli, penghisap, dan pengguna candu malah semakin merebak. Para pedagang jahat membeli dan menjual candu semata2 untuk memperoleh keuntungan … Kami perintahkan kepada semua kepala dan petugas polisi di lima gerbang [Beijing] untuk melarang penggunaan candu dan mengawasi penyelundupan. Jika ditemukan orang yg menggunakan candu maka dia harus dihukum secepatnya dan candu tersebut dimusnahkan. Dan untuk provinsi Guangdong dan Fujian, sebagai tempat semua candu berasal, kami perintahkan semua wakil raja, gubernur, dan syahbandar perdagangan laut untuk melakukan penyelidikan mengenai penggunaan candu dan menghancurkan pemasoknya. Mereka tidak boleh mengacuhkan surat perintah ini, atau malah membiarkan candu diselundupkan!"


[D'tag] Dcantripe vs Cailean Black

Pada tahun 1838, Dinasti Qing mengutus Inspektur Lin Zexu untuk menekan penggunaan, peredaran, dan penyelundupan candu di Guangdong. Dalam waktu singkat, beliau menahan 1,700 pengedar candu dan menyita 70,000 pipa candu. Pada awalnya beliau menawarkan penggantian stok candu pedagang Inggris dengan teh, namun tidak diindahkan, sehingga digunakan cara kekerasan untuk menyita 12,000 ton candu yang kemudian dimusnahkan dengan kapur dan garam di kota Humen.

Inspektur Lin menulis surat pada Ratu Victoria mengenai penyitaan candu dan pelarangan perdagangan Inggris di Guangdong.

"... kami mengerti bahwa negara Yang Mulia berjarak enam puluh atau sembilan puluh ribu mil dari Tiongkok, namun terdapat beberapa orang jahat yang membawa kapal menuju negeri kami untuk berdagang, dimana kekayaan negeri kami dinikmati sebagai keuntungan bagi mereka. Sehingga keuntungan yang mereka nikmati itu semua berasal dari hak bangsa kami. Namun, apakah dalihnya bahwa mereka membalas keuntungan itu dengan berdagang racun candu yang merusak bangsa kami? Meskipun orang2 jahat itu tidak mesti berniat merusak, tapi dengan berdalih keuntungan yg tamak, mereka tidak berhak menyakiti orang lain. Maka kami bertanya, dimanakah hati nurani Yang Mulia? ..."

Further reading

Gambar Inspektur Lin menghancurkan candu di kota Humen.

[D'tag] Dcantripe vs Cailean Black

sebagai respon dari penyitaan, penghancuran, dan pelarangan dagang, Inggris (melalui EIC) melancarkan balasan dengan menghujani Guangdong dengan artileri modern dan berhasil memasuki perairan Sungai Yangtze. Dinasti Qing harus menerima kekalahan dan tuntutan gantirugi perang kepada Inggris pada perjanjian Nanjing.

Dinasti Qing harus membayar 6 juta dolar perak untuk candu yang disita oleh Lin Zexu (Article IV), membayar 3 juta dolar perak sebagai konpensasi hutang pedagang2 Inggris (Article V), dan 12 juta dolar perak untuk gantirugi perang (Article Vl) … total 21 juta dolar perak yg harus dibayar selama 3 tahun atau bunga sebesar 5% untuk setiap masa tunggak (Article Vll)

Selanjutnya, sebagai hasil dari kekalahan Perang Candu II (1856–1860), pada perjanjian Tianjin, Dinasti Qing harus membayar 8 juta tael perak (masing-masing) pada Inggris dan Perancis (Article V).

Beberapa pejabat Parlemen mengutuk aksi kekejian pasukan EIC dan kebijakan candu Inggris kepada Tiongkok.

"This war with China . . . really seems to me so wicked as to be a national sin of the greatest possible magnitude, and it distresses me very deeply. Cannot any thing be done by petition or otherwise to awaken men's minds to the dreadful guilt we are incurring? I really do not remember, in any history, of a war undertaken with such combined injustice and baseness. Ordinary wars of conquest are to me far less wicked, than to go to war in order to maintain smuggling, and that smuggling consisting in the introduction of a demoralizing drug, which the government of China wishes to keep out, and which we, for the lucre of gain, want to introduce by force; and in this quarrel are going to burn and slay in the pride of our supposed superiority." — Thomas Arnold to W. W. Hull, March 18, 1840.

"a war more unjust in its origin, a war more calculated to cover this country with permanent disgrace, I do not know." — William Ewart Gladstone
.............................................................................

Dengan latar belakang sejarah seperti ini, adalah suatu kejahatan besar bahwa Inggris bersikap tidak mau tahu atas semua yang telah dilakukannya. Padahal kita tahu bahwa hingga saat ini, negara2 sekutu masih menimpakan beban perang kepada Jepang, bahkan pada generasi muda-nya. Kita tahu bahwa dengan alasan “kejahatan perang” baik Jerman maupun Jepang dibebani kewajiban Pampasan Perang kepada negara2 yg terlibat perang (termasuk kepada Indonesia; e.g. Jembatan AMPERA, Sungai Musi).

Sudah seharusnya dunia mengutuk kebiadaban dan ketamakan Inggris atas Tiongkok, meskipun hal ini terjadi di masa lalu. Sedangkan Inggris berlenggang kangkung atas semua kekejian yg dilakukannya ? emoticon-Nohope

Pro : Inggris harus dikenai tanggungjawab; apakah secara finansial, dengan mengembalikan harta rampasan tsb ke rakyat Tiongkok, atw secara moral dengan menyebutkan kejahatan nya ini di setiap buku sejarah, di semua sekolah menengah.

Con : Hal ini sangat tidak masuk akal, karena akan membuka kembali semua yg telah terjadi, dan tindakan Inggris tidak dapat disalahkan, menurut apa yg berlaku saat itu, dan tidak dapat diukur oleh nilai2 saat ini.


profile-picture
anakjahanam721 memberi reputasi
Diubah oleh kaluak.junior2
-1
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 3
saya persilakan lawan saya dcrepes memilih OS dulu emoticon-Smilie
udah perempatfinal nih emoticon-Metal:
Quote:


udah perempat final harus topik yg bagus,

mending dibatalin aja nih trid atau minta ganti topik
Ada posisi kontra pemilihan topik tidak? emoticon-Nohope
Posisi metafisika apa perlu buat argumen segala? Tinggal bilang itu jin, beres emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh Cailean_Black
Quote:


fenomena penampakan yg terekam atau tidak
dari psikologi berketerbatasan menjelaskan atau displin lain

yg tidak bisa dijelaskan irrasional disebut metafisika
atau psikologi masih mampu menjelaskan?

metafisika atau psikologi ?
gw buka hukum fisika diatas.. sbg pijakan metafisika
Diubah oleh kaluak.junior2
Cepet bener dah giliran ane lg.,
dan knp yg bikin tema bwt gw si kaluak mulu.. emoticon-Nohope

Kalem aja., Lagi UTS kaka.. emoticon-Frown
Bentar baca OS.. emoticon-Ngacir
Quote:


Quote:

Ini gimana si panitia kok gak koordinasi..

Babak sebelumnya udah kelar semua ya? emoticon-Bingung (S)
Mending kalian rapatin dulu,, jgn bkn kontestan bingung..

Kalo gw pribadi si mending topiknya diganti..emoticon-Cape d... (S)
kaluak goblog, gak bisa bikin topik yg becus emoticon-fuck2
gua lihat2 dari gaya bahasa lo kayanya lo anak autis, coz pola bahasa lo berbeda dgn orang normal lainnya emoticon-Gila

--------------------------------------------

NEW TOPIC: Kontroversi pasal penghinaan presiden

Dalam RUU KUHP yang sedang dikaji oleh Komisi III DPR RI, pada Pasal 265 disebutkan bahwa setiap orang yang di muka umum menghina presiden atau wakil presiden dapat di pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak kategori IV. Adapun Pasal 266 menyebutkan bahwa setiap orang yang menyiarkan, mempertunjukkan atau menempelkan tulisan atau gambar sehingga terlihat oleh umum, atau memperdengarkan rekaman sehingga terdengar oleh umum, yang berisi penghinaan terhadap presiden atau wapres dengan maksud agar isi penghinaan diketahui atau lebih diketahui umum, dapat dipidana penjara paling lama 5 tahun atau dipidana dengan denda paling banyak kategori IV.

Apakah loe setuju atau kontra dgn pasal penghinaan tsb? emoticon-Angkat Beer
argumen kontra
argumen pro
Quote:


lu kalo ga ngerti apa2 ga usah sok tau...

gw buka kompleks nya variable , dan lu ga kuat menalar itu

Itu RUU masi multitafsir dan dampaknya ntar kurang bagus buat freedom of speech kaya yang dibangga2in DC. Mengarah ke diktaktor.
----------------------
Nah tuh., panitianya kerja sndiri2.. Nda jelas bgt.
Mending kita liat Kaluak vs Hashimi disini..

@ Cailean
Kita boikot dolo aja ampe mereka clear ya..
Pendewasaan juga buat simpatisan cowboy junior cem mereka..emoticon-Big Grin

Tentang topik

Serius nih, kalau topik yang dari Kaluak, memang saya tidak ngerti maksudnya.
Tadinya saya berencana kalau dcantripe mengerti maksudnya, dan bisa menjelaskan ya biar dcantripe saja yang maju ke babak berikutnya.

serius gan
ayo langsung mulai debatnya
sorry nih, ini terakhir gw ngepost gangguin kalian disini
Belajar dari yang sudah-sudah sih saya jelas kontra dengan pasal RUU tersebut.
@panitia:

jika ada permasalahan tentang D'Tournament mohon diselesaikan di Group saja
ring ini adalah ring Dcantripe vs Cailean Black,
bukan Hashimi vs Kaluak.Junior2

Thanks emoticon-Angkat Beer
Quote:


dan lu siapa masuk dan menganggu ?

bisa lu jelas kan dimana ketidak jelasannya??


jgn gunakan ketololan lu untuk merusak stablitas event

lu nongol di event cuma kalo ada mau nya doang..

kan bisa lu bicarakan dulu ke gw.. nyolonong aja

emang dasar sampah kurang pendidikan
edit : topik
keberatan peserta diterima

emoticon-Angkat Beer
emoticon-Matabelo

Pejwan belum abis, kita udah dapet 3 topik perdebatan.emoticon-Ngakak (S)
Quote:


Kalo memang topik uda fix benar2 dijadiin tema buat saya dan cailean dan putaran perempat final mau dilanjutkan langsung tanpa jeda seperti ini, so saya akan ambil posisi pro.

Quote:


U: Ini hampir mustahil dilakukan, melihat kepada fenomena kejadian2 dan dampak perang yg sudah, telah, dan pernah terjadi dalam perjalanan sejarah umat manusia.
Lagipula kerugian bukan hanya diderita pihak pemerintah namun juga rakyat sipil. Meskipun bisa saja pihak Britania Raya diminta pertanggungjawabannya atas dosa yg sudah dia perbuat dengan suatu nominal uang yang tentu sangat tidak sebanding.

Tapi saya tidak akan begitu naif dan seolah baru pertama ini saja fenomena ketamakan manusia merenggut hak manusia yang lainnya.
Winner takes all, aite?

Belum lagi korban2 luka dan nyawa yang telah melayang tak terhitung jumlahnya, juga wanita2 yang telah direnggut kehormatannya.

Namun dampak moral..? YES
Kalo kita tidak mampu belajar dari kesalahan maka sia2 kita belajar sejarah.
Malah pada ribut panitianya emoticon-Nohope
Gimana kalo gw pakek cara diktatorial aja
gw ambil alih pemilihan topik untuk partai ini
Topiknya yaitu seperti pada tret baru bertag D'bokep bikinan buapaknyakaskus ???
Ada yang keberatan ???
Sudah lempar koin saja biar cepat.
Atau biar lebih mudah lagi biar Dcantripe saja yang maju. emoticon-Ngacir
Halaman 1 dari 3
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di